10 Makanan Yang Baik Untuk Kamu Setelah Berolahraga

Jan 02, 2018 by Karina Mustika

Banyak alasan orang untuk berolahraga, mulai dari ingin menurunkan berat badan atau memang ingin menjadi lebih sehat. Apapun alasanmu untuk olahraga, satu hal yang pasti adalah rasa lapar yang menyerang setelah kamu melakukan kegiatan tersebut. Tapi ada perasaan bersalah yang juga kamu rasakan jika kamu menuruti keinginan untuk makan.

Kamu perlu tahu girls, bahwa ada cara yang baik untuk mengisi kembali tenagamu. Dan Miignon akan memberikan daftar makanan apa saja yang bisa kamu makan setelah olahraga. Kamu takut itu adalah makanan yang tidak enak? Jawabannya adalah salah, karena makanan-makanan ini cukup enak kok. Cek yuk!

Daftar makanan yang baik kamu konsumsi setelah berolahraga

#1. Telur

daftar makanan setelah olahraga img
Image: freepik.com

Telur merupakan sumber protein yang sangat baik. Dan ternyata kamu gak perlu khawatir dengan kuning telurnya. Meskipun menyimpan banyak kandungan lemak, kuning telur juga merupakan sumber vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh setelah olahraga. Selain itu kalori pada telur juga sangat rendah girls.

#2. Protein shake

berolahraga
Image: freepik.com

Protein merupakan bagian penting pada fungsi otot. Tbuhmu akan membutuhkan asupan protein untuk menyembuhkan otot-otot kecil karena pembengkakan yang terjadi pasca olahraga. Dengan meminum protein shake maka kamu akan mendapatkan seluruh kebaikan bagi ototmu dan juga bonus beratmu akan lebih cepat turun.

#3. Alpukat

berolahraga
Image: pixabay.com

Buah dengan kulit berwarna hijau ini memang lezat, ditambah lagi dengan nutrisi baik yang dikandungnya. Alpukat memiliki kandungan “lemak baik” yang mampu menurunkan kolesterol. Lemak tersebut juga mampu mendorong perbaikan otot. Sehingga tepat sekali jika kamu maka alpukat setelah olahraga.

#4. Nanas

makan nanas setelah berolahraga pic
Image: pixabay.com

Selain memiliki khasiat anti inflamasi, nanas juga merupakan sumber vitamin C yang baik. Sehingga memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan penyembuhan jaringan. Enzim bromelain pada nanas juga dapat membantu mengurangi pembengkakan pada cedera otot dan sendi.

#5. Greek yogurt

berolahraga
Image: pixabay.com

Protein dan karbohidrat merupakan nutrisi yang paling penting bagi tubuh setelah berolahraga. Greek yogurt dapat memberikan keduanya sekaligus untuk kamu. Ditambah lagi kandungan gula yang lebih sedikit dan karbohidrat yang lebih tinggi dibanding yogurt biasa. Greek yogurt juga memiliki kandungan protein lebih tinggi dibandingkan dengan susu. Bonus lainnya dari makanan ini adalah tinngi kalsium, potasium, dan vitamin B12.

#6. Kentang

berolahraga
Image: pixabay.com

Kentang merupakan sumber glikogen yang baik bagi tubuh setelah berolahraga. Pastikan kamu mengolahnya dengan tepat seperti dengan cara merebus atau mengukusnya. Pada saat olahraga glikogenlah yang akan dibakar oleh tubuh, sehingga kamu tidak boleh sampai kehabisan glikogen tersebut.

#7. Chia seed

berolahraga
Image: pixabay.com

Chia seed memiliki kandungan kalsium dan magnesium. Dengan memakannya kamu akan merasa cepat kenyang dan juga akan memulihkan kondisi tubuh setelah banyak mengeluarkan keringat. Karena saat kamu berkeringat tubuh akan kehilangan banyak sekali elektrolit.

#8. Ubi

berolahraga
Image: pexels.com

Ubi mengandung kalium yang bahkan lebih tinggi dari pisang. Kalium tersebut berfungsi agar terjadi kontraksi pada otot sehingga terlihat baik, dan pada kolagen agar kulitmu terlihat halus. Selain dua keuntungan tersebut, dijamin perutmu akan mudah kenyang setelah memakan ubi.

#9. Blueberry

berolahraga
Image: pixabay.com

Kamu pasti pernah merasa nyeri pada kaki setelah berolahraga. Hal ini disebabkan karena kamu berlatih terlalu keras girls. Cara untuk mengatasinya adalah dengan konsumsi bluberry, karena kandungan antioksidan dan anti-inflamasinya dapat membuat otot-ototmu lebih baikan.

#10. Salmon

berolahraga
Image: pixabay.com

Jika kamu masih merasa lapar setelah makan buah-buahan, maka cobalah untuk beralih ke salmon. Ikan ini kaya akan Omega-3 yang penting bagi kesehatan tubuhmu. Setelah olahraga yang menuntut kamu untuk banyak bergerak, memakan salmon dapat memberi tubuh apa yang dibutuhkan dan yang penting adalah rasanya yang lezat.

 

Cara Mudah Konsumsi Chia Seed yang Super Sehat

Makanan Sehat yang Terlarang Saat Diet!

Related Articles