Kebiasaan Buruk yang Bikin Orang Ilfil Sama Kamu

Nov 10, 2017 by Karina Mustika

Banyak kebiasaan yang terlihat sepele namun ternyata malah membuat banyak orang ilfil dengan kamu. Mungkin kamu tidak menyadarinya selama ini, karena hal itu memang bukan suatu bentuk kejahatan atau akan menyakiti perasaan orang. Tapi percaya deh bahwa kebiasaan buruk itu gak enak saat orang lain harus melihatnya.

Gak pengen kan kamu dijauhin orang-orang terdekatmu karena hal ini? Bisa jadi mereka juga malah akan membicarakan dibelakangmu. Coba yuk introspeksi diri dan belajar buat memahami dirimu. Dengan mengerti kebiasaan yang seharusnya kamu hilangkan, kamu dapat menjadi orang yang lebih baik lagi dan tentu saja semua orang akan nyaman deket dengan kamu.

Kebiasaan buruk 1: Terlalu sering sibuk sendiri dengan smartphone

sibuk sendiri dengan smartphone pic
Image: freepik.com

Meskipun saat ini kamu sudah sangat ketergantungan dengan benda kecil satu ini, namun kamu tetap harus dapat melihat situasi. Jangan biarkan dirimu terlalu sibuk dengan smartphone. Terutama jika kamu sedang berkumpul bersama keluarga ataupun teman-teman. Percaya deh hal ini sangat mengganggu dan membuat orang disekitarmu merasa diabaikan. Apalagi kamu juga tidak setiap hari bisa menghabiskan waktu bersama dengan mereka. Hargai waktu yang kamu miliki dengan orang-orang tersebut. Silent smartphone-mu atau jika perlu matikan sejenak saat kamu dengan quality time dengan orang terdekat.

Kebiasaan buruk 2: Tidak pernah mengucapkan tolong atau terimakasih

Kebiasaan buruk biasanya jarang disadari oleh orang yang melakukannya. Termasuk kebiasaan yag satu ini. Penting sekali untuk mengucapkan tolong dan terimakasih saat kamu membutuhkan bantuan orang lain. Jika kamu mengabaikannya, yang akan terlihat dimata orang lain adalah kamu orang yang bossy atau tukang perintah seenaknya sendiri. Gak heran deh kalau banyak orang yang gak betah berlama-lama didekatmu.

Kebiasaan buruk 3: Gampang panik

gampang panik - kebiasaan buruk img
Image: freepik.com

Siapa diantara kamu yang sering seperti ini? Mudah panik juga merupakan kebiasaan buruk yang tidak peru kamu pertahankan. Jika ada suatu masalah ataupun hal yang menurutmu buruk terjadi, sebaiknya kamu mencari jalan keluarnya. Dengan panik, selain tidak baik untuk kesehatan jantungmu, kamu juga tidak akan menemukan solusi yang baik. Orang yang terlalu sering melihatmu panik juga lama-lama akan merasa risih dengan kebiasaanmu itu.

Kebiasaan buruk 4: Moody

Semakin dewasa, maka kamu seharusnya semakin dapat mengontrol emosi dan mood-mu dengan baik. Jika sesekali mood-mu menjadi jelek tanpa sebab mungkin masih dapat dimaklumi. Namun jika perubahan drastis itusering sekali terjadi pasti akan membuat orang lain jadi malas berada di dekatmu. Mereka tidak salah apa-apa tapi kena semprot omelanmu karena mood-mu yang sedang jelek.

Coba deh lebih belajar untuk mengendalikan suasana hatimu. Jika karena ada alasan yang masuk akal kamu bete ataupun sedih tidak masalah. Tapi disaat hanya karena alasan kecil yang tiba-tiba merubah suasana hati dan sikapmu ke orang sepertinya itu sebuah kebiasaan yang perlu dirubah.

Kebiasaan buruk 5: Tukang telat

Jam tanganmu sengaja kamu setting lebih awal? Come on girls, jangan gantungkan kediplinanmu dengan metode seperti itu. Toh kamu juga sudah mengetahui sendiri berapa lama kelebihan waktu yang ditunjukkan jammu. Jadi hal tersebut tidak akan banyak merubah kebiasaan burukmu itu.

Gak pengen kan selalu dapat julukan “tukang telat” dari orang-orang di sekitarmu? Maka sebaiknya kamu harus mencoba lebih disiplin lagi soal waktu. Posisikan dirimu sebagai orang yang harus menunggu temannya yang datang jauh melewati waktu yang sudah disepakati. Pasti akan sangat tidak enak.

Kebiasaan apa saja yang membuat kamu disukai banyak orang? Baca disini!

Related Articles