Lagi Libur Panjang Kuliah? Ini Pilihan Novel Seru Untuk Isi Liburanmu!

Jun 22, 2018 by Gabriella Sakareza

Kamu mahasiswa yang sedang dalam masa liburan? Biasanya liburan kampus itu bisa dua bulan atau tiga bulan lamanya. Mungkin beberapa dari kamu ada yang ingin menyempatkan waktu lama ini untuk magang, tapi ada juga yang memutuskan untuk liburan dan bersenang-senang saja.

Tapi kalau bersenang-senang saja dan liburan, pasti ada masa jenuhnya juga kan? Hanya makan, ke mall, ke bioskop, hang out, karena kalau liburan ke luar kota atau luar negeri terus pasti jadinya boros! Untuk ide aktivitas lain, bagaimana kalau ini saatnya kamu menghabiskan waktu dengan membaca novel?

Baca novel bisa di rumah, di kafe atau tempat lain yang menurutmu paling nyaman. Dan kalau liburanmu masih terlalu panjang dan takut bacaanmu tidak cukup, tenang! Kita punya rekomendasi novel bagus dengan seri yang cukup panjang untuk kamu nikmati sampai akhir liburanmu! Apa saja ya?

Kuliah Lagi Libur Panjang? Ini Pilihan Novel Seru Untuk Isi Liburanmu!

1. Geek Girl

novel Geek Girl img
source: Twitter @hollysmale

Holly Smale membuat cerita tentang perempuan 17 tahun bernama Harriet yang perfeksionis, pintar, mungkin cenderung nerd dan tidak fashionista yang “ditemukan” oleh model ternama Yuka Ito, untuk menjadi model. Padahal, sahabat Harriet yaitu Nat, sudah bercita-cita menjadi model sejak ia kecil. Harriet yang awalnya hanya membantu Nat tidak menyangka bahwa ia yang terpilih menjadi model.

Sembari terjun ke dunia model, banyak hal yang dipelajari oleh Harriet, meskipun banyak ketidakcocokan yang ia rasakan. Untungnya, ia bertemu dengan Lion Boy, alias lelaki bernama Nick yang sudah lebih dulu menjadi model, yang mau membantunya dan mengerti sisi unik Harriet.

Novel ini sendiri punya seri hingga 8 novel. Jadi kamu nggak akan cepat kehabisan cerita seru kehidupan Harriet!

2. Crazy Rich Asian

novel  Crazy Rich Asian img
source: kevinkwan.com

Novel ini bercerita tentang Rachel Chu, dosen ekonomi keturunan Cina, setuju untuk pergi ke Singapura bersama kekasihnya, Nick. Ia membayangkan rumah sederhana, jalan-jalan keliling pulau, dan menghabiskan waktu bersama pria yang mungkin akan menikah dengannya itu. Ia tidak tahu bahwa rumah keluarga Nick bagai istana, bahwa ia akan lebih sering naik pesawat pribadi daripada mobil, dan dengan pria incaran se-Asia dalam pelukannya, Rachel seperti dimusuhi semua wanita.

Di dunia yang kemewahannya tak pernah terbayangkan oleh Rachel itu, ia bertemu Astrid, si It Girl Singapura; Eddie, yang keluarganya jadi penghuni tetap majalah-majalah sosialita Hong Kong; dan Eleanor, ibu Nick, yang punya pendapat sangat kuat tentang siapa yang boleh—dan tidak boleh—dinikahi putranya.

Dengan latar berbagai tempat paling eksklusif di Timur Jauh—dari penthouse-penthouse mewah Shanghai hingga pulau-pulau pribadi di Laut Cina Selatan—Crazy Rich Asians bercerita tentang kalangan jet set Asia, dengan sempurna menggambarkan friksi antara golongan Orang Kaya Lama dan Orang Kaya Baru, serta antara Cina Perantauan dan Cina Daratan.

Kevin Kwan menulis cerita ini dalam tiga seri, “Crazy Rich Asian”, “Crazy Rich Girlfriend”, dan “Rich People Problems”.

3. Divortiare

novel divortiare img
source: ikanatassa.com

Novel lokal juga ada yang harus kamu antisipasi nih. Ditulis oleh Ika Natassa, novel Divortiare menceritakan pasangan suami istri yang sudah bercerai yaitu Alexandra dan Beno, yang hubungannya merenggang tapi sedang berusaha memperbaiki hubungannya. Meski hanya ingin berdamai, mereka awalnya tidak berniat untuk kembali jadi sepasang kekasih kembali.

Tapi ketika Alexandra menjalin hubungan dengan pria baru, bahkan sempat ingin ke jenjang yang lebih serius, ia tidak bisa berhenti mengingat Beno. Bukan karena takut menikah, tapi banyak yang ia perlu pikirkan apa sebenarnya yang ia inginkan dalam hidup.

Khawatir ceritanya terlalu dewasa? Tenang saja, Ika Natassa punya “sihir” membuat bacaannya bisa sesuai dengan anak kuliahan. Meski cerita dewasa, tapi tidak ada unsur vulgar atau berlebihan. Cerita yang lebih disampaikan adalah cerita cinta yang sering dialami oleh banyak orang.

Divortiare telah memiliki tiga seri, yaitu “Divortiare”, “Twivortiare” dan “Twivortiare 2”.

Baca juga

Pecinta Dongeng? Ini 5 Novel Remaja yang Terinspirasi dari Dongeng Masa Kecilmu!

Novel Sedih Berikut Ini Bisa Bikin Kamu Menangis Terharu!

Related Articles