Ini 5 Jenis Jerawat yang Bisa Muncul di Wajah

Jan 08, 2018 by Dira L

Sebal enggak sih kalau harus berurusan dengan yang namanya jerawat. Mulai dari masa puber sampai sudah kerja, kamu masih saja berurusan sama gangguan wajah ini. Tapi kamu sendiri tahu tidak kalau jenis jerawat ada bermacam-macam. Kalau kamu cuma tau ‘jerawat batu’, aduh berarti kamu kurang informasi banget. Yuk, kenali jenis-jenis jerawat supaya kamu juga bisa tentukan treatment apa yang cocok untuk wajah kamu.

Baca lebih lanjut : 3 Masalah Kulit Yang Biasa Membuat Kita Stress

Mengenal Jenis Jerawat

Whiteheads dan Blackheads (Komedo)

komedo img
Photo by Rodolfo Sanches Carvalho on Unsplash

Jenis jerawat yang paling familiar di telinga kamu sudah pasti komedo. Komedo adalah jenis jerawat dasar yang muncul saat minyak dan sel-sel kulit mati bercampur dan menyumbat pori-pori. Pori-pori yang tersummbar ini kemudian teroksidasi dan berubah warna menjadi kehitaman yang biasa disebut dengan blackhead. Kamu pasti tahu kan bentuknya? Benjolan sangat kecil berwarna hitam yang suka muncul di hidung. Pokoknya sangat mengganggu penampilan.  

Nah, blackheads memang kelihatan di wajah. Lain lagi dengan whiteheads, kombinasi sel kulit mati dan sebum yang menumpuk di bawah pori-pori yang tertutup. Whiteheads memang tidak terlihat oleh mata. Tapi kalau kamu memakai pore pack, pasti banyak whiteheads akan ikut tercabut.

Baca lebih lanjut : 7 Langkah Efektif untuk Menghilangkan Blackheads & Whiteheads

Papules

jenis jerawat
Photo by Edie Kopp on Unsplash

Pernah enggak kalian bangun tidur, lalu mendapati benjolan kecil kemerahan di wajah? Inilah jenis jerawat yang meradang dan lebih besar dari komedo bernama papules. Ukuran papules bervariasi dari yang kecil hingga besar hingga 1 cm. Wajah yang kotor dan penuh bakteri biasanya akan membentuk jerawat papules. Kalau kamu memegang jerawat ini atau berusaha memencetnya, maka akan menyebabkan bekas jerawat yang sulit hilang.

Pustules

jenis jerawat
Photo by Yuvraj Singh on Unsplash

Pustules adalah papules yang meradang, terinfeksi, dan berisi nanah. Benjolan ini sudah tidak merah lagi, melainkan berwarna putih karena ada nanah di dalamnya. Nah, jenis jerawat ini juga tidak boleh kamu sentuh, ya! Tentu saja karena jika jerawat pecah, maka luka yang disebabkan oleh pustula ini akan sangat dalam dan lebih susah lagi untuk dihilangkan. Alhasil wajah kamu akan banyak luka bopeng.

Nodules

jenis jerawat nodules pic
Photo by Milan Surbatovic on Unsplash

Oke, kali ini Miignon bahas jerawat yang lebih serius. Komedo yang meradang dan keras akan menyebabkan Nodul. Jenis jerawat ini merupakan pembengkakan bersakla besar di bawah permukaan kulit dan sangat menyakitkan. Pori-pori tersumbat yang terinfeksi bakteri inilah yang membuat nodul muncul. Nodul ini sulit hilang karena peradangan yang parah. Tak hanya merah, bahkan wajah bisa menggelap karena jerawat ini.

Jerawat Batu (Cystic Lesions)

jenis jerawat
Photo by Courtney Clayton on Unsplash

Kalau ini pasti kamu sudah sering dengan, ya. Jerawat batu adalah jerawat besar seperti nodul dan berisi cairan atau nanah. Jenis jerawat ini sangat menyakitkan bahkan jika disentuh sedikit saja. Jerawat batu ini yang paling menyebalkan karena sangat menonjol ke permukaan kulit dan mengganggu penampilan. Dan jenis jerawat ini meninggalkan bekas jerawat yang benar-benar sulit untuk hilang. Jika kamu tak rutin melakukan perawatan, jangan harap bekasnya akan hilang dari wajah.

Baca lebih lanjut : Ketahui Tentang Cara Penyembuhan Cystic Acne, Jerawat Bandel Yang Menyakitkan

Related Articles