Faktanya, Suka Jajan Bikin Boros. Yuk Terapkan 5 Tips Menghemat Uang Makan Ini

Jan 06, 2018 by carmelw

Salah satu cara untuk mengatur perencanaan keuangan adalah dengan menerapkan pola hidup hemat. Banyak orang seringkali merasa terpaksa melakukan penghematan karena dianggap ada hal-hal yang harus dibatasi dalam hidupnya. Padahal, penghematan bisa diubah menjadi sebuah pola hidup yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya dengan menekan biaya dan anggaran untuk makan.

Makan sebagai salah satu sumber energi manusia memang tidak bisa dilepaskan dari kebutuhan sehari hari. Tanpa makan, manusia tidak akan bisa menjalankan aktivitasnya dengan baik. Karena itu nggak heran anggaran yang dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan makan seringkali menjadi sangat besar.

Untuk menyiasatinya, berikut ini beberapa tips menghemat uang makan yang bisa kamu terapkan. Tips ini akan membantumu mengatur pengeluaran dan mengelola menu makanan yang baik.

5 Tips Menghemat Uang Makan

Tips menghemat uang makan #1: Mengurangi jajan di luar

Sadar nggak Girls,  hobi jajan atau makan di luar itu kalau dihitung-hitung ternyata menghabiskan banyak sekali uang, lho. Jika dibandingkan dengan masak sendiri, tentu jauh lebih hemat.

Banyak orang yang minder duluan saat mendengar kata ‘masak sendiri’. Percayalah, nggak ada orang yang nggak bisa memasak kok. Pikirkan berapa banyak uang yang bisa kita hemat dengan memasak sendiri? Bonusnya, jauh lebih sehat pula karena kita sendiri yang mengontrol proses memasaknya.

Selain itu kegiatan masak-memasak makanan sendiri akan menjadi tantangan dan kesenangan tersendiri, terutama saat kita harus membuat perencanaan menu makanan dan anggaran dalam sebulan.

Baca Juga: 3 Bahayanya Kalau Kamu Sering Jajan dan Makan di Luar!

Tips menghemat uang makan #2: Buat daftar menu dan rencana anggaran bulanan

Perencanaan menu makanan selain sangat membantu dalam menentukan anggaran, juga membuat kita kreatif dalam menyusun aneka variasi menu agar tidak membosankan.

Mulailah untuk membuat daftar menu sekaligus anggaran berbagai kebutuhan untuk makan selama sebulan. Buatlah daftar belanjaan dan pertimbangkan untuk memprioritaskan kebutuhan pokok seperti beras, minyak, dan lain sebagainya. Selanjutnya, tambahkan dalam daftar tersebut aneka bahan lainnya tergantung menu apa yang direncanakan untuk diolah.  

Membuat daftar belanjaan juga membuat kita lebih fokus saat berbelanja sehingga meminimalisir keinginan untuk membeli barang lain yang tidak sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: Resolusi 2018: 5 Cara Mencapai Financial Goal-mu Tahun Ini

Tips menghemat uang makan #3: Belanja di pasar tradisional

Belakangan ini menjamurnya pasar modern memang sangat berpeluang memberikan kemudahan bagi kita untuk berbelanja berbagai kebutuhan, termasuk bahan makanan. Padahal, harga yang ditawarkan di pasar modern tentu saja jauh lebih mahal dibandingkan jika di pasar tradisional.

Jika memang berniat untuk melakukan penghematan, belanjalah di pasar tradisional yang hingga saat ini harga-harga yang ditawarkan biasanya lebih terjangkau dibandingkan dengan pasar modern. Selain lebih hemat, kamu juga akan mendapatkan barang-barang yang lebih baru dan segar sehingga kualitasnya lebih terjamin.

Tips menghemat uang makan #4: Menyimpan bahan makanan dengan teknik pembekuan

Setelah berbelanja berbagai kebutuhan makanan, simpanlah bahan mentah seperti daging, ayam, ikan, atau pun bahan lainnya dalam satu porsi masak, lalu bekukan dalam freezer.

Selain dapat membantu dalam pengolahan saat memasak, menyimpan dengan teknik seperti ini memudahkan kita untuk mengetahui stok  bahan yang ada, sehingga semua bahan tidak terbuang dan dapat diolah sesuai dengan daftar menu yang telah dibuat sebelumnya.

Tips tentang membekukan makanan agar lebih awet lainnya, bisa dilihat di video berikut ini:

Tips menghemat uang makan #5: Masak dengan porsi yang pas

Banyak orang beranggapan, masak sedikit atau banyak akan mengeluarkan tenaga yang sama. Karenanya, beberapa di antara mereka cenderung memilih memasak dengan porsi yang banyak. Sayangnya, karena nggak sanggup menghabiskan, kemudian sisanya dibuang karena tidak habis.

Sayang banget kalau membuang-buang makanan sementara banyak orang yang masih belum bisa makan dengan cukup di luaran sana. Solusinya masaklah dengan porsi yang pas. Jika memang ada lebihnya, simpan dengan baik untuk dapat dikonsumsi lagi di jam makan berikutnya. 

Kalau kamu memang punya waktu luang di awal minggu, masaklah dengan metode meal prep yang dikemas per porsi dan disimpan di kulkas untuk periode makan selama seminggu. Saat tiba jam makan, makananmu tinggal dipanaskan sesuai porsinya. Jadi, makanan bisa lebih awet karena tidak terkontaminasi udara karena wadah yang dibuka tutup. Sekaligus kamu bisa memperkirakan takaran porsi yang pas untuk ukuran sekali makan.

Mengubah pola hidup menjadi lebih hemat memang tidak mudah. Tetapi jika kita mulai melakukannya dari sekarang, banyak uang yang dapat dihemat dan bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya. Bagaimana, tertarik nggak menerapkan tips menghemat uang makan di atas? Yuk dicoba.

Baca Juga:

Related Articles