Diet HMR, Janjikan Penurunan Berat Badan 2 Kg Per Minggu, Tertarik?

Jan 22, 2018 by carmelw

Belakangan ini, menjamur berbagai metode diet yang menjanjikan penurunan berat badan secara signifikan. Mulai dari diet keto, diet GM, diet militer hingga yang baru-baru ini hits lagi, yaitu diet HMR. Apa sih diet HMR itu?

Diet HMR, benarkah metode penurunan berat badan terbaik?

Seperti metode diet lainnya, diet Health Management Resources (HMR) juga bertujuan untuk menurunkan berat badan sekaligus mempertahankan berat pada kondisi yang ideal. Sebenarnya program diet HMR ini telah dikembangkan lebih dari 30 tahun yang lalu oleh Lawrence Stifler seorang psikolog perilaku. Namun, beberapa waktu lalu, diet HMR muncul kembali dan telah dianggap sebagai metode penurunan berat badan terbaik saat ini. Apalagi, yang unik dan sekaligus menjad pembeda diet HMR dengan diet lainnya adalah adanya makanan pengganti khusus yang telah dipersiapkan oleh semacam katering diet yang ditunjuk.

Dua tahap diet HMR yang harus diikuti

Dalam pelaksanaannya, diet ini dibagi menjadi dua tahapan. Tahap pertama adalah quick start yang bertujuan untuk menurunkan berat badan secepat mungkin. Dan tahap kedua adalah metode yang mengarahkan dan membiasakan pelaku diet HMR pada penerapan pola hidup sehat.

Tahap quick start

Pada tahap pertama, pelaku diet wajib mengurangi makanan yang berkalori tinggi. Kalori yang dibutuhkan harus diganti dengan memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran serta menggantinya dengan makanan pengganti. Paket makanan pengganti ini nantinya akan dikirimkan setiap dua hingga minggu sekali selama tahap quick start berlangsung.

Untuk struktur atau pola makan yang dikenal pada tahap quick start adalah tiga-dua-lima. Setiap harinya pelaku diet HMR wajib mengkonsumsi minimal 3 HMR shake, 2 makanan HMR, dan 5 porsi buah serta sayuran segar.  

Yang termasuk dalam makanan HMR adalah shake rendah kalori, nutrition bars, dan multigrain cereal rendah kalori yang dapat dimakan untuk menggantikan makanan tinggi kalori sehingga para pelaku diet HMR tidak perlu merasa lapar dan dapat memfokuskan diri pada penurunan berat badan mereka.

Dengan pola makan yang disarankan, ditargetkan berat badan dapat turun hingga dua kilogram perminggunya atau sekitar 23 kilogram dalam tahap awal yang berlangsung selama 12 minggu ini. Penurunan berat badan secara signifikan ini tentunya akan diawasi secara medis baik di klinik maupun di rumah, dengan harapan secara perlahan pelaku diet HMR akan mengubah gaya hidup mereka ke arah yang lebih sehat melalui program ini.  

Tak hanya sekedar menyarankan untuk mengkonsumsi makanan sehat, demi mempercepat penurunan berat badan, pelaku diet HMR juga diwajibkan untuk melakukan aktivitas fisik dengan target membakar setidaknya 2.000 kalori setiap minggunya. Cukup lakukan sedikit olahraga rutin seperti berjalan kaki setiap hari selama 10 hingga 20 menit per harinya. Dan rutin dilakukan hingga mencapai berat badan yang ideal.

Tahap lanjutan

Setelah mencapai berat badan yang ideal, para pelaku diet HMR akan diajak untuk beralih ke tahap selanjutnya. Tahap kedua ini berlangsung sekitar empat hingga delapan minggu. Dan hanya ada 14 makanan pengganti yang harus dikonsumsi selama seminggu untuk menggantikan makanan tinggi kalori lainnya.  Paket makanan pengganti akan dikirimkan setiap bulan dan diharapkan secara perlahan para pelaku diet akan dapat memilih sendiri makanan sehat serta makanan rendah kalori lainnya di luar makanan HMR.

Dengan membiasakan untuk menjalankan gaya hidup sehat, pelan-pelan para pelaku diet diajak untuk mulai menghilangkan ketergantungan pada program diet HMR. Dan selanjutnya mereka sudah lebih bisa untuk memilih makanan yang mengandung kalori rendah dibandingkan dengan kalori tinggi, mengganti metode menggoreng dengan memanggang atau mengukus makanan. Dan perlunya menambah aktivitas fisik saat mengkonsumsi makanan dengan kalori yang tinggi.

Bisa jadi penerapan diet ini merupakan ide awal menjamurnya bisnis katering diet saat ini. Katering diet biasanya ditujukan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan namun seringkali merasa kebingungan untuk menentukan jenis makanan yang tepat untuk dikonsumsi. Sayangnya, untuk menerapkan diet HMR ini dibutuhkan biaya yang mahal dan tidak semua orang bisa menerapkannya. Tertarik untuk mencobanya?

Baca Juga: 12 Tips Diet Menurut Zodiak Yang Disesuaikan Dengan Karakter

Related Articles