Lindungi Kulit Jangan Sampai Salah, Pilih Sunblock Sesuai Jenis Kulitmu

Jun 28, 2017 by carmelw

Banyak beraktivitas di luar ruangan dengan intensitas sinar matahari yang cukup tinggi, dapat menimbulkan resiko kulit terbakar, warna kulit belang kemerahan, dan menjadikan kulit tampak kusam. Untuk itulah diperlukan sunblock yang mengandung SPF (Sun Protection Factor) dengan tingkat tertentu agar kulit tidak mengalami efek negatif akibat terpapar sinar matahari secara langsung.  Tingkat SPF bukan berarti merupakan kekuatan sunblock, tetapi bagaimana SPF memberikan perlindungan kulit lebih lama dibandingkan dengan tidak menggunakan sunblock.

Kebanyakan dari kita memilih sunblock berdasarkan merk yang ada dan tingginya SPF, padahal yang seharusnya kamu pertimbangkan adalah kesesuaian dengan jenis kulitmu. Yup, karena jenis kulit setiap orang berbeda, maka sebaiknya pemilihan sunblock harus disesuaikan dengan jenis kulit dan aktivitas kita masing-masing. Nah, untuk itu sebelum salah memilih, yuk kenali jenis sunblock yang cocok untuk kulitmu, Girls !

Tips Memilih Sunblock Sesuai Jenis Kulitmu

Kulit kering

sunblock untuk kulit kering pic
Sumber: porcelainfacespa.com

Buat kamu yang memiliki kulit kering, sebaiknya memilih sunblock yang berbentuk cream. Sunblock jenis ini selain melindungi kulit dari sinar matahari, sekaligus mengandung ceramides yang membuat kulit jadi tetap lembab dan lembut. Disamping itu biasanya pelembab pada sunblock mengandung lanonin, minyak alami seperti dimethicone yang bagus untuk perawatan kulitmu.  Pilihlah produk yang mencantumkan kata-kata cream, lotion,  atau salep pada label kemasan.

Kulit berjerawat

sunblock1
Sumber: acupofkarachi.com

Memilih sunblock untuk kulit berjerawat memang tidak mudah, tetapi tetap harus dilakukan sebab sunblock sangat penting untuk melindungi wajah yang sedang meradang karena jerawat  dari paparan sinar matahari. Perlindungan ini harus tetap dilakukan karena obat jerawat biasanya meningkatkan sensitifitas pada radiasi matahari. 

Untuk kamu yang berjerawat, hindari sunblock yang mengandung  salicylates, oxybenzone, ecamsule, PABA, yang bisa menyebabkan reaksi alergi pada kulit. Untuk itu pilihlah sunblock yang berbentuk gel, yang biasanya formulanya mengandung alkohol atau kandungan lain yang dapat membantu proses penyembuhan jerawat. Tapi, yang harus kamu perhatikan adalah saat kulitmu kering, aplikasikan dahulu pelembab sebelum menggunakan sunblock agar menghindari iritasi pada kulitmu.

Kulit sensitif

sunblock
Sumber: beautyglimpse.com

Sama seperti kulit berjerawat, kulit sensitif tidak dianjurkan untuk memakai sunblock yang mengandung PABA dan oxybenzone. Sebaliknya pilihlah yang mengandung zinc oxide dan titanium dionxide yang cocok diterapkan pada kulit sensitif. Kedua kandungan itu biasanya ditemukan pada sunblock untuk bayi dan anak-anak, atau juga yang berbentuk cream untuk meminimalisir iritasi kulitmu. 

Kulit berminyak

beautiful woman smears face sunscreen at the beach for protection.
Sumber: adorebeauty.com.au

Sunblock yang mengandung comedogenic cocok digunakan bagi pemilik wajah berminyak, dan biasanya hadir dalam bentuk gel. Tidak disarankan untuk memakai sunblock berbentuk lotion, sebab dapat memacu kelenjar minyak terproduksi secara berlebihan. Selain itu cobalah gunakan sunblock spray atau berbentuk powder agar minyak pada kulit terserap dengan baik. 

Kulit kombinasi

jenis kulitmu terkadang kombinasi pic
Sumber: health.com

Kalau area T-mu seringkali tampak berminyak sedangkan area kulit wajah lainnya normal, berarti kulitmu termasuk pada kategori kulit kombinasi. Nah, untuk kulit kombinasi pilihlah sunblock dengan formula ringan dengan kandungan avobenzone dan oxybenzone saja, sebab kedua bahan tersebut aman untuk bagian kulit yang berminyak. Umumnya sunblock yang formulanya ringan adalah yang berbentuk lotion atau gel, sebab mudah menyerap pada kulit dan tidak meninggalkan bekas mengkilap.

Nah, Girls itu tadi bagaimana cara memilih sunblock sesuai dengan jenis kulitmu. Gunakanlah sunblock 30 menit sebelum kamu melakukan aktivitas di luar ruangan. Aplikasikan pada semua permukaan kulit yang akan terpapar sinar matahari terutama bagian wajah, telinga, tangan, lengan dan bagian terbuka lainnya. Jika aktivitasmu banyak dilakukan di luar ruangan, maka pemakaian sunblock sebaiknya diulang setiap 4-5 jam sekali.

Related Articles