Sering Sakit Kepala? Begini Cara Menghilangkan Pusing Dengan Cara Alami

Mar 07, 2018 by Larissa

Sakit kepala memang menyebalkan. Rasa sakitnya bisa merambat ke mata, leher, pundak, dan dada. Jika kamu sudah merasa pusing, kegiatan kamu jadi terhambat dan kamu tidak bisa menyelesaikan hal yang kamu lakukan dengan maksimal. Sayangnya, meminum obat tidak selalu menjadi solusi yang tepat untuk menghilangkan pusing. Tapi, masih banyak cara lain untuk menghilangkan pusing dengan cara alami, baik yang instan atau yang bertahap.

7 Cara Menghilangkan Pusing Secara Alami

1. Pijat kepala

cara menghilangkan pusing pic
Shutterstock

Cara ini mungkin hanya bisa menghilangkan pusing sementara. Tapi jika sakit kepalamu sudah tidak tertahankan, cara ini bisa membuatmu setidaknya bisa rileks meski hanya sebentar. Pijat kepala atau sumber nyeri pusingmu dengan tekanan yang tidak terlalu kencang. Pijatan itu akan membuat aliran darah menjadi lebih baik.

 

2. Konsumsi magnesium

Daripada obat sakit kepala, mengkonsumsi vitamin yang mengandung magnesium lebih aman untuk tubuhmu. Biasanya, orang mengalami sakit kepala karena kekurangan magnesium. Konsumsi magnesium yang baik adalah 200-300 miligram per hari.

 

3. Menghirup peppermint dan lavender

menghilangkan pusing secara alami img
Shutterstock

Essential oil bukan hanya sekadar aroma terapi, tapi juga bisa membuat tubuhmu lebih rileks. Minyak peppermint dapat menstimulasi aliran darah di kepala menjadi lebih lancar. Sedangkan minyak lavender bekerja sedikit berbeda. Minyak lavender memiliki kandungan obat penenang. Jika digabung, kedua minyak ini akan membuat sakit kepalamu hilang.

 

4. Olahraga

Olahraga secara teratur, seperti jogging, jalan kaki, bersepada, senam, dan berenang bisa menjadi cara yang baik untuk menghilangkan sakit kepala. Lagipula, olahraga akan membuat tubuhmu sehat secara secara keseluruhan dan membuatmu lebih produktif.

 

5. Kiropraktik

menghilangkan pusing dengan cara alami pic
Shuuterstock

Kiropraktik sebenarnya hampir mirip dengan pijat, namun sedikit lebih ekstrem. Tubuhmu akan ditekan dan dipelintir untuk membuat aliran darah pada tubuhmu menjadi lebih lancar. Selain itu, postur-postur itu juga membuat otot-ototmu menjadi jauh lebih rileks.

 

6. Kompres air dingin/panas

Ini adalah cara alami untuk menghilangkan pusing yang paling tidak berrisiko, baik itu untuk anak-anak, orang dewasa, atau orang tua. Kompres kepalamu dengan air panas atau hangat di daerah leher jika kamu ingin meringankan rasa tegang di kepala. Sedangkan untuk rasa sakit, kompres kepala atau mata dengan air dingin.

 

7. Yoga

meditasi photo
Shutterstock

Yoga memiliki beberapa pose atau postur yang dapat menghilangkan sakit kepala. Kombinasi postur, pernapasan yang baik, dan meditasi akan melelehkan ketegangan dan rasa kaku di sekitar kepala dan lehermu.

 

 

 

Related Articles