Jalan Kaki, Cara Sehat yang Mudah dan Murah

Jul 21, 2017 by Karina Mustika

Baru-baru ini Indonesia menjadi Negara dengan jumlah langkah kaki terendah tiap harinya. Survei tersebut dilakukan oleh Stanford University dan membuat Indonesia mendapat predikat sebagai salah satu Negara dengan masyarakat termalas jalan kaki. Dari rata-rata orang melangkah di dunia adalah 4.961 per hari, Indonesia hanya mendapat jumlah sebesar 3.513 kali.

Banyak sekali keuntungan yang didapat dari jalan kaki terutama bagi kesehatan kamu. Selain tidak memerlukan biaya sama sekali, jalan kaki juga bisa dilakukan ditengah-tengah aktifitas sehari-hari. Kamu sadar gak sih berapa jauh kamu melangkah tiap harinya? Atau mungkin kalian adalah seorang yang sangat bergantung dengan kendaraan pribadi seperti mobil atau pun motor?

Jalan kaki tidak memerlukan waktu khusus untuk dilakukan girls. Kamu hanya perlu mengganti sedikit kebiasaanmu. Dengan banyaknya manfaat yang kamu dapatkan kamu akan merasa beruntung dengan aktifitas mudah ini. Berikut adalah beberapa hal positif yang akan kamu dapatkan dari jalan kaki.

Manfaat Jalan Kaki

Jantung sehat

jantung sehat - efek Jalan Kaki pic
Sumber: pexels.com

Jumlah penderita penyakit jantung semakin meningkat tiap tahunnya. Hal tersebut bukan terjadi karena kebetulan tentunya. Apabila dilihat dari gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini jelas sekali bahwa resiko meningkatnya penyakit jantung memang semakin nyata. Makan dan istirahat yang tidak teratur ditambah dengan sedikit sekali olahraga ataupun menggerakkan tubuh.

Penyakit jantung tidak hanya diderita oleh orangtua saja lho. Usia muda juga berpotensi terserang penyakit ini. Jadi sebelum terlambat ada baiknya kamu menghindarinya dengan menerapkan pola hidup sehat. Dan yang tentu saja paling mudah dilakukan adalah dengan jalan kaki. Jalan kaki dapat meningkatkan kerja denyut jantung kamu dan meningkatkan sirkulasi darah yang akan memperkuat jantung.

Me time

Jalan Kaki
Sumber: pexels.com

Rutinitas kamu sehari-hari kadang akan membuat bosan dan jenuh. Mulai dari bangun pagi, berangkat ke kampus ataupun tempat kerja, kembali lagi kerumah dan berulang seperti itu. Tingkat depresi juga semakin meningkat dengan tingginya tekanan pekerjaan di kantor.

Mulai sekarang coba deh untuk memilih jalan kaki dari pada menggunakan kendaraanmu. Dimulai dengan berjalan kaki ke mini market dekat rumahmu, jalan kaki ke warung saat makan siang dari kantor, ataupun berjalan kaki sepulang kerja. Ada kalanya kita memerlukan waktu sendiri dan memikirkan banyak hal tentang diri kita tanpa gangguan orang lain. Dengan jalan kaki tubuh akan menghasilkan endorfin yang menyebabkan mood kamu kembali baik dan mengurangi rasa cemas yang kamu rasakan hari itu.

Hemat

terasa lebih hemat pic
Sumber: pexels.com

Walaupun akan terasa sulit untuk memulai sesuatu, tapi coba paksakan dirimu untuk jalan kaki. Usahakan kamu jalan kaki minimal 7km dalam seminggu. Buat jadwal hari saat kamu harus naik kendaraan umum untuk berangkat ke tempat kerja, dan pulang dengan berjalan kaki. Memperhitungkan alasan kamu akan capek dan berkeringat setelah berjalan kaki, maka yang Miignon sarankan adalah berjalan kaki saat pulang bukannya saat berangkat.

Hitunglah pengeluaran kamu untuk beli BBM kendaraan sebelum dan setelah ada jadwal rutin untuk jalan kaki. Dijamin bakal lebih hemat lho girls. Selain kamu mendadapatkan manfaat kesehatan, kamu juga bisa menggunakan uang sisa anggaran BBM kamu untuk hal penting lainnya. Memang ada sejuta alasan yang menyebabkan kamu malas berjalan kaki. Tapi semua kembali lagi bagaimana cara kita menyikapi kendala tersebut.

Banyak komunitas pejalan kaki yang semakin menunjukkan eksistensi lho akhir-akhir ini. Bergabung dengan komunitas tersebut sepertinya merupakan ide yang baik. Selain kamu akan lebih termotivasi dan mendapat banyak teman dengan tujuan yang sama, kamu juga akan merasakan dampak positif dari lingkungan baru tersebut.

Related Articles