8 Tips Belanja Online Khususnya di Instagram. Biar Nggak Kecewa dan Tertipu

Nov 12, 2017 by haify

Perkembangan internet saat ini memberikan kita kemudahan untuk beberapa hal, salah satunya berbelanja. Kini nggak perlu lagi ke toko, kamu bisa membeli apapun yang kamu inginkan lewat internet dan media sosial. Cukup pilih barang yang diinginkan, transfer pembayaran, dan tunggu barangnya di rumah. Semudah itu.

Tapi belanja online seperti ini juga dimanfaatkan oleh oknum untuk melakukan penipuan. Nggak sedikit kasus yang memperlihatkan penipuan yang dilakukan oleh orang-orang ini. Oleh karena itulah kamu harus waspada. Nah, kalau kamu ingin belanja online, khususnya Instagram, kamu bisa melakukan hal-hal ini agar nanti nggak kecewa atau tertipu dengan barang yang kamu beli.

Tips Belanja Online dari Miignon

  1. Pastikan kamu membaca spesifikasi dari barang yang akan kamu beli

    Source: tribuneindia.com

Hal pertama yang harus kamu perhatikan saat online shopping adalah memastikan barangnya. Mulai dari bahan, ukuran, dan spesifikasi lainnya. Jangan hanya percaya dengan gambar yang tertera di toko online aja. Bisa jadi gambar tersebut diambil dari internet. Atau kualitas foto termasuk tubuh modelnya bagus. Terlihat bagus saat digunakan oleh model belum tentu akan bagus juga ketika kamu gunakan. Itulah mengapa penting mengetahui ukuran tubuhmu juga ukuran pakaian yang dijual. Jika berkenan, mintalah foto barang asli yang dipegang oleh penjual. Sehingga kamu bisa memastikan gimana bentuk barang sesungguhnya.

  1. Pertimbangkan juga untuk biaya pengiriman, apakah worth it dengan barang yang kamu beli atau nggak

    Source: www.choice.com.au

Hal selanjutnya terkait jumlah total belanja online kamu. Seperti biaya packing (jika ada) dan ongkos kirim. Bisa jadi kamu mendapat harga murah, tapi ongkos kirim beserta biaya packingnya lumayan, sehingga kamu tetap membayar mahal barang yang kamu beli. Untuk biaya pengiriman atau ongkir, kamu bisa cek di situs jasa pengiriman yang ada di internet.

  1. Dibanding jumlah followers, lebih mending percaya dengan jumlah like

jumlah like penting saat belanja online pic
Source: BestProducts.com

Kalau kamu gemar belanja online di Instagram, kamu bisa melihat apakah online shop tersebut dipercaya atau tidak dari jumlah followers dan jumlah like di setiap unggahannya. Semakin banyak followersnya, biasanya online shop tersebut semakin dipercaya. Tapi di zaman sekarang, followers yang gampang dibeli nggak bisa jadi acuan utama. Oleh karena itu kamu bisa melihat jumlah like-nya. Semakin banyak yang like, berarti online shop tersebut bisa dipercaya. Kalau followersnya puluhan ribu tapi yang like hanya belasan, agak aneh bukan?

  1. Baca review dari pembeli yang telah menerima produk

Source: http://www.warranteer.com

Menjadi pembeli di toko online menuntut kita harus lebih jeli. Jangan malas membaca keterangan yang ada. Termasuk review atau ulasan dari pembeli yang telah melakukan transaksi sebelumnya. Ulasan tersebut cukup penting karena mereka sendiri telah menerima dan melihat barang yang diperjualbelikan. Jadi jangan sampai kamu melewatkan ulasan dari konsumen sebelumnya.

  1. Untuk online shop di Instagram, kamu bisa lihat tags dari konsumen

Source: Bustle

Karena di Instagram nggak ada ulasannya, maka kamu bisa melihat dari tags konsumen. Di sana kamu akan melihat ulasan sekaligus perbandingan barang saat dipakai model dengan dipakai oleh para konsumen. Jika barangnya memang bagus, maka para konsumen sekaligus follower online shop tersebut akan men-tag foto mereka dengan online shop tersebut. Kolom tags ada di paling kanan halaman Instagram online shop-nya ya.

  1. Harga murah emang menggiurkan, tapi sebaiknya bandingkan dengan toko sebelah

Source: http://beashopaholic.com

Enaknya belanja online adalah kamu bisa memilih barang yang paling murah tanpa harus masuk keluar toko. Tapi yang perlu kamu ingat adalah harga murah belum tentu menjamin kondisi atau bentuk barangnya. Oleh karena itu kamu perlu membandingkan satu toko dengan toko online lainnya. Apakah murahnya beda sedikit dengan toko lain atau jauh lebih murah dari pasaran yang ada. Karena jika barangnya jauh lebih murah sedangkan toko-toko lain menjual dengan harga yang hampir sama, maka kamu perlu berhati-hati.

  1. Biar lebih aman, kalau penjual menyediakan jasa COD (cash on delivery) mending ketemu aja

jasa cod img
Source: hercampus.com

Jika online shop tersebut berada di daerahmu, nggak ada salahnya untuk menggunakan jasa COD alias bayar ditempat yang disediakan oleh penjual. Sehingga kamu benar-benar bisa memastikan dulu barangnya sebelum terlanjur membeli. Beberapa online shop menyediakan jasa ini lho. Jadi mending kamu ketemuan aja sama penjualnya untuk memastikan barang yang akan dibeli.

  1. Kalau jual beli lewat transfer ATM, simpan bukti transaksi ya

Source: nbcnews.com

Tapi jika memang tidak memungkinkan untuk COD dan hanya bisa melakukan pembayaran lewat transfer, maka kamu harus menyimpan bukti transaksi untuk jaga-jaga. Bisa jadi nanti karena suatu kesalahan, bukti transfer atau uang yang telah kamu kirimkan nggak tercatat oleh penjual, sehingga kamu harus mengirim ulang bukti transfernya.

 

Online shopping emang memudahkan pembeli di zaman sekarang. Tapi jangan sampai terbuai dengan kemudahan itu. Kamu tetap harus jeli sebelum membeli barang yang kamu inginkan agar nggak kecewa apalagi kena tipu.

 

Related Articles