Minuman Pendamping Air Putih yang Nggak Kalah Sehatnya

Mar 31, 2017 by Silvia Ayu

Minum air putih minimal 8 gelas per hari merupakan salah satu kunci hidup sehat. Bagaimana tidak, air putih dikenal sebagai air yang memiliki kandungan mineral tinggi sehingga baik untuk tubuh, terutama bagi pencernaan dan hidrasi kulit. Jika kamu rutin mengonsumsinya, air putih pun nggak akan segan-segan mendetoks tubuhmu dari racun dan residu-residu jahat yang membahayakan. Wah, hebat juga, ya?

Nah, bagaimana jika bosan dengan rasa air putih yang hambar tapi ingin tetap hidup sehat? Apakah ada minuman pendamping yang sama-sama menyegarkan dan memiliki manfaat ekstra bagi tubuh kita? Jawabannya, ada. Berikut ini adalah daftar minuman pendamping air putih yang nggak kalah segar dan sehatnya untukmu…

Minuman Pendamping Air Putih yang Segar dan Sehat

Nggak ada yang bisa menolak segarnya infused water; minuman sari buah asli dan kaya akan vitamin

infused water bisa jadi minuman pendamping pic
Sumber: pexels.com

Tren infused water yang populer beberapa tahun belakangan ini membuat para penikmat kuliner terutama bagi pelaku hidup sehat merasa bahagia. Pasalnya, air putih yang selama ini digadang-gadang menjadi minumanpaling sehat telah memiliki pendamping yang soal rasa dan kesegarannya jangan lagi ditanya.

Campuran irisan buah dan air ber-Ph seimbang bagi tubuh ini memang nggak diragukan lagi manfaatnya, karena proses pembuatannya sangat alami dan tanpa pemanis sedikitpun. Setelah makan banyak pun rasanya nggak perlu khawatir karena ada infused water yang akan ‘mengikat’ kolesterol. Pssst, kamu bisa memilih jenis buah yang kamu suka lho pada infused watermu! So, it’s very optional.

Jus buah tanpa air dan gula. Sehatnya jangan ditanya!

jus buah tanpa air dan gula img
Sumber: https://www.pexels.com/photo/strawberry-juice-in-focus-photography-161600/

Salah satu kesalahan seseorang saat meminum jus adalah dengan menambahkan pemanis dan aneka topping di atasnya. Padahal, manfaat dari buah yang dijus ini akan berkurang drastis jika dilakukan penambahan pemanis, susu bahkan air sekalipun.

Jus buah haruslah berisi buah (saja) agar kandungan nutrisi dan vitaminnya benar-benar diserap maksimal oleh tubuh kita. Soal rasanya emang nggak seenak dengan yang ditambahkan pemanis, tapi manfaatnya buat tubuhmu akan lebih sempurna. Susah BAB dan mudah lemas adalah beberapa gangguan yang bisa ditangani dengan rutin mengonsumsi jus buah tanpa pemanis dan air.

Penyuka teh? Tenang, ada teh hijau dan hitam yang manfaatnya luar biasa buat tubuhmu

teh hijau dan hitam - minuman pendamping pic
Sumber: https://www.pexels.com/photo/tea-in-cup-159203/

Jika kamu bermasalah dengan kolesterol atau lemak darah, rutin mengonsumsi teh hijau dan hitam bisa menjadi salah satu solusi untuk meringankannya. Kandungan antioksidan dan zat lain yang nggak kalah sehatnya mampu meminimalisir kemungkinan bertumpuknya kolesterol dan lemak dalam darah, sehingga menurunkan risiko kegemukan dan penyakit degeneratif lainnya.

Apalagi jika kamu rutin mengonsumsinya tanpa gula, manfaat dari kedua teh ini akan makin terasa. Waktu terbaik untuk meminum teh ini adalah pagi dan malam hari sebelum tidur. Jangan lupa, tetap konsumsi air putih juga supaya cairan dalam tubuhmu tetap seimbang, ya!

Ingin mood-mu membaik seketika? Yuk, minum cokelat murni hangat saja!

cokelat hangat mengembalikan mood img
Sumber: https://www.pexels.com/photo/white-ceramic-mug-over-brown-table-228183/

Buatmu penyuka cokelat, menyantapnya tentu akan menjadi aktivitas yang menyenangkan. Kamu pun seolah dibuat ‘melayang’ ketika beberapa bar cokelat berhasil membuat mood-mu membaik seharian. Tapi, apa nggak bosan mengonsumsi cokelat dengan cara digigit saja? Sesekali, kamu bisa lho mengonsumsi cokelat dengan cara diminum. Yup, diminum!

Pilihlah cokelat murni yang rasanya agak sedikit pahit supaya minim kandungan pemanisnya. Tinggal seduh saja menggunakan air panas, tuang ke dalam gelas untuk kemudian diminum. Sebelum memulai hari, meminum segelas cokelat murni ini bisa meningkatkan semangat dan mood-mu akan semakin membaik.

Selamat mencoba!

Related Articles