6 Gerakan Olahraga Ini Bisa Kamu Lakukan di Mana Saja, Termasuk Kamar Sempitmu!

Apr 18, 2018 by Larissa

Siapa bilang untuk mendapatkan tubuh yang fit kamu hanya bisa melakukannya dengan berolahraga di gym? Gerakan Olahraga bisa dilakukan di mana saja! Alasan tidak bisa datang ke gym atau tidak punya ruangan yang cukup sebenarnya tidak bisa dijadikan alasan mengapa kamu tidak olahraga. Karena meski kamu hanya punya sepetak ruang sekitar 2×1 meter pun kamu sudah bisa olahraga dengan hasil layaknya olahraga di gym. Ini dia daftar olahraga yang bisa kamu lakukan di mana saja! Ayo olahraga!

 

Berikut 6 gerakan olahraga yang kamu bisa lakukan dimana saja

 

1. Squats

olahraga squats
Shutterstock

Squats adalah gerakan olahraga yang hanya membutuhkan kamu untuk diam di tempat, serta tanpa tambahan alat apa pun dan memiliki banyak variasi. Gerakan olahraga yang satu ini akan berpengaruh pada fleksibilitas, kekuatan perut, postur, kekuatan kaki, serta membuat bagian belakangmu kencang. Yang perlu kamu lakukan hanya mencari tempat yang cukup lebar bagimu untuk menekuk lutut dan membuka kakimu ke arah samping.

 

2. Push-up

olahraga push up
Shutterstock

Jika squats membuatmu tubuh bagian bawahmu bekerja, push-up akan membuatmu berfokus pada tubuh bagian atas dan kekuatan perut. Melakukan 10-15 push-up per hari saja sudah cukup untuk meningkatkan kekuatan tubuh bagian atasmu, loh, girls. Selain itu, karena gerakan push-up sangat berpengaruh dengan berat tubuh, kamu bisa menambah atau menguranginya sesuai kemampuanmu. Ingat, jika kamu tidak kuat dengan posisi push-up ala militer, kamu bisa melakukan push-up dengan menaruh lututmu di lantai.

 

3. Plank

olahraga plank
Shutterstock

Siapa sangka untuk membangun kekuatan dan mengencangkan perut, betis, pundak, tangan, dan paha kamu tidak perlu melakukan gerakan. Justru kamu hanya perlu diam di tempat. Plank adalah jenis gerakan yang bergantung pada seberapa lama kamu bisa menahan berat badanmu, tanpa melakukan gerakan dinamis sekecil apa pun. Selain hemat ruangan, plank juga tidak membutuhkan tambahan alat. (Baca juga: Apa yang Kamu Makan Sebelum Olahraga Berpengaruh Pada Hasil Olahragamu, Loh!)

 

4. High knees

gerakan olahraga high knees img
Shutterstock

Jika keadaan tidak memungkinkan bagimu untuk jogging atau ruangan di mana kamu berada tidak cukup untuk bagimu melakukan jump rope, kamu bisa melakukan high knees. Gerakan olahraga yang memiliki fungsi yang sama dengan jogging dan jumprope ini adalah gerakan yang mengharuskanmu berlari di tempat namun lututmu harus terangkat hingga pinggang.

 

5. Mountain climber

gerakan olahraga mountain climbers img
Youtube

Olahraga ini bukan berarti naik gunung, loh, melainkan gerakan olahraga yang mengharuskanmu berada pada posisi push-up sebelum kamu menekuk kakimu ke dalam sehingga lutut hampir menyentuh perut. Gerakan ini bisa dibilang lari di tempat versi push-up, sehingga tidak hanya membuat betismu bekerja, tapi juga perutmu. (Baca juga: Ini Tandanya Tubuhmu Butuh Lebih Banyak Olahraga)

 

6. Jump squats

gerakan olahraga jump squats img
Shutterstock

Gerakan yang satu ini adalah gerakan variasi atau modifikasi dari squats. Jika squats hanya mengharuskanmu untuk berdiri tegak lalu menekuk kakimu ke samping, jump squats menambahkan gerakan lompat. Tidak ribet kok, kamu hanya perlu menekuk lututmu, lalu saat kamu ingin meluruskan kakimu lagi, kamu harus melakukannya dengan melompat tinggi. Jika kamu tidak punya langit-langit yang tinggi atau kakimu sedang tidak bisa dibuat melompat, kamu bisa memodif gerakan ini dengan mengganti melompat dengan menjinjit.

 

Related Articles