Charcoal, Si Hitam yang Ternyata Penuh Manfaat

Sep 30, 2017 by Karina Mustika

Akhir-akhir ini kamu pasti sering mendengar tentang benda berwarna hitam ini atau lebih tepatnya disebut dengan activated charcoal. Berbeda dengan arang biasa, karena activated charcoal telah melalui proses pemanasan tertentu sehingga akan menghasilkan arang murni. Dari sana arang tersebut akan dihancurkan hingga menjadi bubuk dan akan digunakan sebagai bahan untuk produk makanan hingga kecantikan.

Meskipun warnanya yang hitam tersebut terlihat kotor, namun bahan satu ini memiliki banyak sekali manfaat. Itulah mengapa mulai banyak produk yang menggunakan charcoal karena berguna bagi kesehatan dan kecantikan. Berikut ini kegunaan arang aktif yang dapat berguna untuk kehidupan sehari-hari.

Manfaat Charcoal

Masker tubuh dan wajah

charcoal
Sumber: health.com

Salah satu manfaat yang paling terkenal dari charcoal adalah sebagai masker. Banyak tutorial di internet yang menjelaskan bagaimana cara mengolah maskermu sendiri. Selain itu kamu juga dapat membeli di apotek maupun toko-toko kosmetik.

Kandungan arang aktif dalam maskermu beerfungsi untuk membersihkan kulit serta mengangkat komedo. Kulitmu akan terasa lebih muda dan segar kembali. Masker ini juga bisa jadi alternatif perawatan sederhana untuk wajahmu dirumah.

Pembersih wajah

charcoal
Sumber: youtube.com

Apabila kulit wajahmu termasuk jenis berminyak, sabun muka dengan kandungan charcoal bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu. Arang aktif tersebut berfungsi untuk menghilangkan sebum serta minyak berlebih tiap harinya. Banyak pula yang merasa bahwa kandungan arang dapat mencegah timbulnya jerawat. Untuk kamu yang memiliki jenis kulit kering maupun kombinasi juga dapat menggunakan pembersih tersebut sehari sekali.

Menyembuhkan luka

charcoal
Sumber: youtube.com

Saat kulitmu terluka maupun tersengat gigitan serangga, activated charcoal juga dapat membantu menyembuhkannya. Bahan alami satu ini memang berguna untuk luka goresan, luka bakar, racun, gigitan serangga, hingga alergi. Arang aktif berfungsi untuk meredakan pembengkakan serta mengurangi rasa sakit. Oleskan arang pada lukamu untuk mempercepat penyembuhan dan menghindari terjadinya infeksi.

Memutihkan gigi

Memutihkan gigi img
Sumber: huffingtonpost.com/

Arang aktif berfungsi untuk menarik racun serta menghilangkan noda pada gigi. Gunakan bubuk hitam ini sebagai pengganti pasta gigimu. Walaupun warna hitam di seuruh gigi dan mulutmu bakal mengganggu saat terlihat di cermin, namun hasilnya akan membuat gigimu lebih putih.

Shampoo 

charcoal
Sumber: choiz.me

Ini adalah salah satu bahan shampoo yang alami. Gunakan activated charcoal sebagai pengganti shampoo yang biasa kamu pakai. Rambutmu akan bersih dan terasa lebih sehat karena dapat arang tersebut dapat menutrisi rambutmu.

Membersihkan udara

charcoal
Sumber: gearsofbiz.com

Arang aktif dapat juga kamu gunakan sebagai penyaring udara. Bahan tersebut secara alami mampu menghilangkan bau, jamur, bakteri, serta polutan berbahaya yang terdapat di udara. Dengan menghilangkan alergen serta jamur dari udara yang kamu hirup, maka akan berpengaruh pula bagi kesehatan. Dengan begitu juga akan mencegah kamu dari terserang penyakit seperti batuk, pilek, bersin, dan yang berkaitan dengan alergi lainnya.

Mengobati keracunan

charcoal
Sumber: willowtreesoapcompany.biz

Kemampuan arang aktif yang dapat menyerap racun tetap dapat berfungsi di dalam tubuhmu. Jika biasanya air kelapa yang mampu melakukan hal tersebut, ternyata bahan ini juga mampu melakukannya. Keracunan tersebut terutama yang disebabkan oleh bahan-bahan kimia tertentu.

Sebagai deodorant

charcoal Sebagai deodorant pic
Sumber: beauty.onehowto.com

Activated charcoal dapat berfungsi sebagai deodorant alami. Produk yang mengandung arang ini dapat menjauhkan kamu dari bau badan tidak sedap. Walaupun bahan ini belum tentu cocok untuk semua orang, karena ada kemungkinan terjadinya hal sebaliknya yaitu produksi keringat berlebih yang semakin memperparah bau badan.

Pewarna makanan 

charcoal
Sumber: onegreenplanet.org

Semakin berkembangnya industri kuliner mendorong para pelaku bisnis menciptakan inovasi yang semakin menarik. JIka dahulu makanan yang berwarna hitam identik dengan gosong dengan rasa pahit, saat ini justru beragam makanan dengan warna hitam justru mulai diminati. Itulah salah satu manfaat charcoal, yaitu sebagai pewarna alami makanan. Mulai dari pasta, roti, hingga pancake saat ini dapat kamu temukan dengan warna hitam. Kamu sudah pernah coba yang satu ini belum girls?

Related Articles