Awas, Tanpa Kamu Sadari, 6 Hal Yang Sering Dilakukan Ini Bikin Wajah Keriput!

Jun 21, 2017 by carmelw

“Masih muda, kok sudah keriput?”

Pertanyaan seperti ini bisa jadi momok yang bikin bad mood semua cewek di dunia ini. Yup, nggak ada yang mau dikata tua sebelum waktunya. Tapi mau gimana lagi, tanpa bisa dilawan seiring dengan bertambahnya usia, wajah kita akan dihinggapi oleh kerutan-kerutan halus.

Kerutan yang muncul di lipatan wajah kita dan dikenal dengan keriput seringkali dikaitkan dengan penuaan. Padahal kenyataannya keriput tidak hanya muncul seiring dengan bertambahnya usia kita. Ada beberapa kebiasaan lain di luar faktor usia juga dapat mengakibatkan munculnya masalah kulit itu, misalnya faktor lingkungan seperti matahari dan polusi. Tidak hanya itu saja, Girls, ada beberapa kebiasaan yang tidak kamu sadari ternyata ikut memberikan kontribusi atas timbulnya kerutan di wajah cantikmu. 

Berikut adalah beberapa kebiasaan buruk yang menyebabkan wajah keriput. Sebisa mungkin hindarilah kebiasaan buruk ini agar dapat membantu menjaga kulitmu tampak lebih muda dalam jangka waktu yang panjang di masa mendatang. 

Kebiasaan Buruk yang Menyebabkan Wajah Keriput

Melakukan ekspresi dan kegiatan yang sama berulangkali

sad-woman
Sumber: healthtalkwoman.com

Setiap jenis gerakan otot wajah yang berulang akan menyebabkan wajah keriput. Membuat ekspresi tertentu berulang kali, dapat melatih otot-otot wajahmu, yang tak seharusnya terjadi. Kamu bisa mengendalikan ekspresi wajah tertentu seperti mengerut, menyipitkan mata, mengerutkan kening dan cemberut yang cenderung membuat otot-otot wajah kehilangan kelenturannya, yang menghasilkan garis yang lebih terlihat pada kulit.

Ada satu lagi kebiasaan yang tidak kamu sadari akan menimbulkan kerutan, yaitu mengunyah permen karet. Kebiasaan ini dapat menimbulkan kerutan pada bagian bawah mulut, sekaligus juga dapat mengakibatkan masalah pada struktur mulut. Kebiasaan ini seharusnya mudah ditinggalkan demi menjaga kebaikan kulitmu. 

Menarik kulit saat menggunakan make up

menarik kulit menyebabkan wajah keriput img
Sumber: blog.mirraw.com

Mengangkat alis ke atas, bola mata ke atas, dan mulut terbuka adalah cara yang biasanya dilakukan saat mengunakan eyeliner dan tanpa kita sadari akan menimbulkan kerutan pada wajah. Kegiatan menarik wajah akan menyebabkan kulit di sekitar dahi akan terlipat dan lama-lama menjadi kerutan permanen. Menggerakkan wajahmu untuk membantu proses bermake-up boleh-boleh saja, asalkan jangan terlalu berlebihan saat menarik kulit sehingga terlihat datar dan mengganggu kelenturannya.

Posisi tidur 

Portrait of a woman sleeping on the bed at home
Sumber: prettypicky.com

Tidur yang cukup memang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Tetapi ternyata, posisi tidur yang tidak benar dapat menyebabkan timbulnya keriput, karena posisi tidur dengan menempatkan wajah menghadap bantal atau tengkurap menyebabkan timbulnya tekanan dan  gesekan wajah pada permukaan bantal dan menyebabkan terjadinya kerusakan kulit.  Untuk mengantisipasinya kamu dapat mengganti sarung bantal dengan  bahan satin yang lembut di kulit, atau membiasakan untuk tidur dengan posisi terlentang.

Mengkonsumsi makanan manis

candy
Sumber: y-olo.gr

You are what you eat. Ingat pepatah itu? Kebiasaan makanmu yang tidak terkontrol akan menggambarkan bagaimana kondisi (kesehatan) mu. Salah satunya kebiasaan mengkonsumsi makanan manis yang harus dihindari demi mencegah pengeriputan kulit. Terlalu banyak mengkonsumsi gula dan makanan berkarbohidrat tinggi akan membuat kamu tampak lebih tua sebab akan ada pengerusakan  sel kulit yang disebut glycation. Glycation menyebabkan molekul gula menempel di kulit  dan menyebabkan kulit jadi kaku dan rusak dan menimbulkan peradangan.  Peradangan akan menghasilkan enzim yang memecah kolagen dan elastin sehingga membuat kulit jadi kendur dan keriput. 

Mandi air panas

mandi air panas pic
Sumber: dailymail.co.uk

Saat kondisi tubuh sedang lelah akibat beraktivitas dengan padat, memang paling enak mandi berlama-lama dengan menggunakan air panas. Sayangnya, panas dapat menyebabkan banyak masalah kulit termasuk keriput.  Air panas yang menyentuh kulit terlalu sering  akan menghilangkan minyak alami yang bekerja sebagai pelindung dan menyebabkan kulit menjadi lebih rentan terhadap penuaan dini.

Exfoliating yang berlebihan

Sumber: parajdisoszappan.hu

Pengelupasan atau exfoliating memang bagus untuk meregenerasi kulit, menghilangkan  kotoran, kelebihan minyak dan sel-sel kulit mati. Tetapi, terlalu sering melakukan pengelupasan kulit secara berlebihan dapat menghilangkan minyak alami dari kulitmu, dan kemudian memunculkan keringat. Saat melakukan exfoliating usahakan untuk menggunakan gerakan yang lembut dan jangan menggosok kulitmu dengan kasar.

Nah, ternyata untuk menjaga kulit agar tidak keriput sebelum waktunya tidak perlu menggunakan produk kecantikan dan perawatan yang mahal ya. Cukup disiplinkan diri untuk mengikuti apa yang sebaiknya dihindari, dan wajah cantik tanpa keriput akan jadi kebanggaanmu.

Girls and Ladies,silakan dicoba tips-tips diatas. Kalian juga punya kebiasaan-kebiasaaan lain yang sering bikin kulit keriput? Berikan pendapatmu dan share ya ke kita.

Related Articles