Manfaat Kolagen Yang Menakjubkan Untuk Tubuh

Aug 09, 2017 by carmelw

Seringkali  istilah kolagen ditemukan dalam perawatan kulit terutama pada krim kecantikan atau pun dalam kandungan vitamin kulit yang kita konsumsi. Tapi, apakah sebenarnya kolagen itu dan apa manfaat kolagen bagi kulit? 

Nah, pada artikel kali ini, Miignon akan membahas serba-serbi tentang manfaat kolagen.  Buat kamu yang penasaran pingin tahu lebih banyak tentangnya, Check it out, Girls!

Asal Kata Kolagen

Berasal dari Bahasa Yunani yaitu  kola (gula) dan gen (produksi), kolagen bisa diartikan bersifat lekat atau menghasilkan pelekat. Faktanya, kolagen adalah protein yang paling banyak terdapat di tubuh. Protein ini membentuk 30% protein total di tubuh, dan 70% protein di kulit. 

Kolagen biasanya ditemukan pada otot, tulang, kulit, pembuluh darah, sistem pencernaan serta tendon. Protein inilah yang bertanggungjawab untuk memberi kekuatan, serta elastisitas kulit. Selain itu, protein ini juga berfungsi sebagai struktur organik pembangun tulang, gigi, sendi, otot, kulit, dan kekuatan rambut.

Manfaat kolagen bagi tubuh

kolagen bagi tubuh pic
Sumber: ellavonne.com

Menjaga kekuatan otot

Kolagen sangat baik untuk menjaga kekuatan otot, karena memiliki kandungan serat, yang sangat bermanfaat bagi struktur otot untuk beraktivitas sehari-hari. Di samping itu, kolagen juga dapat membantu mengurangi nyeri sendi dan pembengkakan (sumber), dan bahkan menyembuhkan kondisi degeneratif seperti osteoarthritis.

Memperkuat tulang

Kolagen memiliki peran dalam proses regenerasi tulang rawan melalui peningkatan kepadatan tulang dan mineral. Faktanya,  sebesar lebih dari 80% bagian dari tulang tubuh kita mengandung kolagen jaringan ikat, yang berada di dalam bagian artikular kartilago dan meniskus.

Memperkuat rambut dan kuku

Manfaat kolagen juga besar untuk memperkuat kesehatan rambut serta mempercepat pertumbuhan rambut. Protein ini yang mendukung agar rambut segera tumbuh kembali saat terjadi kerontokan rambut, sekaligus memberikan nutrisi bagi kesehatan rambut.

Sedangkan bagi kuku,  kolagen juga membantu memperkuat kuku sehingga tidak mudah patah. Maka tidak heran jika seseorang kekurangan kolagen dalam tubuhnya, seringkali muncul bintik-bintik putih pada kuku, dan kuku jadi mudah rapuh.

Meningkatkan keelastisitasan kulit

Ketika kulit kehilangan elastisitasnya akibat penurunan produksi kolagen, salah satu keluhan yang paling sering muncul adalah timbulnya keriput, garis halus, kulit kendur. Kolagen yang ada di lapisan bawah kulit inilah yang bertanggung jawab untuk membantu sel kulit tetap beregenerasi dengan baik dan terjaga keelastisitasannya. 

Menghaluskan dan mencerahkan kulit

Kandungan asam amino yang terdapat dalam kolagen membantu menjaga lapisan luar kulit tetap kencang. Kadar alanin, glisin, dan hidroksiproline yang membentuk kolagen, dapat membuat pembuluh darah dan arteri kecil tidak muncul.  Inilah yang membuat kulit tampak halus dan cerah.

Kolagen untuk kecantikan

manfaat kolagen untuk kecantikan img
Sumber: renewalliance.com

Seiring dengan bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh secara alami mulai melambat. Dan bersamaan dengan itu muncullah tanda-tanda penuaan seperti keriput, kulit kendur, serta nyeri sendi karena tulang rawan yang lemah atau menurun. Di samping karena faktor usia, penurunan produksi kolagen juga sangat dipengaruhi oleh berbagai gaya hidup seperti, gemar mengkonsumsi makanan mengandung gula, merokok, serta terpapar sinar matahari.

Melihat banyaknya manfaat kolagen bagi tubuh terutama bagi kesehatan kulit, nggak heran saat ini banyak sekali produk kecantikan yang menambahkan kolagen sebagai kandungannya. Salah satunya dalam bentuk masker wajah yang mampu mencerahkan, memutihkan dan melembutkan kulit wajah. Biasanya selain mengandung kolagen, masker wajah ini juga dilengkapi dengan  berbagai komposisi  yang berfungsi sebagai antioksidan dan untuk menjaga kelembaban kulit wajah.

Selain dalam bentuk masker wajah, produk kecantikan mengandung kolagen juga bisa ditemukan dalam bentuk eye patch collagen yang bermanfaat untuk mengatasi bagian kantung mata atau bagian bawah mata yang menghitam.

Cara Memperoleh Kolagen Alami

Meskipun kolagen dapat ditemukan dalam berbagai produk kecantikan, alangkah baiknya jika kita mendapatkannya dari bahan alami. Caranya adalah dengan rajin mengkonsumsi sayuran yang mengandung banyak kolagen seperti tomat, kubis, kembang kol, brokoli.

Kolagen juga dapat ditemukan pada makanan yang mengandung Omega 3 seperti pada ikan tuna, ikan salmon, ikan mackarel, dan telur, serta juga makanan yang mengandung kedelai seperti tahu dan tempe.

Related Articles