Kopi dan Efeknya yang Terjadi Pada Tubuhmu

Oct 09, 2017 by Karina Mustika

Apakah kamu termasuk penggemar kopi? Atau meminumnya sudah termasuk dalam kebiasaanmu setiap hari? Banyak orang yang menyatakan bahwa minuman berwarna hitam tersebut buruk bagi tubuh. Ada pula yang mengatakan bahwa memiliki efek baik bagi tubuh. Tapi kamu sendiri tahu gak sih efek sebenarnya pada tubuhmu? Kalau belum tahu sebaiknya kamu baca baik-baik penjelasan berikut ini.

Kopi menyebabkan pikiran lebih fokus

Efek nyata yang dapat dirasakan dari meminum kopi adalah detak jantung yang meningkat dan mempertajam fokus. Itulah mengapa banyak orang meminumnya di pagi hari, karena memang dapat membuat kamu lebih fokus setelah bangun dari tidurmu. Efek tersebut tidak berjalan selamanya, sekitar tiga jam kemudian efek dari kafein akan berkurang.

kopi
Sumber: freepik.com

Kopi membuat kecerdasan meningkat

Kafein dalam kopi bertindak sebagai stimulan yang dapat meningkatkan fungsi mental. Sehingga kemampuan untuk berkonsentrasi juga semakin baik. Selain itu minuman yang didominasi rasa pahit ini juga meningkatkan memori jangka panjang. Kafein meningkatkan ingatan tertentu setidaknya 24 jam setelah kamu konsumsi. 

Kopi membuat kamu merasa lebih gembira

Alasan lain mengapa orang minum kopi di pagi hari karena efek bahagia yang ditimbulkan minuman tersebut. Kafein merangsang pelepasan hormon dopamine, yaitu hormon baik yang menghasilkan perasaan senang. Sehingga banyak penelitian yang menghubungkannya efek tersebut dengan penurunan resiko depresi seseorang.

efek membuat bahagia img
Sumber: freepik.com

Pandangan akan lebih jelas

Dalam 20 menit meminum kopi, kafein akan menyebabkan adrenalin dilepaskan. Akibatnya adalah pupil akan sedikit mengalami pelebaran dan pandanganmu akan lebih tajam. Jadi saat bangun tidur dan matamu masih sulit terbuka lebar, sepertinya minum kopimu dan semua akan terlihat lebih jelas bukan hanya imajinasimu saja.

Kamu akan susah tidur

Minuman ini akan memberimu masalah tidur terutama jika kamu meminumnya terlalu larut malam. Kamu akan mengalami kesulitan tidur. Efek dari kafein ini adalah menurunkan kualitas tidurmu, sehingga tidurmu tidak akan nyenyak. Diperlukan waktu sekitar delapan jam agar tubuh dapat memetabolisme kafein sepenuhnya. Maka dari itu sebaiknya kamu tidak minum kopi setelah siang hari agar tidurmu tidak terganggu.

kopi
Sumber: freepik.com

Bernapas dengan lebih mudah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein mengandung teofilin yang memiliki peran penting bagi kesehatan paru-paru. Teofilin di temukan pada obat-obatan untuk membantu membuka saluran udara pada paru-paru untuk meringankan gejala asma. Sejumlah kecil kafein dapat memperbaiki fungsi paru sampai empat jam. 

Lebih sering ke kamar kecil

Kandungan kafein dan senyawa steroid dalam kopi akan merangsang kandung kemih dan usus besar. Selain itu kafein merupakan jenis makanan diuretik yang meningkatkan produkis air kemih, yang kemudian akan menghasilkan urin. Hal itulah yang menyebabkan efek lebih sering buang air kecil setelah kamu meminum kopi. 

Kopi berdampak pada susah hamil 

Terlalu banyak konsumsi sesuatu memang akan menimbulkan dampak buruk. Hal yang sama berlaku untuk minuman berwarna hitam ini. Kopi dapat mengurangi kesuburan pada wanita karena akan mengganggu ovulasi. Dan dapat meningkatkan resiko keguguran dua kali lebih tinggi pada wanita yang sedang hamil. Untuk kamu yang memang sedang berencana untuk memiliki anak dalam waktu dekat, sebaiknya kurangi konsumsi kopimu sehingga kurang dari dua cangkir perhari. Beberapa dokter menyarankan lebih baik untuk tidak minum sama sekali.

kopi buat susah hamil pic
Sumber: freepik.com

Terlalu banyak akan menyebabkan kecemasan dan adiktif

Kopi memberikan efek pada hormon dopamin, hal itulah yang menjelaskan mengapa minuman yang merupakan proses dari menggilingan biji tersebut begitu adiktif. Semua obat yang menghasilkan efek kepada tiga hormon bahagia yaitu dopamin, serotonin, dan juga oksitosin cenderung akan membuat seseorang menginginkan lebih dan lebih lagi. konsumsi yang berlebihan juga akan menyebabkan kenaikan tingkat kecemasan. Batasi dirimu untuk minum perhari sebanyak satu sampai tiga cangkir saja. Selain itu yang penting untuk kamu ingat adalah, tetap jaga dirimu dengan asupan air putih yang cukup.

Related Articles