25 Obat Asma Medis dan Herbal Yang Ampuh

by :

Bagi seseorang yang telah terdiagnosa menderita penyakit asma, disarankan untuk selalu menyediakan obat yang selalu siap digunakan sewaktu-waktu saat kambuh.

Obat Asma Medis

obat asma medis gbr
Sumber: hopepaige.com

Berikut ini daftar obat asma yang ada di apotek untuk mengatasi gejala maupun terhambatnya saluran pernafasan karena asma. Untuk pemakaiannya, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter yang berkompeten, guna meminimalisir efek samping yang akan terjadi setelahnya.

1. Inhaler

Salah satu obat asma medis yang populer di kalangan penderitanya adalah inhaler. Obat ini mudah dan praktis dibawa serta paling efektif digunakan, mengingat cara penangannya dengan menembak langsung ke saluran pernafasan dengan cara disemprotkan melalui mulut.

2. Spacer

Spacer adalah alat yang dilengkapi dengan corong hisap pada salah satu bagiannya, dan lubang untuk memasang inhaler di ujung lainnya. Cara kerjanya adalah saat bagian inhaler ditekan, maka obat akan masuk ke bagian spacer dan kemudian harus dihirup melalui corong spacernya.

3. Kortikosteroid

Inilah obat asma untuk mengatasi asma kronik kambuhan yang berasal dari reaksi alergi. Obat  kortikosteroid dapat dapat digunakan berturut-turut hingga dua minggu lamanya hingga serangan mereda.

4. Antikolinergik

Obat asma generik ini dapat berfungsi untuk mencegah terjadinya kontraksi otot saat terjadi proses penyempitan pada saluran pernafasan. Antikolinergik dapat menimbulkan efek samping, antara lain sakit tenggorokan, suhu badan meningkat, penglihatan kabur, mulut dan mata terasa kering, dan lain sebagainya.

5. Agonis Reseptor Beta Adregenik

Banyak yang menyebut obat ini sebagai obat asma resep dokter terbaik.  Agonis Reseptor Beta Adregenik berfungsi untuk memberikan rangsangan guna memperlebar saluran pernafasan pada saat terjadi serangan yang disebabkan oleh aktivitas fisik tertentu.

6. Golongan obat Theophylline

Obat asma  jenis ini biasanya diberikan kepada pasien asma kronis yang dapat diberikan kepada anak-anak dan dewasa, namun tetap tidak dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui.

7. Cromolin dan Nedrocromil

Sebenarnya kedua jenis obat asma ini lebih berfungsi sebagai obat pencegahan, ketimbang untuk mengobati serangan asma. Meski tergolong cukup mahal dibandingkan dengan obat asma lainnya, tetapi cukup aman untuk dikonsumsi anak-anak dan orang dewasa.

8. Accolate

Termasuk dalam golongan obat asma yang ampuh untuk mencegah dan menangani gejala asma jangka panjang, Accolate diperuntukkan bagi orang dewasa dan anak-anak usia 12 tahun ke atas, tetapi tetap tidak dianjurkan bagi ibu hamil dan menyusui.

Obat Asma Herbal

obat asma alami pic
Sumber: healthyandhealthliving.com

Selain obat asma medis, untuk pencegahan serta meredakan penyakit asma dapat juga menggunakan obat-obatan herbal atau pun tradisional seperti:

9. Cordyceps Plus Capsule dan Ganoderma Plus Capsul

Kedua obat asma herbal ini diracik dari bahan-bahan alami yang ampuh mengobati penyakit asma yang aman karena tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya.

10. Jelly Gamat Gold-G

Obat herbal ini terbuat dari jenis teripang laut terbaik yang diolah secara modern dan dikemas dalam bentuk kapsul tanpa campuran bahan-bahan kimia lainnya.  Jelly Gamat Gold-G ini dipercaya dapat dijadikan obat asma yang ampuh.

11. Jahe

Kandungan gingerol yang hangat pada jahe dapat meredakan rasa dingin pada tubuh. Selain itu juga sebagai pelega saluran pernafasan, terutama pada orang yang mengalami asma karena alergi dingin.

12. Madu

Madu yang dicampur dengan air hangat, dapat menjadi obat alami untuk melancarkan saluran pernafasan, serta mengencerkan lendir yang menghambat di dalamnya.

13. Bunga kenanga

Bunga kenanga juga bisa digunakan sebagai obat yang ampuh untuk melegakan saluran pernafasan.  Minumlah  air rebusannya sebanyak dua kali dalam sehari.

14. Buah cermai

Buah cermai yang mengandung vitamin C dapat dijadikan sebagai obat asma.   Rebuslah dengan bahan herbal lainnya untuk membuat pengobatan asma lebih maksimal.

15. Daun kitolod

Jenis dedaunan semacam gulma ini banyak digunakan sebagai obat asma, namun untuk pemakaiannya sebaiknya berhati-hati karena mengandung racun pada getahnya.

16. Kopi

Di balik berbagai efek negatifnya, ternyata kandungan kafein pada kopi hangat tanpa gula dipercaya bisa menjadi obat untuk mengobati saluran nafas yang menyempit

17. Kunyit

Air rebusan kunyit, banyak digunakan sebagai obat asma herbal, sebab kunyit dapat melonggarkan pernafasan yang terhambat akibat asma.

18. Kencur

Kencur biasanya digunakan untuk mengobati batuk karena kandungan hangatnya dapat melonggarkan saluran nafas yang menyempit.

19. Ginko biloba

Ginko biloba dikenal sebagai obat herbal anti peradangan yang akan membuat paru-paru rileks terutama bagi penderita asma yang disebabkan oleh alergi debu, serbuk sari, dan lain sebagainya.

20. Ephedra

Termasuk dalam obat herbal China, ephedra digunakan sebagai obat asma, alergi, dan juga sinusitis untuk  membuka saluran nafas yang menyempit dan tersumbat.

21. Jamur reishi

Jamur reishi selain selain cocok diolah menjadi  berbagai masakan seperti sup, sayur bening, dan lain sebagainya, jamur reishi juga bermanfaat untuk anti peradangan dan meredakan asma.

22. Bawang bombay

Bawang bombay mentah dapat yang mengandung zat sulfur dapat dijadikan obat untuk melegakan saluran pernafasan dan mengurangi peradangan di paru-paru. Jika tidak dapat mentoleransi rasa menyengatnya, cobalah memakan bawang bombay yang sudah dimasak terlebih dahulu.

23. Bawang putih

Pengobatan herbal dengan menggunakan bawang putih dapat membantu membersihkan paru-paru terutama pada penderita asma stadium awal. Didihkan 3 siung bawang putih pada 1,5 cangkir susu lalu minum pada suhu ruang.

24. Sirih

Sirih hijau yang mengandung minyak astari memiliki rasa hangat apalagi jika dicampurkan dengan bubuk lada putih, dan minyak kayu putih dan digunakan sebagai pilihan obat asma yang pengaplikasiannya dioleskan pada dada dan leher.

25. Minyak kayu putih

Sama dengan sirih, obat yang satu ini tidak dapat dikonsumsi secara oral. Campurkan beberapa tetes minyak kayu putih dengan segelas air panas, lalu hirup aroma yang keluar dari minyak putih sebagai pelega saluran pernafasan.

Itulah 25 rekomendasi obat asma baik secara medis maupun tradisional yang dapat digunakan untuk mengatasi serangan asma. Yang perlu diingat, selain mengobati, lakukan tindakan pencegahan terutama dengan menghindari pencetusnya agar tidak menimbulkan serangan yang lebih parah dan berakibat fatal.