Duh, Aku Salah Jurusan Kuliah. Harus Gimana Ya?

Sep 22, 2017 by carmelw

Salah Jurusan Kuliah! Gimana Dong?

Bagi sebagian orang, menyandang gelar mahasiswa adalah hal yang membanggakan. Bagaimana tidak, di jenjang teratas dalam dunia pendidikan ini seseorang diharapkan akan menemukan jalan yang sesuai dalam jalur karir mereka selanjutnya.  Sayangnya, diantara banyak orang itu, ada sebagian dari mereka yang akhirnya menyadari bahwa meneruskan pendidikan ke universitas itu nggak sesuai dengan kata hatinya. Istilahnya, kamu salah jurusan. Akibatnya, hari-hari yang dijalani bagaikan mimpi buruk yang akan menguras tenaga dan emosi sepanjang waktu.

Apakah kamu pernah dan sedang mengalami salah jurusan, Girls? Nggak perlu panik, berikut ini ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk dapat memotivasi diri secara positif dan mengubah hari-harimu lebih menyenangkan.

Hadapi kenyataan kalo jaman sekarang mencari pekerjaan untuk generasi milenial itu nggak mudah

salah jurusan
Sumber: pexels.com

Saat sedang terjebak dalam suatu keadaan yang nggak menyenangkan seperti salah jurusan kuliah, alangkah lebih baik jika kita mencoba untuk berpikir lebih realistis, dan melihat segala sesuatunya dalam sudut pandang yang lebih luas. Memang sih, nggak ada jaminan kalau orang harus kuliah untuk mendapatkan kesuksesan. Masalahnya, untuk mencapai kesuksesan orang harus bekerja. Dan kenyataannya, nggak semua orang punya kemampuan untuk menciptakan usaha sendiri.

Meskipun bukan faktor utama, tetapi harus disadari bahwa saat ini perusahaan banyak yang mencari karyawan dengan jenjang pendidikan setingkat universitas, dan merujuk pada IPK yang diperoleh selama perkuliahan. Hal ini dilakukan untuk mengukur kemampuan apakah pencari kerja memiliki kemampuan di bidang yang mereka butuhkan. Itu artinya, mau nggak mau kita harus menghadapi kenyataan kalau jaman sekarang mencari pekerjaan untuk generasi milenial semakin tidak mudah, seiring dengan semakin tingginya tuntutan yang diajukan perusahaan jaman sekarang.

Lakukan hal lain yang sesuai passionmu di waktu senggang

lakukan passion meski salah jurusan pic
Sumber: pexels.com

Jika selama ini kamu merasa apa yang kamu jalani selama kuliah adalah hal yang sia-sia belaka, maka hentikan pemikiran itu. Manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk melakukan hal yang lebih bermanfaat dan sesuai dengan passionmu.  Nggak perlu terus-terusan menyesal dan berlarut-larut dalam kondisi kemurungan karena salah jurusan tersebut. Lebih baik berpikir untuk melakukan hal kreatif terutama di waktu senggang agar dapat memacu semangatmu.

Buat kamu yang punya passion di bidang fotografi. Nggak ada salahnya di sela-sela waktu jam kosong perkuliahan, kamu bisa mengisi waktumu untuk memotret berbagai macam objek di kampus, dan kemudian menjadikannya portofoliomu yang mungkin saja akan berguna kelak di masa depan.

Temukan teman-teman dengan passion yang sama di kampus

temukan passion bersama teman kampus img
Sumber: pexels.com

Keanekaragaman karakter orang akan lebih kita alami saat duduk di bangku kuliah, ketimbang saat bersekolah. Ada yang gaya hidupnya mengarah pada sikap hidup hedonis, agamis, sosialis, dan lain sebagainya. Untuk itu penting sekali bagi kita untuk menemukan teman-teman yang memiliki passion yang sama di kampus, yang akan mengarahkan kita pada tindakan dan pemikiran yang positif. Apalagi, jika kita bisa bergabung dengan komunitas-komunitas yang akan mengembangkan diri kita ke arah yang lebih yang akan memotivasi untuk menjalani dunia perkuliahan. Perlahan-lahan, meski merasa tak nyaman dan salah jurusan kuliah, setidaknya kamu bisa menyalurkan energimu ke hal positif lainnya.

Salah jurusan bukan artinya berhenti, kamu bisa mengembangkan kemampuan enterpreneur

salah jurusan
Sumber: pexels.com

Enterpreneurship perlu digali dalam diri setiap individu, sebab setiap orang memiliki kemampuan dan potensi diri yang berbeda-beda. Karena itu, penting bagi kita untuk mulai mengenali bakat apa yang ada di dalam diri. Termasuk minat dan hobi yang dapat dikembangkan sebagai peluang dalam kegiatan wirausaha. Kemampuan enterpreneur memang perlu diasah dan dikembangkan secara mendalam karena berkaitan dengan ilmu dan kemampuan yang kita miliki.

So, buat kamu yang masih terjebak dengan permasalahan kuliah yang nggak sesuai dengan hatimu, ketimbang berdiam dalam satu titik yang tidak akan menghasilkan sesuatu yang positif, lebih baik mulai untuk belajar dan menggali ide kreatif serta kemampuan diri untuk mempersiapkan masa depanmu.

 

Related Articles