Susahnya Minta Maaf, Ini Cara yang Harus Kamu Pahami

Oct 31, 2017 by Karina Mustika

Sering kali kita berbuat salah dan menyadari setelahnya. Namun setelah menyadari hal itu, apakah kamu selalu dapat mengakui kesalahanmu dan meminta maaf? Sepertinya ini bukan hanya masalahmu saja kok, tetapi juga banyak orang. Minta maaf terkadang bisa sangat sulit untuk dilakukan.

Kali ini Miignon akan membahas tentang pentingnya minta maaf, dan mengapa hal itu sangat sulit dilakukan. Kamu juga bisa belajar tentang langkah apa saja yang harus kamu ambil saat kamu berbuat salah. Agar saat kamu berbuat salah pada saudara, pacar, ataupun teman kamu dapat melakulan cara yang tepat.

Apa arti minta maaf?

Meminta maaf memiliki unsur penting yaitu, kamu menyesali perbuatan yang telah kamu lakukan dan mengakui rasa sakit yang telah ditimbulkan oleh tindakanmu tersebut terhadap seseorang. Semua orang pasti pernah berbuat salah, karena memang tidak ada yang manusia yang sempurna. Maka dari itu kita harus belajar untuk meminta maaf. Karena meminta maaf penting untuk mengembalikan kepercayaan dalam hubungan disaat kamu telah melakukan suatu kesalahan.

 

arti permintaan maaf pic
Image: freepik.com

Mengapa begitu sulit untuk meminta maaf?

Meminta maaf membutuhkan sebuah keberanian yang besar, itulah mengapa banyak orang kesulitan untuk melakukannya. Alasan lainnya adalah karena malu, kamu terlalu malu dengan apa yang telah kamu perbuat dan tidak sanggup untuk berhadapan langsung dengan orang itu. Kemungkinan lainnya adalah kamu tidak siap dengan konsekuensi yang akan kamu hadapi, seperti di serang balik dan disalahkan setelah kamu mengakui kesalahanmu.

Langkah-langkah yang tepat untuk meminta maaf 

langkah-langkah meminta maaf img
Image: thedoctorstv.com

#1. Tunjukan penyesalanmu

Setiap permintaan maaf butuh di awali dengan kalimat “Aku menyesal..” atau “Aku minta maaf..” karena kalimat tersebut dapat mengekspresikan penyeselanmu atas apa yang telah kamu lakukan. Sampaikan permintaanmu yang tulus dari dalam hati, jangan melakukannya dengan sambil lalu. Dan yang perlu kamu ingat adalah, segeralah meminta maaf begitu kamu menyadari kesalahanmu. Menunda melakukannya tidak akan membuat situasi membaik dengan sendirinya.

#2. Berani bertanggungjawab

Berikutnya adalah tunjukkan tanggung jawab atas perilakumu. Lalu mengakui bahwa kamu telah berbuat salah. Disini kamu harus dapat berempati. Tunjukkan bahwa kamu dapat merasakan apa yang dirasakannya.  Jangan pula memberikan alasan-alasan saat kamu meminta maaf. Itu akan membuat kamu terlihat menghindar dari tanggung jawab dan tidak merasa bersalah sama sekali.

#3. Cobalah untuk menebus kesalahan

Ambil tindakan untuk membuat situasi menjadi lebih baik. Minta maaf bukan sekedar kata-kata yang diucapkan. Tetapi kamu harus melakukannya dengan segenap hati. Contohnya dengan melalukan kebalikan dari kesalahan yang telah kamu buat, atau dengan menawarkan kepada orang tersebut cara untuk memperbaiki kesalahanmu terhadapnya.

#4. Berjanji untuk tidak akan melakukan kesalahan yang sama

Jika memang kamu tidak pernah berniat untuk melakukan kesalahan, maka sewajarnya hal itu hanya terjadi satu kali saja. Oleh sebab itu, disaat meminta maaf kamu juga harus berjanji bahwa hal yang sama tidak akan terulang lagi. Langkah ini penting untuk meyakinkan orang itu bahwa kamu dapat merubah perilakumu. Selain itu berjanji bahwa hal tersebut tidak akan terulang juga akan membangun kembali kepercayaan dan memperbaiki hubungan kalian. Kamu juga harus memastikan pada dirimu sendiri bahwa kamu dapat berkomitmen dengan janji itu.

Related Articles