Apa yang Kamu Makan Sebelum Olahraga Berpengaruh Pada Hasil Olahragamu, Loh!

Mar 16, 2018 by Larissa

Apa yang kamu konsumsi sebelum berolahraga akan sangat mempengaruhi hasil olahragamu. Selain itu, isi perutmu itu juga mempengaruhi kondisi tubuhmu saat dan setelah berolahraga. Kamu enggak mau kan, merasa mual karena kebanyakan makan sebelum jogging? Atau merasa pusing karena kurang minum saat melakukan aerobik? Nah, daripada menyesal, yuk simak mengenai apa yang sebaiknya kamu makan sebelum berolahraga.

 

Mengapa makan sebelum olahraga penting?

wanita jogging
Shutterstock

Jangan coba-coba berolahraga saat perutmu kosong. Itu sama saja dengan mobil tanpa bensin. Nutrisi yang cukup akan membuatmu kamu lebih kuat saat berolahraga sehingga tidak cepat capek. Makanan akan membuat ototmu dipenuhi energi. Dengan kata lain, kamu jadi bisa berlari lebih cepat, mengangkat beban lebih berat, dan performamu lebih baik secara general daripada olahraga dalam perut kosong atau mengkonsumsi makanan atau minuman yang salah.

 

Berapa lama kamu harus makan sebelum olahraga?

wanita olahraga di gym
Shutterstock

Perutmu membutuhkan waktu untuk mencerna makananmu sehingga nutrisi pada makanan bisa terserap dan memberikan energi ke seluruh tubuhmu. Lagi pula, jarak makan dan olahraga yang terlalu dekat akan membuat perutmu sakit dan mual. Jika kamu mengkonsumsi makanan berat seperti nasi beserta lauknya, sebaiknya kamu makan 2-3 jam sebelum mulai berolahraga. Jika kamu terbiasa olahraga di pagi hari dan tidak mungkin bangun 2 jam sebelum waktu olahragamu, sebaiknya konsumsi makanan ringan. Dengan begitu, kamu bisa makan 45 menit sampai 1 jam sebelum olahraga. (Baca juga: 10 Makanan Yang Baik Untuk Kamu Setelah Berolahraga)

 

Apa yang sebaiknya dikonsumsi sebelum olahraga?

wanita makan salad sebelum olahraga
Shutterstock

 

1. Teh hijau

Jika kamu berolahraga dengan tujuan menurunkan berat badan, teh hijau adalah pilihan tepat. Teh hijau dikenal sebagai minuman pembakar lemak. Jika kamu meminum teh hijau sebelum berolahraga, lemakmu akan terbakar secara maksimal dengan meningkatkan metabolismemu.

 

2. Pisang

Untuk kamu yang tidak punya banyak waktu untuk makan sebelum berolahraga, kamu bisa mengkonsumsi pisang yang tak akan memakan banyak waktu. Pisang kaya akan karbohidrat padat yang memberikan energi dengan efek cukup cepat. Buah baik ini juga memiliki kandung potassium untuk memperkuat otot dan saraf.

 

3. Oat

Oat dipenuhi kandungan fiber yang berlimpah. Kandungan fiber itu akan merilis karbohidrat ke alirah darahmu sehingga membuatmu penuh energi saat berolahraga. Jika kamu tidak suka plain oat, tidak ada salahnya mengkombinasikan oat dengan berbagai buah segar untuk menambah protein dan vitamin.

 

4. Kopi

Sama seperti teh hijau, kandungan kafein yang berlimpah pada kopi memiliki khasiat meningkatkan metabolisme tubuh dan secara otomatis membakar lemak lebih cepat. Kopi membakar lemak dengan cara meningkatkan termogenesis atau produksi panas dalam tubuh. Selain itu, kopi juga memberikan energi agar ketahanan tubuhmu baik.

 

5. Putih telur

Bagian kuning telur memiliki banyak lemak yang lama dicerna sehingga bisa membuat perutmu terasa penuh dan mual saat olahraga. Karena itu, pilihan putih telur lebih baik untukmu karena putih telur memiliki kandungan protein yang tinggi tapi tanpa lemak.

 

6. Greek yoghurt

Greek yoghurt memiliki kandungan protein dua kali lipat dibanding jenis yoghurt lainnya meski kandungan gulanya lebih banyak. Tapi kandungan gula sehatnya itu bisa memberikan energi dan tidak akan membuat perutmu tidak nyaman.

 

7. Smoothie buah

Smoothie buah bisa menjadi pilihan makanan sebelum olahraga yang baik. Minuman yang terbuat dari banyak buah ini akan memberikanmu protein yang berlimpah dan cepat untuk dicerna. Tak hanya itu, smoothie juga memiliki kandungan karbohidrat yang akan memberimu energi tambahan.

 

8. Nasi merah dan dada ayam

Jika kamu adalah tipe orang yang tidak bisa kalau tidak makan berat sebelum olahraga, kombinasi nasi dan ayam bisa menjadi pilihanmu. Pilih nasi merah karena akan meningkatkan produksi energi, sedang dada ayam, tahu, atau ikan salmon akan memberimu protein agar ototmu tidak cepat lelah.

Related Articles