Disebut Sebagai Super Food, Sehebat Apa Madu Manuka Untuk Kesehatan?

Jul 05, 2018 by carmelw

Madu adalah satu bahan alami yang seringkali digunakan untuk berbagai keperluan yang berhubungan dengan kesehatan dan kecantikan. Tahukah kamu jika di dunia ini terdapat banyak sekali jenis madu yang semuanya memiliki manfaat yang berbeda-beda sesuai dengan jenis dan khasiatnya masing-masing? Dan di antara aneka jenis madu yang ada, salah satu yang sedang populer belakangan ini adalah madu manuka yang berasal dari Selandia Baru.

Madu manuka merupakan salah satu jenis madu yang dihasilkan oleh koloni lebah madu yang tinggal di semak Manuka. Tanaman ini tumbuh dan tersebar di Selandia Baru dan Australia bagian tenggara. Jenis madu yang satu ini rupanya sudah sangat sering digunakan untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan terutama yang berhubungan dengan sifat antibakterinya yang mampu mengatasi berbagai infeksi terutama yang berhubungan dengan bakteri Staph. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa madu ini juga bermanfaat untuk mengobati masalah kulit dan komplikasi dari penyakit diabetes.

Madu yang telah menerima persetujuan dari US Federal Drug Administration di tahun 2007 ini juga populer sebagai makanan organik di dunia kesehatan. Berbeda dengan jenis madu lain yang mendapatkan manfaat kesehatannya dari hidrogen peroksida, madu manuka mendapatkan sifat antibiotiknya dari UMF atau Unique Manuka Faktor yang merupakan konsentrasi dari antioksidan fenol unik yang secara langsung menghambat pertumbuhan bakteri dan mempercepat proses penyembuhan.

UMF sendiri mengandung 3 komponen alami yakni leptisperin yang merupakan nektar dari semak manuka, DHA yang sejenis dengan asam lemak omega-3 dan methylglyoxal yang merupakan komponen antibakteri. Semakin tinggi jumlah UMF, semakin kuat pula sifat antibakterinya yang membuat madu ini sangat efektif untuk mengobati luka seperti luka bakar dan berbagai masalah kulit lain yang rentan terhadap infeksi serius. Bahkan, jenis madu manuka yang memiliki kandungan UMF lebih dari 12 sebenarnya dapat dianggap sebagai salah satu cara pengobatan medis yang penggunaannya dengan cara ditambahkan ke perban untuk mengobati luka.

Manfaat madu manuka

madu manuka
Sumber: shutterstock.com

Jika dibandingkan dengan madu biasa yang umumnya berwarna coklat bening dan kental, madu manuka memiliki warna yang lebih gelap, keruh, dan teksturnya lebih kental sehingga cenderung mirip dengan karamel. Dengan kandungan kadar airnya yang sangat rendah, madu yang memiliki aroma buah-buahan segar ini akan menyerap dan menarik semua cairan luka dengan sifatnya yang dapat menyerap kelembapan. Sehingga, banyak penelitian yang menyebutkan bahwa madu ini telah terbukti mampu melindungi tubuh dari infeksi, mengembalikan pH alami kulit serta  mengangkat jaringan mati saat digunakan sebagai obat topikal.

Selain itu, madu manuka juga dipercaya efektif untuk menyembuhkan berbagai penyakit lainnya seperti sakit perut dan pencernaan dengan kandungan anti radang dan prebiotiknya, serta obat radang tenggorokan, flu, jerawat, dan sinusitis dengan kandungan antibiotiknya.

Baca Juga: Nggak Harus Perawatan Mahal, Madu Aja Udah Bikin Cantikmu Maksimal

Madu manuka sebagai makanan organik

madu manuka
Sumber: shutterstock.com

Madu manuka juga memiliki kandungan gula yang sama dengan madu jenis lainnya, meski dalam beberapa laporan menunjukkan madu maduka memiliki indeks glikemik yang sedikit lebih rendah. Namun, secara keseluruhan madu yang belakangan digunakan sebagai salah satu makanan organik di bidang kesehatan ini dapat dikonsumsi seperti madu biasa yakni dengan cara ditambahkan pada minuman seperti teh, dioles pada roti panggang, dituang pada pancake, dan masih banyak lagi cara lainnya.

Hanya saja, berbeda dengan madu lainnya, madu manuka tidak akan cair pada suhu kamar karena tingkat konsistensinya yang cukup tinggi dan dapat dijumpai dalam berbagai bentuk seperti kapsul hingga pasta gigi.

Dengan aneka manfaatnya, madu yang dapat dibeli dengan harga kisaran Rp150.000 ini sekarang dapat diperoleh di berbagai lokasi di seluruh dunia. Hanya saja, sebelum membelinya pastikan bahwa produk tersebut memang benar-benar asli dan memiliki sertifikat lembaga Unique Manuka Factor Honey Association. Tertarik mencobanya?

Baca Juga: 10 Cara Mudah Menurunkan Kadar Kolestrol Dalam Tubuh Melalui Makanan

Related Articles