Dilema Belanja Sepatu Online: Hasrat Ingin Memiliki Tapi Takut Dikelabui

May 08, 2017 by carmelw

Zaman sekarang, siapa sih generasi millenial yang nggak pernah membeli barang secara online. Memang, berbelanja online itu sangat memudahkan. Maka nggak heran kalau belanja online sangat ngetren sejak lima tahun lalu. Hal itu ditandai dengan semakin maraknya kemunculan toko-toko online yang menawarkan beragam produk, tidak hanya lokal saja namun produk dari luar juga ikut terpampang.

Produk fashion adalah salah produk yang  paling banyak dibeli secara online, baik itu baju, tas, aksesoris, dan tidak ketinggalan pula sepatu.  Sepatu adalah salah satu jenis fashion yang juga banyak dibeli secara online. Gambar sepatu yang dibuat sangat menarik juga kadang membuat wanita lupa diri dan langsung membelinya tanpa memikirkannya terlebih dahulu, apalagi jika sudah diberi embel-embel diskon atau potongan harga.  

Padahal, membeli sepatu online membutuhkan kecermatan, apakah  sepatu yang dipesan sesuai dan nyaman saat dipakai nantinya. Jangan sampai karena kurang teliti, sepatu yang kita pesan hanya menumpuk di lemari dan tidak terpakai. Untuk menghindari hal itu, maka sebaiknya sebelum membeli sepatu secara online, perhatikan baik-baik beberapa tips berikut ini.

Tips Membeli Sepatu Online

Kenali bentuk kakimu

kenali bentuk kaki pic
Sumber: ladycarehealth.com

Memakai sepatu memang membuatmu tampak menawan, serta fashionable. Tetapi memakai sepatu yang nyaman itu adalah hal yang terpenting. Besarnya ukuran kaki serta bentuknya, mempengaruhi dalam menentukan jenis sepatu apa yang akan kamu beli. Bila kakimu masuk kedalam kelompok pendek serta kurus, sebaiknya kamu memilih sepatu dengan tumit sekitar 5 cm, atau jika kakimu lebar sebaiknya hindari memilih sepatu dengan bentuk lancip.

Baca baik-baik gambaran produk

gambaran produk saat beli sepatu online img
Sumber: pinterest.com

Membaca tentang gambaran produk yang akan kamu beli secara online itu penting sekali. Umumnya online shop yang menjual sepatu selalu memasukkan gambaran perihal produk mereka secara detil. Dari situ kamu dapat mengetahui tentang bahan pembuatnya, cara pengukuran panjang kaki, berapa tinggi heels, berapa harga jual dan lain sebagainya. Jangan ragu untuk bertanya kepada penjual tentang apapun yang dapat menunjang kenyamananmu nanti jika sepatu itu jadi dibeli.

Oh ya untuk pengukuran panjang kaki, kamu harus tanya dengan detil ya, sebab beda merk, beda bentuk, bisa membuat perbedaan ukuran lho. Penjual yang profesional biasanya memberikan tabel pengukuran supaya dapat dijadikan panduan bagi pembeli untuk mengukur kakinya sebelum memesan.

Perhatikan kualitasnya

high heels chart
Sumber: webmd.com

Hal penting lainnya yang wajib diperhatikan saat membeli sepatu secara online adalah kualitas bahan dari sepatu tersebut.  Bacalah keterangan bahan yang digunakan dari sepatu tersebut, atau jika tidak tertera maka tanyakan pada penjual tentang bahan yang digunakan dari sepatu tersebut. Kualitas sebaiknya memang harus setara dengan harganya,  jangan sampai kamu membeli sepatu dengan harga yang tinggi namun ternyata bahan yang digunakan untuk membuat sepatu bukanlah bahan yang bagus. Apalagi bahan yang kurang bagus biasanya berpengaruh pada awet tidaknya sepatu tersebut.

Pilih sepatu sesuai kebutuhan

Beautiful woman shopping over the internet.
Sumber: mgrconsultinggroup.com

Jangan terkecoh dengan diskon!  Belanjalah sesuai dengan kebutuhanmu, apakah sepatu yang ditawarkan memiliki kriteria yang kamu butuhkan. Saat membeli sepatu online, pilihlah model yang sesuai dengan tipemu apakah flat shoes, wedges ataukah high heels.

Mintalah foto asli

minta foto asli saat beli sepatu online pic
Sumber: aliexpress.com

Kadangkala antara foto atau gambar dengan kenyataan yang ada itu tidak selalu sama. Entah dari segi warna, ataupun misalnya dari tinggi yang ada. Ada baiknya kamu memilih onlineshop yang bisa memberikan foto produk yang asli sehingga kamu mendapat gambaran keaslian produknya seperti apa.

Pilihlah toko yang memiliki reputasi baik

memilih toko dengan reputasi baik img
Sumber: bestsellerparty.com

Tips yang terakhir ini berlaku untuk semua pembelanjaan secara online, tidak hanya sepatu saja. Penting untuk kamu mencari tahu dahulu reputasi penjualnya, bisa berdasarkan testimonial pembeli, atau mencari informasi dari teman-teman yang memiliki hobi berbelanja secara online.

Tidak usah ragu untuk berbelanja sepatu online, karena jika dilakukan secara tepat, dengan sekali klik akan ada banyak waktu yang bisa dihemat dan jauh lebih efisien dibandingkan jika berbelanja di toko sepatu konvensional . Selamat berbelanja!

Related Articles