Makanan Mengandung Kolagen Ini Bikin Kulitmu Sehat Sampai Tua

Aug 11, 2017 by carmelw

Ngomongin tentang kulit yang sehat, kencang, dan bercahaya berarti tidak akan lepas dari peran serta kolagen. Berkat kolagen, tubuh dapat tersambung dan terikat satu sama lain hingga kuat, dan terstruktur. Kolagen juga bertanggung jawab terhadap proses regenerasi serta elastisitas kulit.

Sayangnya, seiring dengan bertambahnya usia, produksi kolagen akan menurun. Akibatnya, akan timbul keriput, garis halus, serta kulit kendur yang acapakali menjadi momok bagi para wanita terutama di atas usia 35 tahun. 

Untuk mengatasi masalah itu, banyak perusahaan kosmetik yang menambahkan kolagen sebagai kandungan dalam produk kecantikannya. Begitu juga dengan vitamin dan suplemen makanan lainnya yang mengklaim bahwa produknya mengandung protein yang dapat mencegah proses penuaan ini.

Meskipun kolagen dapat ditemukan dalam produk hasil olahan pabrik, namun ternyata kolagen juga bisa ditemukan dalam makanan alami yang tentunya lebih menyehatkan bagi tubuh. Simak yuk, beberapa makanan mengandung kolagen yang wajib kamu konsumsi demi kecantikan dan kesehatan kulitmu. 

Makanan Mengandung Kolagen

Sayuran berdaun gelap

sayuran berdaun gelap img
Sumber: well-beingsecrets.com

Perbanyaklah mengkonsumsi sayuran yang berdaun gelap seperti bayam dan kale. Sayuran ini mengandung  antioksidan yang  dapat melindungi kulit terhadap radikal bebas yang dapat merusak kolagen.

Kamu juga dapat mengkonsumsi sayuran merah seperti bit, tomat, kubis merah, dan paprika merah yang mengandung lycopene.  Sayuran yang berwarna merah adalah makanan mengandung kolagen yang terbukti mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Sedangkan sayuran berwarna orange seperti wortel dan ubi jalar, adalah makanan mengandung kolagen yang kaya akan vitamin A, yang mengembalikan dan meregenerasi kolagen yang rusak.

Kubis

makanan mengandung kolagen
Sumber: food4betterhealth.com

Selain terkenal sebagai bahan makanan yang mendukung diet, kubis juga adalah salah satu sayuran paling terkenal sebagai makanan mengandung kolagen. Kehadiran antioksidan dan fitonutrien seperti lutenin, tiosianat, zeaxanthin, isothiocynate ans sulforaphane  dapat meningkatkan hidrasi kulit dan elastisitasnya.

Aneka buah-buahan

makanan mengandung kolagen
Sumber: playbuzz.com

Jangan lupa konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti melon, jeruk, kiwi, stroberi, kentang, jambu biji merah, lemon, aneka buah berry seperti blackberry dan raspberry yang mengandung antioksidan. Buah-buahan di atas adalah makanan mengandung kolagen yang  sangat penting dalam membantu menetralkan radikal bebas yang seringkali menghancurkan kolagen dan elastin di kulit.

Zaitun hijau dan hitam

makanan mengandung kolagen
Sumber: bbcgoodfood.com

Memasukkan buah zaitun hitam atau hijau ke dalam makanan adalah salah satu cara yang baik untuk mendorong terbentuknya kolagen dalam tubuh. Buah zaitun hitam atau hijau yang kaya akan belerang ini merupakan makanan mengandung kolagen  yang ermanfaat untuk mengobati masalah kulit, mengurangi iritasi, jerawat serta penyumbatan pori.

Bawang putih

bawang putih mengandung kolagen pic
Sumber: davidwolfe.com

Bawang putih mengandung asam lipoat dan taurin, yang keduanya membantu membangun kembali kolagen yang rusak. Ini juga merupakan sumber sulfur menjadi bagian penting dari kolagen.

Ikan

makanan mengandung kolagen
Sumber: colourbox.com

Dengan rajin mengkonsumsi ikan yang kaya omega-3 seperti ikan tengiri, salmon, dan tuna berarti kita mendukung tubuh untuk meningkatkan produksi kolagen. Kolagen berfungsi melindungi selaput lemak di sekitar sel kulit yang bertanggung jawab menopang struktur kulit.

Olahan kedelai

makanan mengandung kolagen
Sumber: humanelivingnet.net

Berbagai makanan yang terbuat dari kedelai seperti sari kedelai, tahu, dan tempe mengandung genistelin yang berfungsi sebagai antioksidan yang mendorong produksi kolagen serta membantu menghalangi enzim yang dapat membuat kulit mengalami penuaan.

Tiram

makanan mengandung kolagen
Sumber: chesapeakebaywinetrail.com

Kolagen ternyata dapat juga ditemukan di dalam tiram, lho Girls. Tiram adalah sumber zinc alami yang penting dalam proses pembentukan kolagen. Selain itu tiram juga mengandung banyak vitamin dan mineral termasuk vitamin B12 yang bermanfaat bagi kesehatan tulang. 

White tea

makanan mengandung kolagen
Sumber: drhealthbenefits.com

White tea dapat melindungi protein struktural kulit, khususnya kolagen. Ini diyakini dapat mencegah aktivitas enzim yang memecah kolagen, sehingga menciptakan garis dan keriput pada wajah.

Itu tadi beberapa makanan yang dapat kamu sertakan dalam menu makanan harianmu demi meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Yang pasti, jika produksi kolagen di tubuh berjalan dengan baik, maka bonusnya adalah kulit yang awet muda, bercahaya serta terhindar dari penuaan dini. Sehat sampai tua deh!

Related Articles