6 Bahan Kimia Lipstik Yang Berbahaya Terutama Lipstik Merk Abal-Abal

Aug 28, 2017 by carmelw

Lipstik yang berbahaya mengandung bahan kimia yang bisa merusak tubuh

Cewek mana yang nggak gila dengan lipstik? Mulai dari merk lokal yang murah sampai kelas internasional yang harganya aduhai, semua diburu oleh lipstick junkie. Namun, dengan menjamurnya lipstik dengan range harga mulai yang murah sampai yang jutaan, kamu harus benar-benar cermat melihat bahan-bahan kimia yang terkandung di dalamnya lho, karena bisa saja mengandung bahan lipstik yang berbahaya, yang merusak kesehatanmu.

Bahan lipstik yang berbahaya, benarkah bisa menyebabkan kanker?

lipstik yang menyebabkan kanker pic
Sumber: pexels.com

Bisa jadi, meskipun pada dasarnya lipstik yang terdiri dari berbagai merk mengandung bahan dasar yang sama yaitu lilin, minyak, pewangi, pewarna, pengawet, dan antioksidan, namun, beberapa di antaranya ada yang mengandung bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan. 

Beberapa penelitian telah menguji berbagai jenis merk lipstik yang dijual secara bebas di toko kosmetik maupun departemen store. Dan hasilnya adalah ditemukan kadar logam beracun seperti timbal, paraben, dan beberapa jenis zat berbahaya yang di antara lipstik-lipstik tersebut.

Faktanya, memang banyak produk kecantikan yang beredar di pasaran saat ini tidak melalui proses pengujian departemen terkait. Sehingga, industri kosmetik memiliki banyak banyak celah untuk melakukan kecurangan. Hal ini dapat berakibat fatal bagi pemakainya dan  berpotensi menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti kanker.

Bahan kimia berisiko tinggi yang terkandung dalam lipstik berbahaya

lipstik yang berbahaya
Sumber: pixabay.com

Hmm.. serem juga ya, Girls. Yuk, cari tahu apa saja bahan berbahaya yang terkandung dalam lipstik, khususnya counterfait product:

Formaldehyde

Meski formaldehyde adalah zat terlarang, banyak produk kosmetik seperti  cat kuku, pewarna rambut, shampo, maupun lipstik yang menggunakan bahan ini di dalam produknya. Beberapa penelitian di bidang kesehatan menyatakan pemakaian formaldehyde yang sejatinya adalah untuk mengeringkan dan mengeraskan lapisan epidermis kulit ini jika tidak digunakan dengan tepat akan berdampak pada munculnya penyakit kulit, sakit kepala, vertigo, muntah, dapat menyebabkan kanker nasofaring. Untuk menghindari terpapar zat ini, pastikan kamu membaca daftar bahan yang ada di dalam kemasan lipstik yang akan kamu beli agar terhindar dari bahan lipstik yang berbahaya.

Timbal

Sebenarnya bahan yang satu ini nggak benar-benar tercantum dalam bahan pembuat lipstik. Jadi akan sulit bagi kita untuk mengetahui apakah lipstik tersebut mengandung timbal atau tidak.  Timbal atau biasanya dikenal dengan mercury adalah toksin yang sangat berbahaya dan  bisa menyebabkan masalah kesehatan serius terutama bagi wanita hamil dan anak di bawah usia enam tahun. Timbal yang terpapar dalam tubuh akan dapat mengakibatkan kerusakan otak. Parahnya, banyak di antara merk lipstik yang terkenal dan beredar di pasaran ditengarai mengandung zat ini.

Coal Tar

Coal tar atau tar batubara seringkali digunakan untuk beberapa masalah pada kulit, seperti gatal-gatal. Namun, pemakaian coal tar pada kosmetik dapat menjadi karsinogen atau zat yang menyebabkan penyakit kanker, dan juga masalah kesuburan serta iritasi pada kulit.

Propylene Glycol

Propylene Glycol biasanya digunakan sebagai bahan pupuk dan juga dan juga digunakan untuk pendingin otomotif. Zat kimia yang berbasis minyak ini disebut-sebut sebagai pencetus masalah kesehatan yang terkait dengan kesuburan, serta dapat mengiritasi mata dan kulit.

Paraben

Banyak perusahaan menggunakan paraben untuk membuat produk kosmetik mereka lebih awet dan tahan lama.  Paraben telah dikaitkan dengan daftar panjang masalah kesehatan seperti kanker, gangguan endokrin, toksisitas reproduksi, neurotoksisitas dan iritasi kulit.

Mineral Oil

Bahan kimia yang berasal dari minyak bumi ini dapat mengganggu perkembangan sel kulit serta menghalangi pori-pori kulit. Sama seperti coal tar, mineral oil juga ditengarai mengandung Polycyclic Aromatic Hydrocarbons yang bersifat karsinogen atau sebagai pencetus kanker. Di samping itu ada zat-zat tertentu dalam mineral oil ini yang menjadi penyebab terjadinya masalah pada fungsi ginjal.

Jadi, bagaimana solusinya supaya tidak terjebak lipstik yang berbahaya?

jangan terjebak bahan lipstik yang berbahaya img
Sumber: pixabay.com

Setiap produk kosmetik biasanya mencantumkan kandungan dan bahan dalam kemasannya. Baca dan perhatikan baik-baik kandungannya, dan hentikan pembelian jika ternyata tercantum salah satu bahan yang tidak aman bagi kesehatan. Namun, jika di dalam kemasan produk tidak tercantum bahan pembuatnya, Miignon sarankan untuk memilih kosmetik dari brand yang terpercaya, lalu kamu bisa mencari kandungannya di dalam website resmi milik mereka.

Sekarang sudah paham kan Girls, dalam pemilihan lipstik favorit nggak cuma melihat warna, hasil akhir polesan, namun juga keamanan bahan yang terkandung di dalamnya. Jangan sampai terjebak dengan bahan lipstik yang berbahaya.

Related Articles