Saat Kutu Rambut Jadi Petaka, Ini Cara Membasminya Dengan Mudah

Mar 21, 2017 by carmelw

Memiliki kutu di rambut selain menyebabkan rasa gatal dan panas yang tak kunjung hilang, juga membuat rasa percaya diri kita berkurang.  Bagaimana tidak, kutu rambut ini dapat membuat orang-orang di sekitar kita juga menjauh karena takut tertular. Kutu rambut biasanya menyerang anak-anak, tapi tidak menutup kemungkinan orang dewasapun terjangkiti hewan yang menyebalkan ini. Menderita kutu rambut merupakan masalah yang cukup serius, sebab kutu dapat menular ketika penderita berinteraksi dengan  orang sekitarnya.  Kutu rambut yang mendapatkan makanan dari menghisap darah perkembangannya sangat cepat, karena bisa menghasilkan telur dengan jumlah ribuan. Telur kecil berwarna putih akan menempel di bagian rambut dan berderet sangat banyak dan membuat penderitanya kurang percaya diri.

Kutu rambut tidak saja muncul semata-mata.

Berikut penyebab munculnya kutu rambut yang mengganggu itu

Menggunakan sisir yang sama

Waspada jika kamu menggunakan sisir yang sama dengan penderita. Bisa-bisa telur kutu yang masih tertinggal pada sisir akan berpindah pada kepalamu. Sehingga tidak butuh waktu lama telur akan menetas dan kamu pun selamat memiliki kutu rambut baru.

Menggunakan handuk yang sama

Selain sisir penggunaan handuk yang sama dengan penderita kutu rambut juga dapat menjadi sebab penularan telur kutu rambut pada orang lain, jadi mulai sekarang kamu harus lebih hati-hati. Pergunakan handuk pribadi agar lebih aman, termasuk benda-benda lain yang digunakan untuk kepala seperti topi dan jilbab termasuk benda dimana kutu siap bersarang di rambut calon penderita.

Perawatan rambut yang kurang tepat

Seringnya merawat rambut dengan produk yang mengandung zat berbahaya seperti bahan kimia adalah penyebab utama lahirnya kutu di kulit kepala atau bisa juga karena kamu malas merawat rambut sehingga rambut kotor.

Sebenarnya cara menghilangkan kutu rambut itu sangatlah mudah, cuman untuk cara menghilangkan telur kutu rambut itu yang paling sulit. Meskipun demikian, kamu tidak usah khawatir,  disamping obat-obatan anti kutu yang beredar di toko obat, ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah kutu ini :

Minyak kelapa

coconut oil mask img
Sumber: naturalivingideas.com

Selain untuk menghilangkan ketombe, minyak kelapa juga dapat membuat lemas kutu rambut hingga membunuhnya karena kandungan asam lemak jenuh yang dimilikinya. Selain itu, kandungan vitamin E di dalamnya dapat menjaga kelembutan dan kesehatan kulit kepala serta rambutmu.

Bawang merah

bawang merah pic
Sumber: stylecraze.com

Aromanya  yang sangat kuat  bisa menyebabkan kutu tidak tahan dengan bau yang ditimbulkan. Bawang merah juga mengandung sebuah senyawa aktif yang bisa membunuh kutu. Kutu rambut akan segera pergi dan musnah karena mencium aroma yang sangat kuat. Cara ini sangat sederhana dan bisa dilakukan kapan saja tanpa harus merasa khawatir rambut akan rusak.

Minyak zaitun

minyak zaitun mengatasi kutu rambut pic
Sumber: choice.com.au

Sama halnya dengan minyak kelapa, minyak zaitun juga dapat melemaskan kutu di rambut dan mengandung vitamin E yang dapat mengembalikan kesehatan kulit kepala.

Bawang putih

garlic img
Sumber: davidwolfe.com

Sama halnya dengan bawang merah, bawang putih juga dapat menghilangkan kutu karena kandungan sulfur yang tinggi di dalamnya. Hanya saja bau yang tajam pada bawang membuat orang-orang enggan untuk menggunakannya.

Lemon

mengatasi kutu rambut dengan lemon pic
Sumber: nutritionsecrets.com

Kandungan asam pada lemon inilah yang sangat bermanfaat untuk menghilangkan kutu dengan cepat karena sifat asamnya yang tinggi. Perawatan yang satu ini cocok untuk semua umur karena disamping aman, aromanya juga menyegarkan tidak menyengat seperti bawang putih dan bawang merah.

Garam

salt
Sumber: bbc.co.uk

Garam juga dapat digunakan sebagai cara membasmi kutu kepala melalui sifat pengeringannya. Garam dipercaya dapat menghilangkan kutu rambut dengan cepat dan efektif.

Bagaimana, mudah bukan? itulah beberapa cara menghilangkan kutu dan telurnya secara alami yang dapat kamu lakukan, terapkan salah satu perawatan saja secara rutin. Biasanya 1-2 bulan kutu beserta telurnya tidak akan menghampiri, kecuali kamu tidak mengubah pola hidup dan kebersihan rambutmu.

Related Articles