10 Manfaat Teh Hitam bagi Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui

Mar 28, 2017 by Kanya Anindita

Pasti selama ini kamu sudah sering membaca tentang manfaat teh hijau di berbagai artikel kesehatan. Teh hijau memang menjadi kian populer dalam beberapa tahun belakangan ini. Nggak cuma dijadikan sebagai bahan dasar dan campuran minuman, teh hijau juga digunakan sebagai bahan dasar dan campuran untuk makanan dan berbagai produk kecantikan. Namun, ternyata ada jenis-jenis teh lain yang juga memiliki manfaat yang sama seperti teh hijau.

manfaat teh hitam img
Sumber: gohealthyway.com

Sudahkah kamu mencoba meminum teh hitam? Meskipun nggak se-populer teh hijau, ternyata teh hitam juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Teh hitam dan teh hijau sama-sama berasal dari tumbuhan Camellia Sinesis, namun diproses melalui metode yang berbeda. Teh hitam harus melalui proses fermentasi sebelum proses pemanasan akhir. Nggak perlu khawatir soal kadar kafein dalam teh hitam, karena kadar kafein dalam teh hitam hanya sebanyak 100 gram (sedikit lebih banyak daripada teh hijau). Minum satu atau dua gelas teh hitam dalam sehari nggak akan membahayakan kesehatan, tetapi justru meningkatkannya. Berikut ini adalah sepuluh manfaat teh hitam bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui.

Manfaat Teh Hitam

1. Menyehatkan gigi

Penelitian yang dilakukan oleh Tea Trade Health Research Association membuktikan bahwa teh hitam dapat membantu mengurangi pembentukan plak dan pertumbuhan bakteri yang bisa menyebabkan rongga dan kerusakan pada gigi. Kandungan polifenol yang ada pada teh hitam membunuh bakteri penyebab gigi berlubang dan menghambat pertumbuhan enzim bakteri yang membentuk suatu material lengket yang mengikat plak pada gigi kita.

2. Menyehatkan jantung

Sama seperti teh hijau, teh hitam terbukti ampuh dalam meningkatkan kesehatan jantung dan menjauhkan resiko terhadap penyakit jantung dan stroke. Orang-orang yang membiasakan minum satu hingga tiga gelas teh hitam memiliki resiko terkena penyakit stroke lebih rendah sebanyak 21% ketimbang mereka yang nggak mengonsumsinya sama sekali.

3. Mecegah penuaan dini

Polifenol dalam teh hitam yang juga berperan sebagai antioksidan membantu memblokir kerusakan DNA yang diakibatkan oleh tembakau atau bahan kimia beracun lainnya. Antioksidan dalam teh hitam berbeda dari antioksidan yang ada pada sayuran dan buah-buahan, oleh karena itu nggak ada salahnya menambahkan teh hitam sebagai salah satu menu dietmu.

4. Mengatasi penyakit asma

Pasien penyakit asma yang rutin meminum teh hitam hangat terbukti bisa bernafas lebih mudah ketimbang mereka yang nggak sama sekali. Meskipun nggak bisa menyembuhkannya sebanyak 100 persen, tetapi teh hitam terbukti bisa meredakan asma dan mencegahnya untuk menjadi lebih parah.

5. Memperlancar pencernaan

Inilah mengapa teh hitam bagus untuk mereka yang sedang menjalani diet atau mengalami kesulitan dalam pencernaan. Kandungan tannin yang melimpah dan kandungan kimia positif lainnya dalam teh hitam berfungsi sebagai anti-inflamasi yang dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan.

6. Mencegah kanker

Meskipun diperlukan penelitian lebih banyak untuk menemukan cara paling ampuh dalam mencegah kanker, namun kandungan polifenol dan katekin yang ada pada teh hitam terbukti dapat mencegah beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara dan kanker serviks. Kehadiran theaflavin dalam teh hitam dapat menghancurkan sel-sel abnormal dalam tubuh sebelum mereka menyebabkan kerusakan besar atau berubah menjadi sel-sel kanker.

7. Menurunkan kolesterol

Mengonsumsi teh hitam juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh seseorang yang juga bisa menyebabkan stroke atau serangan jantung. Jika kamu memiliki kadar kolesterol tinggi, biasakan meminum tiga atau empat gelas teh hitam setiap hari hingga kada kolesterol jahatmu semakin berkurang.

8. Memperkuat tulang

Studi juga membutikan bahwa mereka yang rutin meminum teh hitam setiap hari memiliki resiko lebih rendah untuk terkena penyakit arthritis dan memiliki tulang yang lebih kuat. Hal ini dikarenakan oleh phytochemical yang ada pada teh hitam.

9. Mencegah diabetes

Penelitian yang dilakukan terhadap orang-orang tua di pulau Mediterania menunjukkan bahwa orang-orang yang telah mengonsumsi teh hitam secara jangka panjang pada tingkat sedang (yaitu satu atau dua gelas sehari) memiliki resiko 70% lebih rendah untuk terkena diabetes tipe 2

10. Meredekan stres

Manfaat teh hitam sama seperti teh hijau dan teh herbal, dapat membantu mengatasi kelelahan setelah melakukan aktivitas dalam seharian penuh. Studi menunjukkan bahwa asam amino L-theanine yang ditemukan dalam teh hitam dapat membantu kita menjadi rileks dan berkonsentrasi lebih baik. Teh hitam juga telah terbukti dapat mengurangi kadar hormon stres kortisol bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup secara teratur.

Related Articles