Mata Sembab Setelah Menangis? Cara Ini Bisa Kamu Terapkan untuk Mengurangi atau Menyamarkannya

by :

Menangis sebenarnya merupakan hal lumrah yang bisa dialami oleh siapa saja. Banyak penyebab yang membuat seseorang meneteskan air matanya. Kalau sebentar sih nggak masalah. Tapi kalau nangis bombay gara-gara masalah asmara atau sesuatu yang lainnya, apalagi setelah itu kamu tertidur, tentu pada pagi harinya mata sembabmu akan jelas terlihat.

Jika pada hari itu kamu harus melakukan aktivitas seperti biasanya dan bertemu orang banyak, tentu tampil dengan mata sembab bukanlah pilihan yang bagus. Selain membuat matamu nggak cantik, tentu kamu bakal risih ketika setiap kali bertemu teman kuliah atau rekan kantor selalu ditanya kenapa kamu menangis semalaman. Padahal itu adalah sesuatu yang nggak ingin kamu bicarakan.

Nah, sebelum hal yang nggak nyaman itu terjadi, kamu tentu harus memikirkan bagaimana caranya menyamarkan atau bahkan menghilangkan mata sembab yang disebabkan oleh menangis ini. Berikut tips agar kamu bisa mengurangi mata sembab secara cepat sehingga kamu bisa beraktivitas seperti biasa tanpa orang lain notice kalau tadi malam ada yang nangis bombay.

Tips Menyamarkan Mata Sembab

1. Kompres bagian matamu dengan bekas teh celup selama kurang lebih 15 menit, maka bengkak di area matamu akan berkurang

Setelah menenangkan diri dengan minum teh hangat di pagi hari, jangan buang kantung tehnya ya. Karena ampas teh tersebut bisa jadi solusi untuk mengurangi bengkaknya area matamu. Hal ini dikarenakan teh mampu menghilangkan bengkak dengan mempesempit pembuluh darah yang jadi penyebab matamu sembab. Selain itu, teh celup bekas ini juga bisa menghilangkan mata merahmu. Caranya, rendam teh celup di air es atau letakkan ampas teh tersebut di freezer dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu kompres matamu menggunakan teh celup yang dingin tersebut. Tunggu sekitar 5-10 menit sembari memijat ringan area matamu. Dan ulangi proses ini beberapa kali sampai mata sembabmu bisa tersamarkan.

2. Salah satu tips yang paling mudah digunakan adalah dengan mengompres mata bengkakmu dengan sendok logam yang dingin

Tips ini bisa dibilang klasik, tapi memang terbukti kalau mampu menyamarkan mata sembab. Hal ini dikarenakan sendok dingin bisa merangsang pembuluh darah untuk melentur dan mengurangi bengkak pada mata. Caranya adalah simpan sendok logam selama 15 menit di freezer, lalu kompres matamu dengan sendok yang udah dingin tersebut. Pijat perlahan, jika perlu ulangi kembali prosedurnya.

3. Kamu juga bisa menggunakan es batu atau air dingin untuk menyamarkan matamu yang bengkak karena menangis semalaman

Cara ini termasuk muda, karena yang kamu butuhkan hanya es batu, air bersih, dan kapas. Ada dua cara untuk mengaplikasikan tips ini. Pertama, campurkan es batu ke dalam air bersih tadi. Setelah air tersebut terasa dingin, celupkan kapas lalu kompres matamu sembari dipijat selama kurang lebih 5 menit atau saat kapasnya nggak terasa dingin lagi. Dan cara kedua adalah dengan langsung menggunakan es batu. Genggam potongan-potongan es batu tersebut lalu usapkan pada matamu yang bengkak. Pijat perlahan dari bagian dalam mata ke bagian luar. Ulangi beberapa kali hingga hasilnya terlihat.

4. Pengen yang lebih gampang lagi? Kamu cuma butuh jari tanganmu untuk mengurangi sembab pada mata

Jika rasanya kamu nggak ada waktu untuk mengompres matamu dengan teh celpu bekas ataupun sendok dingin, kamu bisa menyiasatinya dengan cara mengetuk-ngetukkan jarimu di area mata, terutama pada kantung mata yang sembab. Tapi pastikan dulu kalau jarimu bersih ya agar nggak menimbulkan masalah lain. Rangsangan dari jarimu tersebut nanti akan membuat pembuluh darahmu kembali berjalan normal sehingga mengurangi bengkak pada bagian tersebut.

 

 

Gimana guys? Cukup mudah bukan cara mengurangi, menyamarkan, atau menghilangkan matamu yang sembab gara-gara menangis semalaman? Kamu nggak harus khawatir lagi kalau nanti ada yang bertanya alasan kamu nangis bombay. Hihihi