10 Hacks Untuk Rambut Keriting Yang Bakal Mengubah Hidupmu

Mar 08, 2018 by Alifah Puarada

Punya rambut keriting emang butuh perhatian ekstra. Gimana caranya men-define keritingmu, cara mencegahnya kering dan mencegah ujung yang kering. Berikut adalah hacks untuk rambut keriting kamu yang pastinya bisa banget kamu ikuti.

10 Tips Menata Rambut Keriting

 

#1 Gunakan Sisir Yang Benar

Gunakan jari atau sisir bergigi lebar, bukan sisir berbentuk sikat untuk mencegah kerusakan dan mempertahankan bentuk rambut keriting.

sisir rambut pic
Source : www.cosmopolitan.com

#2 Sisir Dari Bawah

Saat menyisir rambut, mulailah dari bawah lalu berangsur-angsur bergerak ke akar, bukan mulai dari akar ke bawah. Kamu akan lebih mudah menyisirnya.

#3 Deep Conditioning

Sebelum keramas, pakailah deep contitioner pada rambut, lalu tutup dengan menggunakan shower cap. Lalu mandi dulu sebelum keramas. Ini akan membantumu mengunci kelembaban.

#4 Cleansing Conditioner

Campur sedikit shampoo bebas sulfat dengan conditioner (banyak) untuk membuat cleansing conditioner-mu sendiri. Ini akan membuat rambutmu sangat lembut dan melembabkan rambutmu secara maksimal. Oleskan campuran tersebut ke rambut dan fokuskan pada bagian akar (karena bagian ini lebih lunak). Bilas sampai bersih setelah beberapa menit. Ini akan membersihkan rambut tanpa melucuti semua minyak alami rambut yang biasanya terjadi dengan shampoo biasa sehingga menyebabkan rambut kering dan rapuh.

#5 Co-Washing

Jika kamu punya rambut yang ekstra kering, skip shampoo dan cobalah “co- washing” atau cuci rambutmu dengan conditioner sekali seminggu atau sesering mungkin seperlunya. Ini akan kamu butuhkan untuk membuat rambut lembut dan lembab. Jika rambutmu tidak memiliki minyak alami (kelembaban alami), kamu nggak perlu shampoo.

#6 Leave In Conditioner

Daripada menyisir rambutmu setelah kering, pakailah conditioner dan sisir rambutmu saat masih keramas. Menyisir rambut setelah kering akan merusak tekstur keritingmu dan menyebabkan rambut kering.

Dan jangan membilas semua conditioner saat mencuci rambut. Nggak apa-apa kok meninggakan sisa-sisa conditioner di rambut. Ujung rambut keritingmu akan mendapatkan kelembaban ekstra dari sini.

Campurakan Leave In Conditioner dengan gel atau cream untuk melembabkan rambut dan menjaga tekstur rambut. Gunakan pada rambut setengah kering lalu biarkan kering sebelum menatanya seperti biasa.

Untuk mengembalikan tekstur rambut keritingmu dalam keadaan darurat, semprotkan campuran air dan leave in conditioner (1:1) pada rambut lalu style seperti biasa. Ini bisa kamu lakukan pada hari-hari saat kamu nggak keramas.

 

#7 Keringkan Rambut dengan T-Shirt

Setelah keramas, keringkan rambutmu dengan menggunakan T-shirt atau kain bali daripada menggunakan handuk untuk mencegah rambut kusut dan kering. Handuk akan menyerap lebih banyak air dan kelembaban rambut yang menyebabkan frizz. T-shirt hanya akan menyerap air, makanya rambutmu akan tetap lembab dan smooth.

#8 Pineapple Bun

Sementara menunggu rambutmu kering, coba teknik Pineapple Bun ini. Ini akan menjaga tekstur rambut dan mencegah frizz.

menata rambut keriting img
Source : www.goodhousekeeping.com

#9 Oils

Usapkan minyak kelapa ke seluruh bagian rambut sebagai deep conditioner sebelum keramas. Jika kamu punya rambut yang sangat kering, kamu bisa menggunakan minyak kelapa pada bagian ujung rambut saat styling untuk mendapatkan extra shine.

Untuk mencegah pecahnya tekstur rambut, oleskan ujung rambut dengan minyak rambut setelah menggunakan produk styling-mu.

#10 Sarung Bantal Satin atau Silk

Beralihlah ke sarung bantal berbahan satin atau silk, bukan bahan cotton untuk mencegah rambut kusut dan kering di pagi hari. Rambutmu akan tetap halus dan lembut ketika menggunakan sarung bantal berbahan satin atau silk karena tidak ada gesekan antara rambut dan sarung bantalmu saat tidur. Tips lagi nih, gunakan Pineapple Bun untuk menjaga tekstur rambut keritingmu.

Untuk membuatnya semakin tahan lama, pisahkan rambut dalam beberapa bagian dan kuncir sebelum tidur. Ini akan memberikanmu tekstur keriting yang indah pada saat bangun tidur.

Related Articles