Faktanya, Pakai Flat Shoes Itu Nggak Seaman dan Sesehat Yang Kamu Kira

Aug 09, 2018 by carmelw

Selama ini banyak orang beranggapan bahwa terlalu sering memakai high heels akan menimbulkan banyak risiko kesehatan terutama pada kaki. Nggak heran jika kemudian mereka lebih memilih flat shoes yang dirasa lebih aman dan nyaman untuk dikenakan di samping tidak membuat kaki terasa pegal dan capek seperti saat memakai high heels. Benarkah demikian?

Nyatanya, beberapa fakta menyebutkan bahwa terlalu sering memakai flat shoes atau flat sandals juga dapat memiliki dampak dan risiko pada kesehatan, yang mungkin selama ini tidak banyak orang ketahui, seperti:

Nyeri pada tumit

Sebuah cerita menyebutkan bahwa ada seorang wanita dari Inggris yang sedang berlibur bersama keluarganya terpaksa harus dibawa ke Ruang Gawat Darurat sebuah rumah sakit karena mengalami rasa sakit luar biasa pada kakinya. Hasil temuan para dokter menyebutkan bahwa flat shoes yang dipakainya tidak dapat mendukung tubuhnya dan menyebabkan terjadinya plantar fasciitis atau nyeri tumit.

Plantar fasciitis adalah kondisi di mana kaki mengalami peradangan pada jaringan yang menghubungkan tumit dengan jari kaki yang disebut dengan plantar fascia. Fascia sendiri sebenarnya berfungsi sebagai peredam getaran, penyangga telapak kaki, dan membantu seseorang untuk berjalan.

Terlalu sering memakai alas kaki datar akan menyebabkan terjadinya banyak tekanan pada kaki yang akan menimbulkan cedera atau robek pada jaringan tersebut, sehingga kemudian memicu peradangan, bengkak dan nyeri pada tumit. Karena itu, pastikan flat shoes yang kamu pakai memiliki bantalan yang empuk dan hindari sepatu sepatu super datar dengan sol tipis

Tendon sobek

Jika kamu merasakan sakit di bawah kaki saat memakai flat shoes, segeralah berkonsultasi ke dokter. Karena, terlalu lama membiarkan plantar fasciitis tanpa ditangani akan menyebabkan tendon di bawah kaki sobek dan mengakibatkan cedera yang dapat melumpuhkan kaki. Oleh sebab itu, berinvestasilah pada flat shoes yang berkualitas dan sebisa mungkin jangan terlalu sering membeli flat shoes murah yang tidak dapat menyangga kaki dan tubuh dengan benar.

Baca Juga: Bagaimana Cara Memilih Sepatu Olahraga Yang Tepat?

Ingrown toenails

Terlalu sering memakai sepatu atau sandal beralas datar yang tidak pas di kaki atau terlalu sempit juga dapat menyebabkan beberapa masalah besar, terutama pada mereka yang memiliki kuku kaki yang panjang. Salah satunya adalah risiko terkena ingrown toenails atau kondisi di mana ujung kaki yang menekan daging yang sering disebut “cantengan”.

Awalnya, ingrown toenails ini mungkin tidak terlalu terasa, karena hanya menimbulkan rasa sakit pada ujung kaki yang disebabkan adanya tekanan tersebut. Namun, jika dipaksa untuk memakai sepatu yang sama, lama kelamaan kondisi kuku semakin melengkung dan menyebabkan infeksi internal yang dapat menyebar ke tulang, dan untuk mengatasinya hanya dapat dilakukan dengan jalan dioperasi. Serem banget ya?

Karenanya, jangan membeli flat shoes dengan ukuran yang sempit dan pastikan jari-jari kaki memiliki ruang untuk bernapas serta bergerak bebas agar terhindar dari ingrown toenails saat memakainya.

Sakit punggung

Tidak hanya menimbulkan rasa sakit pada area sekitar tumit, mengenakan flat shoes dalam jangka waktu panjang, akan membuat pembuluh darah dan sendi bagian kaki menanggung beban tiga kali lebih banyak yang dapat menyebabkan terjadinya kram, nyeri otot, cedera pada lutut, tulang pinggul, dan bahkan hingga ke tulang punggung. Solusinya, jika flat shoes terlalu tipis, berikan bantalan tambahan pada sol bagian dalam untuk menambah kenyamanan saat beraktivitas.

Selain berisiko pada kesehatan, terlalu sering memakai flat shoes akan membuat berat tubuh terlalu menumpu pada tumit sehingga menyebabkan terjadinya gesekan yang membuat tumit kaki menebal dan menjadi pecah-pecah saat kondisinya kering. Untuk mencegahnya, oleskan pelembab sebelum memakai sepatu atau sandal dan sebisa mungkin pakailah alas kaki dengan tumit yang tebal demi kesehatanmu di masa mendatang.

Related Articles