Tea Tree Oil, Ampuh Menebalkan Rambut Dan Mengatasi Ketombe

Feb 08, 2017 by carmelw

Menjaga kesehatan kulit kepala sangatlah penting. Kulit kepala yang sehat akan menumbuhkan rambut yang tebal alami, tidak mudah rontok serta berketombe. Namun sayangnya aktivitas sehari-hari, stres ataupun faktor penggunaan produk perawatan rambut yang tidak cocok, dapat membuat kulit kepala memberontak dan berminyak. Akibatnya, rambut menjadi mudah rontok dan menipis serta muncul ketombe.

Banyak produk perawatan rambut berbahan kimia yang ditawarkan di pasaran maupun gerai-gerai kecantikan, tetapi jika kamu ingin membebaskan rambut sejenak dari paparan zat kimia, kamu bisa mencoba keampuhan tea tree oil.

Khasiat Tea Tree Oil

Tea tree oil berasal dari pohon teh atau dikenal juga dengan nama Melaleuca. Dengan kandungan antiseptik alami yang kuat, maka dapat digunakan untuk mengobati luka. Awalnya tea tree dimanfaatkan sebagai bahan obat di Australia dan kini telah banyak ditanam di berbagai belahan dunia.

Tea tree menjadi begitu terkenal karena kemampuannya untuk mengobati banyak penyakit. Ekstrak tea tree atau tea tree oilnya, dianggap sebagai “medicine in a bottle” karena begitu banyak manfaatnya, baik untuk kesehatan maupun kecantikan, termasuk untuk rambut.

Perawatan Alami untuk Kepala Anda

Tea tree oil tidak mengandung bahan kimia sama sekali, murni dari alam. Kandungan antiseptiknya mampu melawan bakteri, virus dan jamur yang dapat berkembang bebas di kulit kepala. Bakteri, virus dan jamur inilah yang menyebabkan kulit kepala mudah berminyak, berketombe dan menjadikan rambut rontok. Jika banyak sel kulit mati atau ketombe basah maupun kering di kulit kepala, tea tree oil dapat membantu mengikisnya sehingga kulit kepala menjadi bersih. Namun, jika kulit kepala cenderung berminyak, tea tree oil mampu mengurangi minyak berlebihnya sehingga rambut terhindar dari kesan lepek.

Meskipun bentuknya adalah minyak, tak perlu khawatir mengaplikasikannya pada semua jenis rambut. Rambut kering, berminyak, keriting maupun lurus, bisa menerapkan pemakaian tea tree oil ini. Walaupun terkesan efeknya kuat karena mampu membunuh bakteri dan bersifat antiseptik, tak perlu khawatir rutin memakainya. Tea tree oil ini tidak menjadikan kulit kepala kering. Justru, menutrisi dan melembabkan kulit kepala.

Cara Menggunakan Tea Tree Oil

Untuk kamu yang ingin menumbuhkan rambut menjadi lebih tebal, ambil 2-3 tetes tea tree oil dan campurkan dengan carrier oil lain, misalnya lavender oil. Pijat lembut ke kulit kepala menggunakan ujung jemari. Untuk pemakaian awal, mungkin terasa pedih karena sifat antiseptik tea tree oilnya. Tetapi, lambat laun rambut akan tumbuh tebal jika rutin melakukan perawatan ini.

Rambut rontok pun bisa diatasi. Caranya, campurkan 2-3 tetes minyak tea tree dengan minyak zaitun. Pijatkan di kulit kepala selama 5 menit, lalu keramaslah seperti biasa. Minyak zaitun dalam perawatan ini berfungsi sebagai anti bakteri dan anti jamur sehingga dapat bekerja maksimal jika dipadukan dengan tea tree oil.

Untuk mengatasi ketombe yang bandel, kamu cukup menambahkan 2-3 tetes minyak tea tree ke shampoo yang akan kamu gunakan untuk keramas. Keramaslah seperti biasa dan diamkan sejenak shampoo selama 5 menit. Bilas dengan bersih.

Meski mempunyai aneka manfaat menakjubkan, khususnya untuk merawat rambut, tetapi jangan lupakan efek sampingnya yang harus diperhatikan. Sebelum mengaplikasikan secara rutin, sebaiknya cobalah mengujinya di kulit bagian belakang telinga untuk mengecek apakah aman reaksinya terhadap kulitmu. Selain itu, tea tree oil cukup kuat jika digunakan sendiri, maka sebaiknya dicampur dengan carrier oil atau bahan lainnya untuk menetralkan. Jika tanpa campuran, dikhawatirkan dapat menimbulkan iritasi atau rasa terbakar pada kulit manusia. Di awal pemakaian tea tree oil untuk rambut, mungkin akan terasa kering, tetapi dengan pemakaian teratur, maka rambut akan terlihat perubahannya yang semakin baik dari hari ke hari.

Bagaimana, tertarik mencoba perawatan rambut dengan tea tree oil ini?

Related Articles