Manfaat Air Mawar dan Cara Mudah untuk Membuatnya di Rumah

Jan 17, 2018 by Larissa

Bunga kesukaanmu enggak hanya wangi tapi juga memiliki segudang manfaat. Rose water atau air mawar memang sudah populer sejak zaman dulu. Enggak heran, karena manfaatnya untuk kulit dan kesehatan sudah enggak diragukan lagi. Banyak sekali produk skin care yang memiliki mawar sebagai bahan utamanya. Nah, kamu sendiri tahu enggak manfaatnya, girls? Lalu apakah kamu ingin mencoba membuatnya sendiri dengan bahan alami? Yuk, simak penjelasan manfaat air mawar dari Miignon.

Manfaat Air Mawar dan Cara Mudah Membuatnya

Manfaat Air Mawar untuk Kulit

membuat air mawar photo
Shutterstock

Dengan memasukkan air mawar ke dalam rutinitas skin care kamu, kamu enggak hanya membuat kulitmu lembap. Seperti layaknya toner, air mawar bisa menyeimbangkan pH kulitmu dengan cara mengurangi minyak berlebih pada kulit tapi tidak membuat kulitmu kering.

Air mawar mengandung antibakterial dan antijamur, sehingga membantu kulit lebih cepat kembali menjadi sedia kala, tanpa luka dan bekas iritasi. Kandungannya yang soothing juga dapat mengurangi kemerahan pada kulit dan masalah iritasi kulit lainnya, seperti eczema, jerawat, dan dermatitis.

Air mawar adalah produk skin care alami serbaguna karena bisa membersihkan, toning, dan mengurangi keriput serta garis wajah. Ada dua cara kamu bisa menggunakan air mawar sebagai bagian dari rutinitas skin care-mu. Pertama, kamu bisa gunakan sebagai toner dengan menggunakannya setelah mencuci muka. Tuangkan air mawar pada kapas dan usap kapas secara halus pada wajah. Cara kedua adalah menggunakannya sebagai face mist yang bisa kamu semprot sepanjang hari. Wajahmu akan segar seketika.

 

Kenapa kamu harus meminum air mawar

Shutterstock

Memangnya air mawar bisa diminum? Bisa banget dan harus banget, girls! Selain manfaatnya untuk kulitmu, mengkonsumsi air mawar juga memiliki banyak manfaat. Air mawar memiliki kandungan vitamin mulai dari vitamin A, C, E, hingga vitamin B. Selain itu juga mengandung antiradang sehingga membuat tubuh lebih kebal terhadap penyakit. Banyak penelitian juga menyatakan kalau mengkonsumsi air mawar juga bisa mengurangi stres dan moodswing, loh.

 

Cara membuat air mawar sendiri di rumah

manfaat air mawar untuk kecantikan pic
Shutterstock

Sudah banyak sekali brand kecantikan baik dari dalam ataupun luar negeri, yang merilis produk air mawar. Namun, jika kamu tertarik untuk membuat air mawar sendiri langsung di rumahmu, Miignon punya DIY-nya yang mudah dan praktis!

Bahan yang dibutuhkan:

– 5-7 kelopak bunga mawar organik

– Air

– Panci

 

Instruksi pembuatan:

  1. Penting banget untuk memastikan kalau kamu menggunakan kelopak bunga mawar yang organik. Jangan sampai bunga mawarmu terkontaminasi pestisida atau bahan kimia lainnya.
  2. Petik kelopak mawar satu per satu sambil direndam dengan air hangat.
  3. Taruh kelopak di panci dan tuang air ke dalam panci secukupnya.
  4. Rebus air dan kelopak mawar dengan api sedang-tinggi. Jika sudah mendidih, tutup panci dan kecilkan api.
  5. Biarkan air mawar mendidih dengan api kecil selama 30 menit atau sampai warna terang pada kelopak mawar mulai luntur.
  6. Singkirkan kelopak mawar menggunakan saringan.
  7. Tada! Air mawar alami bikinanmu sendiri sudah jadi! Masukkan air mawarmu ke lemari pendingin atau simpan di tempat yang dingin. Air mawarmu bisa tahan selama 1-4 minggu, loh.

 

Nah, itu dia manfaat air mawar untuk kulit sekaligus untuk kesehatan. Kamu sekarang juga sudah tahu cara membuat air mawar yang super mudah. Selamat mencoba, ya!

 

 

Related Articles