Kunci Agar Hubungan Bertahan Lama dan Bahagia

Sep 12, 2017 by Karina Mustika

Suatu hubungan yang ideal tidak hanya diciptakan di awal namun juga butuh dipelihara. Kamu pasti menyadari pada awal hubungan semua terasa manis dan menyenangkan. Kembali lagi kepada kalian masing-masing yang menjalani komitmen tersebut.

Banyak hal yang perlu kalian lakukan agar hubungan tersebut dapat langgeng dan membuat bahagia. Apa kamu dan pasanganmu sudah melakukan hal-hal berikut ini? Kalau belum tidak ada salahnya kamu coba agar hubunganmu lebih harmonis.

Kasih sayang

Kasih sayang merupakan satu hal yang tidak dapat ditawar keberadaannya dari suatu hubungan. Dengan kasih sayang yang kamu berikan terhadap pasanganmu akan membuatnya merasa dihargai, diperhatikan, dan dicintai. Hal tersebut akan membuat hubungan yang kuat diantara kalian.

Kepercayaan

Apalah artinya jika hubungan tidak didasari oleh kepercayaan. Kepercayaan berarti kamu dapat memberikan kebebasan pada pasanganmu untuk melakukan semua yang dia inginkan. Sehingga kalian tidak saling merasakan banyak batasan yang pada akhirnya akan menjadi suatu masalah. Kamu tidak pernah merasa khawatir karena kamu tahu bahwa pasanganmu dapat bertanggung jawab dengan kepercayaan yang kamu berikan.

 

hubungan bertahan lama dengan kepercayaan img
Sumber: freepik.com

Selera humor

Ini merupakan hal yang paling jarang dianggap berpengaruh, namun ternyata memiliki peran penting bagi suatu hubungan jangka panjang. Setiap pasangan seharusnya tahu bagaimana caranya tertawa dan membuat lelucon. Suatu hubungan yang diwarnai dengan sering tertawa akan terasa sangat menghibur dan menyenangkan. Kamu pasti akan lebih memilih banyak tertawa bersama pasanganmu dibandingkan dengan bertengkar dan berdebat. 

Kompromi 

Kebanyakan orang cenderung akan berpikir bahwa semakin sedikit masalah berarti semakin baik kualitas hubungan. Padahal poin pentingnya bukan terletak disana, melainkan bagaimana cara kalian berdua mencari solusi atau jalan keluar dari masalah tersebut. Semakin banyak masalah yang kalian hadapi dan selesaikan berdua, maka semakin baik pula ikatan yang terjalin diantara kalian. 

Pikiran positif

Memiliki prasangka buruk terutama terhadap pasanganmu sendiri tidak akan membuat hubunganmu bertahan lama. Wajar saat sesekali kamu merasakan cemburu ataupun tidak senang dengan sikap pasanganmu. Tetapi kamu tahu caranya mengendalikan situasi dan menghadapinya dengan pikiran jernih.

Selain itu penting juga untuk tidak selalu berkomentar negatif pada pasanganmu. Dari pada memberikan kritik lebih baik kamu menghargai setiap tidakan kecil yang telah dilakukannya. Bisa dalam bentuk pujian atau sekedar ucapan terima kasih yang akan semakin memperkuat hubunganmu.

 

pikiran positif pic
Sumber: freepik.com

Saling pengertian 

Setiap masalah yang kalian hadapi dapat diselesaikan dengan saling mendengarkan. Perdebatan panjang yang biasa terjadi adalah dampak dari keegoisan masing-masing dari kalian. Biasakan untuk memiliki waktu santai yang bisa kamu dan pasanganmu gunakan untuk saling berbagi dan bicara agar saling mengerti satu sama lain.

Belajar saling menghargai pasangan. Cobalah untuk melihat segala sesuatu dari sudut pandang pasanganmu. Itu merupakan kunci utama untuk menerima perbedaan yang ada dalam diri masing-masing. Singkirkan jauh-jauh sikap egoismu dan hubungan yang kamu jalani pasti akan berjalan lancar dan bahagia. 

Kehadiran 

Penting sekali kamu dapat selalu ada saat dia membutuhkan dukungan. Walaupun mungkin kamu tidak dapat dapat memberikan jalan keluar dari masalah yang dihadapinya, namun pelukanmu akan sangat berarti buat pasanganmu. Tunjukan padanya bahwa kamu peduli tentang segala hal tentang dirinya.

Kamu dan pasanganmu harus selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk hubungan kalian. Ikatan yang terjalin pun akan terasa lebih dalam dari sekedar kehadiran secara fisik. Semakin kamu mengenal pasanganmu, semakin mudah pula kalian melewati segala jenis rintangan yang menghadang hubunganmu kelak.

Related Articles