Kamu yang Gemar Pakai High Heels Wajib Nyobain Olahraga-Olahraga Ringan Ini

Mar 19, 2017 by haify

Jenis sepatu cewek emang lebih beragam dari cowok. Mulai dari yang flat hingga yang memiliki hak tinggi. Masing-masing kita tentu punya model sepatu favorit masing-masing. Mereka yang gayanya kasual akan lebih memiliki sepatu model flat. Tapi nggak sedikit yang lebih memilih menggunakan high heels.

Emang sih banyak alasan yang membuat heels menjadi pilihan. Selain membuat penggunanya terlihat lebih tinggi, menggunakan sepatu yang memiliki hak tinggi juga membuat kaki lebih cantik dan terlihat jenjang. Namun sayangnya, kebiasaan menggunakan heels ini ada dampak buruknya,. Hal ini dikarenakan otot kaki yang dipaksa untuk mengikuti lekukan heels tersebut sedangkan berat badan bertumpu pada kaki. Oleh karena itu, untuk mengurangi dampak yang diakibatkan penggunaan high heels ini, kamu bisa melakukan olahraga ringan berikut ini.

Olahraga Ringan Mengurangi Dampak High Heels

Meremas-remas kain dengan menggunakan jari kaki

Olahraga satu ini memang terbilang sangat gampang. Kamu hanya membutuhkan sebuah kain atau kertas yang ditaruh di atas lantai. Sembari duduk di kursi, cobalah untuk meremas-remas kain atau kertas tersebut menggunakan kaki dan jari-jarimu. Lakukan hal itu berulang-ulang 20-30 kali. Meremas-remas kain menggunakan kaki dan jari-jari ini bertujuan untuk menguatkan otot-otot kakimu.

Melakukan pijat kaki dengan menggunakan bola tenis

Selain meremas-remas kain, kamu bisa menggunakan bola tenis sebagai alat bantu olahraga kakimu. Caranya pun gampang. Kamu tinggal meletakkan bola tenis di lantai lalu letakkan telapak kakimu di atasnya. Lakukan gerakan ke depan dan ke belakang. Olahraga ini dijamin mampu mengurangi rasa lelah atau pegal kakimu setelah memakan heels seharian. Karena gerakan dengan menggunakan bola tenis ini bisa melemaskan atau bikin otot kaki yang tegang gara-gara penggunaan heels menjadi rileks kembali. Olahraga ini bisa kamu lakukan 3-5 menit ya atau sampai kamu merasa otot kakimu udah lemas kembali.

Gerakan menapak dan berjinjit secara bergantian

Olahraga ringan untuk si penyuka high heels adalah dengan melakukan gerakan menapak lalu menjinjit secara bergantian. Kamu bisa melakukannya hingga 30 kali. Olahraga ini dilakukan dengan cara berdiri seperti biasa. Lalu berjinjit dan tahan untuk beberapa saat lalu menapak kembali seperti biasa. Dengan melakukan hal ini berulang-ulang, bisa melemaskan otot kakimu, terutama di bagian pergelangan kaki.

Bukan cuma otot kaki, tapi punggung juga bisa terasa pegal karena menggunakan heels seharian

Saat menggunakan high heels, nggak cuma otot kaki yang terasa lelah atau pegal, tapi juga di bagian punggung. Karena postur tubuh saat menggunakan heels menjadi berubah dari yang biasanya. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan backstretch untuk melemaskan punggungmu. Caranya juga terbilang gampang. Kamu tinggal duduk di lantai, luruskan kakimu ke depan, lalu tarik atau tekuk ujung kakimu ke arah badan secara bergantian. Pastikan lututmu tetap lurus ya selama melakukan peregangan ini. Kamu bisa melakukan backstretch ini sekitar 30-45 detik secara bergantian.

Cukup mudah bukan melakukan olahraga ringan seperti ini? Kalau kamu menggunakan heels setiap hari, nggak ada salahnya kamu melakukan beberapa olahraga tersebut pada malam harinya.  Tapi sebaiknya memang kamu mengistirahatkan kakimu dari high heels ini adalah cara paling baik. Jika terasa tidak perlu memakainya, kamu bisa menggunakan sepatu model lainnya, atau minimal menggunakan sepatu dengan hak sekitar 3 cm aja cukup. Daripada mendatangkan dampak buruk di kemudian hari, mending kamu mengurangi pemakaian atau mengurangi tinggi high heels yang kamu gunakan.

Related Articles