Kapan Saat Yang Tepat Minum Vitamin?

Oct 10, 2017 by carmelw

Seperti yang kita tahu, tubuh membutuhkan vitamin dan mineral yang penting untuk mendukung fungsi-fungsi serta proses kerja organ yang ada di dalamnya. Nutrisi yang terkandung di dalam vitamin bermanfaat untuk menyembuhkan, memperbaiki, dan merawat sel, organ, serta sistem dalam tubuh. 

Vitamin dan mineral dibutuhkan dalam jumlah yang bervariasi untuk membentuk beberapa bagian penting di tubuh seperti sel darah merah dan tulang. Kekurangan mineral dan vitamin dapat menyebabkan kelelahan, dan munculnya beberapa penyakit. 

Sayangnya,  banyak yang tidak menyadari bahwa minum vitamin saat tubuh tidak memiliki kekurangan vitamin yang serius, sebenarnya tidak memberi manfaat apa pun bagi tubuh. Dan yang lebih mengejutkan lagi, minum vitamin rutin dalam dosis tinggi setiap hari tanpa adanya instruksi dari dokter. Malah dapat menyebabkan timbulnya masalah kesehatan yang dapat membahayakan tubuh. 

Namun, terlepas dari berbagai manfaat vitamin bagi tubuh, ternyata ada beberapa aturan yang harus diperhatikan mengenai waktu terbaik untuk minum vitamin. Hal ini berkenaan dengan cara kerja tubuh yang berbeda dari waktu ke waktu. Sehingga mempengaruhi proses penyerapan vitamin yang dikonsumsi agar bekerja lebih efektif.

Kapan waktu terbaik untuk minum vitamin?

waktu terbaik minum vitamin img
Sumber: doctoroz.com

Pagi hari di saat perut kosong

Vitamin yang larut dalam air seperti vitamin B dan vitamin C, sebaiknya diminum di pagi hari saat perut sedang kosong. Vitamin C adalah zat antioksidan yang baik untuk tubuh. Sehingga waktu yang tepat untuk mengkonsumsi vitamin C adalah sebelum memulai beraktivitas di pagi hari. Agar tubuh tetap fit dan siap beraktivitas hingga tengah hari.

Sebaiknya, minum vitamin golongan B di pagi hari, saat perut kosong, karena bermanfaat untuk meningkatkann energi bagi tubuh sepanjang hari. Beberapa jenis vitamin B yang paling populer untuk dikonsumsi pada pagi hari adalah B2,B6, dan B12 yang sudah terbukti secara klinis dapat meningkatkan mood dan mengurangi stres sepanjang hari.

Tengah hari bersamaan dengan waktu makan

Vitamin yang dapat larut dalam lemak makanan seperti vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K mineral dan zat besi, serta magnesium. Harus dikonsumsi bersamaan dengan waktu makan untuk membantu proses penyerapannya agar lebih efektif.

Di samping itu, dengan mengkonsumsi vitamin yang  larut dalam lemak bersaman dengan waktu makanan akan mengurangi serta mencegah efek samping gangguan pencernaan.

Malam hari sebelum tidur

Kalsium direkomendasikan untuk dikonsumsi pada malam hari untuk membantu relaksasi otot. Menenangkan tubuh untuk beristirahat dan membutuhkan makanan untuk penyerapan yang lebih baik.

Selain itu, minyak ikan yang mengandung omega-3 juga dianjurkan untuk diminum saat menjelang waktu tidur. Penting untuk diketahui untuk menghindari mengkonsumsi omega-3 dengan obat-obatan lainnya. Karena suplemen minyak ikan ini dipercaya dapat memperlambat penyerapan obat dan nutrisi lainnya.

Girls, selain memperhatikan kapan waktu yang tepat untuk minum vitamin, perlu juga memperhatikan bahwa beberapa vitamin dan mineral saling berinteraksi satu sama lain yang berpotensi mengganggu penyerapannya. Misalnya, zat besi dan kalsium sebaiknya tidak dikonsumsi secara bersamaan. Serta sebaiknya menghindari untuk mengkonsumsi makanan berserat tinggi saat minum vitamin atau pun suplemen lainnya.

Dan yang terpenting, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter pribadi sebelum memutuskan mengkonsumsi vitamin dan suplemen. Agar tidak menimbulkan efek samping yang dapat membahayakan tubuh.

Related Articles