Bukan Hanya Angkuh, Ternyata Narsis Adalah Gangguan Kepribadian!

Jan 25, 2018 by carmelw

Faktor penyebab gangguan kepribadian narsistik

Meski tidak diketahui secara pasti faktor penyebabnya, bisa jadi munculnya gangguan kepribadian narsistik pada seseorang terkait dengan hal-hal berikut ini:

Faktor lingkungan

Hubungan dalam keluarga dimana orang tua memanipulasi kehidupan anak dengan bersikap kurang wajar dan berlebihan dalam memperlakukan anak sehingga kehilangan kemampuan untuk berempati terhadap orang lain.

Bentuk manipulasi ini dapat berupa memberikan pujian yang berlebihan sehingga cenderung tampak memanjakan dan memuja, atau justru sebaliknya, orang tua selalu meremehkan dan memberikan kritik berlebihan sehingga si anak merasa tertekan dan kurang dihargai.

Faktor genetik

Gangguan kepribadian narsistik juga dapat diturunkan secara genetik atau terbentuk akibat bawaan dari lahir

Faktor psikobiologis

Adanya hubungan antara perilaku dan kemampuan berpikir akan sangat memainkan peran dalam perkembangan gangguan kepribadian ini.

Mereka yang mengalami gangguan kepribadian narsistik akan kesulitan untuk menjalani relasi yang serius dengan orang lain. So, jika kamu memiliki ciri-ciri di atas, segera temuilah dokter atau psikolog terpercaya untuk mendapatkan terapi yang tepat, agar hidup terasa lebih berkualitas dan menyenangkan ke depannya.

Baca Juga: Sosiopat dan Ciri-Ciri Utamanya. Apakah Kamu Salah Satunya?

 

 

Related Articles