Haters Memang Akan Selalu Ada dalam Hidup Kita, But The Show Must Go On!

Jun 18, 2018 by carmelw

Selain sebagai individu, kita sebagai manusia juga terlahir sebagai mahluk sosial, yang tentu saja dalam kehidupan sehari-harinya akan bertemu dan berhadapan dengan banyak orang. Dari sekian banyak orang yang dijumpai selama ini, bisa jadi ada satu beberapa orang yang mungkin tidak menyukai, bahkan juga membenci kita, baik secara pribadi maupun kelompok. Dengan berbagai alasan yang hanya diketahui mereka sendiri. Orang-orang seperti itu yang kemudian dikenal dengan sebutan haters.

Alih-alih menutup telinga dan mata rapat-rapat, umumnya para haters ini malah mencari berbagai informasi terkait orang yang tidak disukainya, tentu saja untuk menyalahkan dan mengeluarkan pendapat negatif tentang orang tersebut. Ironisnya, jaman sekarang para haters yang muncul entah karena terbawa arus informasi, seperti popularitas artis, isyu politik, dan lain sebagainya, bahkan bisa membenci orang-orang yang tidak dikenalnya secara pribadi.

Apakah di antara kamu ada yang memiliki haters? Meski sebenarnya kamu mungkin tidak akan pernah bisa menyenangkan dan menggembirakan hati semua orang. Namun, beberapa tips di bawah ini bisa dijadikan cara untuk mengatasi dan menangkal para haters jaman sekarang. Dilansir dari lifehack.com, berikut ini pembahasannya. Check it out, Girls.

Hapus semua komentar negatif

haters
Sumber: pexels.com

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, era media sosial ini semakin banyak orang-orang yang bersembunyi di balik layar untuk melontarkan ejekan dan ocehan buruk yang mengarah pada perilaku bullying, baik kepada orang yang dikenalnya atau bahkan sama sekali tidak dikenal. Faktanya, sebagian besar komentar negatif ini berasal dari kecemburuan orang tersebut muncul justru akibat dari ketidakpuasan pada kehidupannya sendiri, yang kemudian dilampiaskan dengan menggunakan media sosial.

Jadi, pada intinya, tidak perlu terlalu mengambil hati dengan orang-orang seperti itu. Hapus saja komentar negatif yang ada di halaman pribadi media sosial yang kamu gunakan. Kalau perilaku itu tidak membuat mereka jera, akhiri saja pertemanan dan blokir orang tersebut demi kenyamanan hidup selanjutnya. Tidak ada toleransi bagi pengganggu di media sosial, yang hanya memanfaatkanmu demi memuaskan nafsu kecemburuannya sendiri.

Baca Juga: Cara Menghadapi Teman Yang Gak Suka Dengan Pacarmu

Hadapilah masalah tanpa emosi

haters
Sumber: pexels.com

Ada kalanya menghindari atau menghapus komentar negatif yang ditujukan kepadamu tak semudah membalikkan telapak tangan. Sebab, bagaimanapun juga itu tidak akan mengubah pandangan dan niatan mereka untuk terus menghujanimu dengan komentar kasarnya.

Jika memang perlu, pilihan terbaik adalah mengajak mereka berbicara tentang apa yang sebenarnya terjadi. Namun, ingat jangan mendekati mereka pada saat dirimu masih terbawa emosi yang akhirnya menimbulkan pertengkaran dan masalah baru lagi. Cobalah berbicara dengan empati dan kebaikan, meski itu susah untuk dilakukan. Tips ini tentu saja hanya bisa dilakukan jika hatersmu adalah orang yang kamu kenal, misalnya rekan kerja yang selalu mencari celah kesalahanmu saat kerja.

Mengambil waktu untuk menganalisa masalah

haters tidak baik img
Sumber: pexels.com

Pada dasarnya, haters muncul karena perasaan yang mereka buat sendiri. Jadi, sebisa mungkin cobalah untuk tidak tersinggung meski itu tidak mudah untuk dilakukan. Jika memungkinkan, luangkan waktu sejenak untuk menganalisa penyebab ketidaksukaan mereka terhadap dirimu.

Kalau hal tersebut dapat kamu pahami, bisa jadi mungkin akan meringankan perasaanmu saat menghadapi tindakan negatif mereka. Atau bisa jadi sebagai bahan instropeksi diri sendiri agar lebih bisa membawa diri di hadapan orang lain. Yang jelas, selalu berusahalah untuk tidak membalas komentar negatif dengan sikap negatif. Balaslah dengan kata-kata yang mengandung kebaikan dan memiliki pengaruh positif bagi kedua belah pihak.

Fokus pada hubungan yang positif

haters dalam hidup img
Sumber: pexels.com

Seperti yang telah disampaikan di awal. Kamu tidak akan mungkin dapat membuat semua orang bahagia. Akan selalu ada orang yang akan cemburu dan berprasangka negatif terhadapmu. So, daripada fokus pada keinginan untuk mengubah pandangan orang-orang tersebut kepadamu, sebaiknya fokuskan waktu dan energimu untuk menciptakan hubungan yang positif. Kenyataannya, masih banyak orang lain di sekitarmu yang lebih baik dan penuh kasih dibandingkan dengan mereka. Orang-orang seperti inilah yang tahu bagaimana memperlakukan orang seperti mereka juga ingin diperlakukan.

Baca Juga: Tanpa Disadari, 5 Hal Inilah Yang Membuat Kamu Terlalu Lama Sendiri

So, haters gonna hate, jadi bergaulah dengan orang yang bisa bersinergi positif denganmu, alih-alih dengan mereka yang hanya diliputi dengan perasaan negatif dari satu orang ke yang lainnya. Setuju?

 

Related Articles