Kapan Waktu Makan Paling Baik Setiap Harinya?

Jan 04, 2018 by Karina Mustika

Pendapat tentang makanan apa yang baik dan tidak pasti sering kamu dengar. Ada yang bilang bermanfaat, namun ada juga yang melarang untuk memakan suatu makanan. Sangat sulit memang untuk tahu pasti apa yang sebaiknya kamu makan atau tidak.

Maka sebaiknya kamu beralih untuk mengetahui kapan saat yang tepat untuk makan. Dengan mengetahui siklus yang sesuai maka kamu juga dapat hidup lebih sehat. Dari pada mendengarkan banyak pendapat yang belum tentu benar, yuk kamu cari tahu sendiri!

Pikir dahulu sebelum makan

berpikir sebelum makan img
Image: freepik.com

Sering kali kita memakan sesuatu hanya karena ada makanan di meja kerja atau tergiur dengan jajanan dipinggir jalan padahal sedang tidak lapar. Sangat mudahnya memasukkan makanan ke dalam mulut tanpa berpikir dahulu tentang dampaknya. Maka dari itu, kamu harus dapat mengontrol diri dan benar-benar memikirkan dahulu apa kamu memag membutuhkan makanan tersebut.

Mengapa waktu makan yang tepat penting bagi kesehatan?

mengapa waktu makan penting pic
Image: freepik.com

Tubuh setiap orang memiliki pola waktu alami. Dan semua hal tersebut memang berkaitan dengan organ-organ yang ada di tubuh manusia. Itulah mengapa ada saat yang baik untuk makan dan ada yang tidak. Sama seperti dengan jam tidur ada alasan mengapa hampir setiap hari kamu bangun di jam yang sama. Saat kamu melanggar pola tersebut seperti dengan begadang, atau harus bekerja pada shift malam, maka kondisi tersebut akan berpengaruh pada kenaikan berat badan serta penyakit lain seperti diabetes tingkat 2.

Waktu tepat untuk –  Sarapan

Kesalahan besar jika kamu masih menganggap sarapan akan berdampak buruk pada dietmu. Karena mengisi nutrisi untuk tubuh di pagi hari itu sangat penting. Poin pentingnya adalah olahraga ringan yang harus kamu lakukan sebelum sarapan. Dan apabila kamu sarapan setelah melakukan olahraga, maka berat badanmu tidak akan bertambah. Waktu sarapan yang disarankan adalah pukul 5 hingga pukul 10 setiap harinya.

Waktu tepat untuk – Snack pagi atau siang hari

Jika kamu sedang melakukan diet dengan makan 6 kali sehari termasuk dengan makanan ringan di dalamnya, maka aka nada waktu untuk kamu ngemil. Waktu ngemil tersebut sekitar 2-3 jam setelah sarapan. Belum pasti mengenai keakuratan aturan tersebut, yang pasti adalah konsumsi camilan sehat seperti buah-buahan agar asupan vitamin yang dibutuhkan tubuh terpenuhi.

Waktu tepat untuk – Makan siang

Makan siang tepat waktu ternyata lebih efektif dalam penurunan berat badan. Sebuah penelitian dari Spanyol mengemukakan bahwa orang-orang yang makan siang diatas jam 3, ternyata lebih lambat dalam penurunan berat badannya. Nah sekarang sudah tahu kan bahwa kamu sebaiknya tidak menunda-nunda waktu makanmu. Meskipun kerjaan di kantor sedang banyak, sempatkanlah pergi ke kantin pada saat istirahat.

Waktu tepat untuk – Makan malam

Waktu untuk makan malam atau dinner bergantung pada jam tidurmu. Karena tubuhmu membutuhkan waktu paling tidak 3 jam untuk mencerna makanan. JIka kamu tidur pukul 9 malam, berarti waktu untuk dinner maksimal adalah pukul 6. Jika kamu terlambat makan malam, kamu akan berisiko merasakan kondisi dimana asam lambung meresap ke dalam pipa makanan dan menyebabkan perut terasa sangat tidak nyaman. Sayangi lambungmu girls, berhentilah ngemil jauh dari jam tidurmu!

 

Makanan Sehat yang Terlarang Saat Diet!

Tips Meningkatkan Berat Badan Secara Cepat yang Aman & Sehat

10 Makanan Yang Baik Untuk Kamu Setelah Berolahraga

Related Articles