6 Hal Yang Bikin Boros Tanpa Disadari, Sumber Raibnya Uangmu

Jul 15, 2017 by carmelw

“Belum pertengahan bulan, tapi gaji sudah menipis. Boros banget! Kemana perginya sih semua uang? Rasa-rasanya nggak ada pengeluaran besar, tapi kok ya tetap aja keuangan bocor juga.”

Pernah ngalami seperti itu, Girls? Kalau iya, kamu wajib baca artikel ini. Karena ada kebiasaan-kebiasaan kecil yang bikin boros dan kamu lakukan tanpa sadar. Apa aja sih?

Kebiasaan yang Bikin Boros

Beli air minum kemasan

beli air minum kemasan bikin boros img
Sumber: pexels.com

Nggak dipungkiri bahwa demi menjaga kesehatan, kebutuhan cairan tubuh harus tercukupi dengan baik. Untuk praktisnya, kebanyakan orang lebih suka membeli air mineral botolan yang memang lebih terjamin kebersihannya.

Sadar nggak, Girls, bahwa membeli air minuman kemasan secara rutin, tetap bikin boros pengeluaran meskipun harganya tidak seberapa. Apalagi jika setiap kali beraktivitas kamu harus merogoh kocek untuk membelinya. Cobalah membawa tempat minum sendiri dan mengisinya di rumah atau kantor sebagai solusinya. Selain menghemat pengeluaran, kamu juga bisa membantu melestarikan alam dengan tidak menambah sampah plastik yang sulit untuk diurai.

Keanggotaan gym

boros
Sumber: pexels.com

Hidup sehat memang perlu. Tapi jangan karena gengsi, kamu buang uang untuk hal yang nggak penting. Misalnya keanggotaan gym. Kalau kamu merasa dengan membayar ratusan ribu, kamu bisa rutin datang, ya nggak masalah sih. Tapi akan jadi sangat boros kalau kamu jarang datang, misalnya hanya seminggu sekali. Kalau memang sudah mendaftar, sebaiknya gunakan sebaik-baiknya. Atau kamu bisa mencoba banyak olahraga lain yang sama-sama menyehatkan tanpa perlu mengeluarkan banyak uang, seperti jogging setiap pagi, berenang, ataupun bersepeda. 

Parkir

parkir tiket img
Sumber: pancaparkir.blogspot.com

Kadang nggak kita sadari, hal sepele seperti parkir ini jika diakumulasikan akan banyak sekali jumlahnya. Memang sih, suatu resiko yang harus kita hadapi dalam berkendaraan, yaitu nggak akan bisa lepas dari pengeluaran yang satu ini. Tapi sebenarnya pemborosan untuk parkir ini bisa diantisipasi lho. Misalnya, kalau kita pergi ke minimarket dekat rumah, ketimbang ngeluarin duit untuk parkir, meding sedikit jalan kaki. Selain lebih menyehatkan, iritpun didapat.

Jajan kecil di minimarket

snack1
Sumber: tokyostore.net

Semakin menjamurnya minimarket di sekitar rumah, seringkali menciptakan gaya hidup konsumtif masyarakat sekitarnya. Apalagi kalau dengan dalih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, dan butuh cemilan untuk menemani. Coba deh kamu hitung, Girls, berapa banyak uang yang kamu keluarkan untuk membeli snack-snack setiap harinya? Belum lagi kalau tergiur promo beli 2 gratis 1 misalnya, kebutuhan yang semestinya nggak perlu jadi kamu paksakan untuk masuk dalam list belanjamu. Sebaiknya tahan keinginanmu untuk jajan kecil, selain nggak bagus bagi kesehatan, juga akan membuat pengeluaranmu membengkak setiap bulannya.

Makan siang di luar

makan siang diluar bikin boros img
Sumber: stock.tookapic.com

Para pekerja kantoran atau mahasiswa biasanya malas untuk membawa bekal makanan sendiri dari rumah dengan dalih ribet, malu, dan berbagai alasan lainnya. Padahal pengeluaran untuk makan siang secara rutin di luar yang biasanya dilakukan tanpa sadar akan berimbas pada pengleluaranmu yang semakin boros dan tidak terkendali. Mulailah membawa bekal makanan sendiri dari rumah sebagai pilihan yang paling tepat untuk meminimalkan pengeluaran. Selain lebih sehat dan berkualitas, kebersihannya juga lebih terjamin.

Berlangganan TV kabel

boros
Sumber: pexels.com

Sekarang ini sudah jamannya internet dengan paket lebih hemat lho, Girls. Berlangganan internet lalu masih menambah langganan TV kabel yang jarang ditonton, tentu saja akan memboroskan pengeluaran. Padahal dengan internet kamu bisa menikmati drama atau film kesukaanmu secara online atau streaming. Jadi, pikirkan kembali untuk pengeluaran yang satu ini, ya.

Nah, Girls, apakah pengeluaranmu juga banyak tersedot di hal yang tampak remeh ini? Sebaiknya kamu perhatikan betul-betul hal ini sebelum uangmu berkurang makin banyak. Cerdas dan cerdik dalam mengatur keuangan, sangat diperlukan demi masa depan lho.  

Related Articles