Ngulik Primer Wajah Warna Warni Untuk Kesempurnaan Make-Up Mu

Apr 09, 2017 by Alifah Puarada

Bagi para pencinta makeup, menggunakan primer adalah step penting yang tidak boleh dilewatkan terutama ketika memakai full makeup. Primer berfungsi sebagai lapisan antara skincare dan makeup. Biasanya primer wajah mengandung komposisi dimethicone, polimer, dan silikon. Bahan-bahan inilah yang bertugas menyiapkan kulit sebagai kanvas yang sesempurna mungkin sekaligus mengikat makeup agar menempel lebih lama di kulit.

Akan tetapi banyak orang yang mengeluh kulitnya menjadi berjerawat setelah memakai primer. Itu berarti dua : kurang tuntas ketika membersihkan wajah atau memang alergi dengan salah satu kandungan yang terdapat pada primer.

Ada beberapa tips yang dapat diterapkan ketika mengaplikasikan primer. Pertama, gunakan jari untuk meratakan primer. Saat meratakan, berikan sedikit pijatan pada kulit menggunakan ujung jari. Tujuannya, supaya peredaran darah di wajah lebih lancar sehingga kulit tetap bisa bernafas meskipun ditutup primer dan foundation setelahnya.

Kedua, jika ingin tampilan no make up, skip saja foundation. Cukup gunakan primer pada bagian-bagian wajah yang perlu dikoreksi lalu set dengan bedak. Ketiga, untuk menghindari kesan berat atau tebal, aplikasikan primer hanya pada area wajah yang membutuhkan koreksi. Keempat, jika kulitmu penuh masalah, gunakan primer yang berbeda di setiap area.

Mengaplikasikan primer sebelum foundation memiliki tujuan agar kulit wajah lebih siap sekaligus melindungi kulit wajah dari paparan foundation secara langsung Primer sendiri ada beberapa macam, masing-masing memiliki fungsi berbeda. Pemakaiannya disesuaikan dengan kondisi kulit wajah.

Ada primer wajah yang bertugas mengisi pori-pori, ada primer yang memberikan efek blur pada permukaan kulit, ada primer yang mengunci hidrasi kulit. Ada juga primer warna-warni yang berfungsi menyeimbangkan tone kulit. Ini detailnya.

aplikasi primer wajah warna warni img
sumber gambar : pinterest

Aplikasi Primer Wajah Warna Warni


Primer Warna Hijau

Sama seperti concealer warna hijau, primer berwarna hijau berfungsi untuk menetralkan warna merah pada kulit. Kalau ada jerawat yang meradang, bekas jerawat yang masih merah atau pink, lebih baik dikoreksi menggunakan primer berwarna hijau. Terutama untuk yang memiliki masalah kulit ruam atau rosaceae.

Mengoreksi ruam kemerahan dengan primer hijau lebih efektif dari pada menutup ruam dengan beberapa layer foundation. Satu layer tipis primer hijau dapat menetralisir kondisi kemerahan pada kulit. Sementara menumpuk foundation beberapa lapis hanya akan membuat kulit kesulitan bernapas karena tertutup produk. Belum lagi resiko creasing yang lebih besar ketika menggunakan foundation bertumpuk.

Untuk kulit normal (dalam arti tidak ada ruam kemerahan), primer warna hijau dapat menciptakan kesan kulit pucat. Bagus untuk membuat winter look makeup.

Contoh produk : Make Up For Ever Step 1 Skin Equalizer Green, Make Over Corrective Base Makeup Green

Primer Warna Ungu

Dalam roda warna, ungu terletak berseberangan dengan warna kuning. Jika concealer ungu berfungsi menutup lebam kekuningan, primer ungu memiliki fungsi agak berbeda. Primer warna ungu, mauve, lilac, atau lavender bertugas mencerahkan kekusaman pada kulit terang. Sekaligus memberikan efek bercahaya.

Contoh produk : ELF Tone Adjusting Face Primer, Make Over Corrective Base Makeup Cyanite

Primer Warna Pink

Bagi pemilik kulit terang, primer warna pink penting untuk memberikan rona supaya tidak terlihat pucat. Selain itu face primer warna pink juga bagus untuk menyingkirkan kesan kulit kusam dan letih pada skintone apapun.

Contoh produk : Revlon PhotoReady Color Correcting Primer, Make Up For Ever Step 1 Skin Equalizer Cool Pink

primer warna pink pic

Primer Warna Peach

Base makeup warna peach atau salmon cukup baik untuk menyembunyikan hiperpigmentasi akibat sunburn, lingkaran gelap di area mata, serta kekusaman pada kulit gelap. Jika kamu punya urat nadi yang terlihat di permukaan kulit, primer peach dapat menyembunyikannya juga.

Contoh produk : Smashbox Photo Finish Foundation Primer in Color Correcting Blend, Etude House Precious Magic Mineral Cushion Peach

primer warna peach img

 

Sudah tahu kan fungsi primer wajah berwarna-warni ? Kamu bisa menutupi imperfection pada kulitmu dengan tampilan lebih ringan sekarang. Namun penting untuk diingat, sebaik apapun kamu mengaplikasikan makeup, menjaga kulit agar tetap sehat terawat itu prioritas.

Related Articles