Siap-Siap! Inilah Perubahan Fisik yang Akan Kamu Alami Kalau Hamil Nanti

Mar 06, 2018 by Silvia Ayu

Memasuki masa kehamilan, akan ada banyak ‘kejutan’ yang kamu alami. Mulai dari bertambahnya perhatian dari orangtua dan suami, sampai mood serta nafsu makan yang nggak beraturan. Awalnya mungkin akan membuatmu kaget, meski lama-lama hal semacam ini justru merupakan nikmat tiada terkira. Karena tahukah kamu, bahwa kehamilan adalah masa di mana kamu akan mencintai dengan sepenuh hati, meski belum bertemu dengan si buah hati.

Ngomongin soal beberapa perubahan di masa kehamilan, Miignon akan membahas tentang perubahan-perubahan fisik apa saja yang sekiranya akan kamu alami saat kehamilan. Buat yang belum menikah, anggap ini sebagai pembelajaran, ya!

5 Perubahan Fisik Saat Hamil

 

Berat badan naik seketika

perubahan fisik saat kehamilan img
https://www.pexels.com/photo/woman-water-lake-pier-54634/

Hal paling umum ketika kamu hamil adalah pertambahan berat badan yang akan sulit dikontrol. Nafsu makanmu pun akan semakin tinggi dan bernafsu ingin makan ini dan itu. Bahkan, kamu yang semula nggak doyan makan A, akan jadi sangat doyan ketika hamil. Hal inilah yang akan membuat berat badanmu kian naik tiap bulannya.

Tapi ada juga ibu hamil yang justru mengalami penurunan berat badan karena selalu muntah tiap kali makan. Kalau kamu juga begini, segera konsultasikan ke dokter dan tetap makan-makanan yang bergizi, ya!

Kaki membengkak

giphy.com

Lagi-lagi, hal ini sangat lumrah terjadi. Ini disebabkan oleh darah yang dipompa jantung akan sulit dialirkan ke daerah kaki. Disarankan, banyak-banyaklah jalan kaki di pagi hari untuk mencegah kesemutan dan kram saat masuk ke usia kehamilan tua. Jangan malas, ya!

Puting susu menghitam dan ukuran buah dada bertambah besar

perubahan fisik ibu hamil pic
https://www.pexels.com/photo/bed-bedroom-photo-baby-69097/

Seiring bertambahnya usia kehamilan, warna putingmu akan semakin gelap alias menghitam. Begitupun ukuran payudaramu yang pasti akan membesar dan sakit ketika disentuh. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon dan memulainya proses pembentukan kelenjar air susu (ASI), jadi normal saja, kok!

Sering buang air kecil

perubahan fisik saat hamil img
https://www.pexels.com/photo/abdomen-active-activity-belly-button-396133/

Pertumbuhan rahim yang menekan kantong kencing secara otomatis akan meningkatkan durasi buang air kecilmu. Meski begitu, jangan sampai kamu mengurangi asupan air putih, ya! Kalau dilanggar, kamu bisa dehidrasi dan menghambat pertumbuhan janin!

Cepat lelah dan picky soal makanan

kehamilan photo
https://www.pexels.com/photo/woman-water-lake-pier-54634/

Karena meningkatnya Human Chorionic Gonadotropin (hCG) dalam tubuh ibu hamil, rasa lelah mungkin akan terasa makin sering. Untuk itu dianjurkan untuk nggak terlalu capek supaya kondisi tubuh tetap fit semasa kehamilan. Belum lagi, sifat pilih-pilih makanan yang akan kamu alami, ini sangat mempengaruhi daya tahan tubuhmu. Jangan lupa, konsultasikan dengan dokter tentang makanan apa saja yang mengandung nutrisi baik bagi ibu hamil, ya!

Related Articles