Yum! DIY Minuman Enak Ini Bakal Melancarkan Siklus Menstruasi Yang Nggak Teratur

Jul 01, 2017 by carmelw

Setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda. Pada umumnya siklus menstruasi terjadi setiap 28 hari. Namun, beberapa orang mengalami siklus menstruasi yang terjadi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari dan dapat dimasukkan dalam kategori tidak teratur. Banyak hal yang dapat menjadikan mensturasi tidak terjadi sesuai dengan siklus pada umumnya. Misalnya saja saat terjadinya kehamilan, penggunaan alat kontrasepsi, stres, berat badan berlebihan,  aktivitas tinggi, gangguan fungsi hormon, dan lain sebagainya. 

Untuk mengatasi menstruasi tidak teratur, biasanya diberikan penambahan jenis hormon tertentu sehingga hormon tubuh menjadi seimbang. Namun, jika kamu ingin menggunakan bahan-bahan alami, beberapa cara dibawah ini dapat diterapkan untuk memperlancar menstruasi kamu.

Jahe

ginger-tea
Sumber: doctoroz.com

Sudah lama jahe dikenal sebagai bahan alami yang dapat mengobati berbagai penyakit, termasuk  mengatasi nyeri haid dan  siklus menstruasi yang tidak teratur. Kandungan di dalam jahe memiliki fungsi untuk melebarkan pembuluh darah dengan merangsang pelepasan hormon adrenalin sehingga dapat melancarkan peredaran darah. 

Untuk mengkonsumsinya, kamu hanya perlu merebus 1 ruas jahe segar yang sudah diparut dengan 2 gelas air matang hingga tersisa 1 gelas. Kemudian saring dan tambahkan gula atau madu sesuai selera. Minumlah selagi hangat setelah makan, setidaknya 1 kali sehari selama satu bulan untuk mencapai hasil terbaik. 

Kunyit

turmeric
Sumber: jamuhomeremedy.com

Kunyit mempunyai kemampuan untuk menghangatkan tubuh dan meningkatkan keseimbangan hormon. Selain itu kunyit mengandung curcuminoid yang dapat memperlancar siklus menstruasi. Biasanya para wanita membuat ramuan kunyit asem untuk mengencerkan darah yang menggumpal, sehingga dapat mengurangi rasa sakit saat nyeri haid datang.

Cara mengolah kunyit menjadi minuman untuk melancarkan menstruasi adalah dengan merebus kunyit yang telah diparut dengan 3 gelas air matang dan asam jawa secukupnya. Kamu dapat menambahkan gula jawa agar rasanya lebih segar. Setelah ramuan mendidih, diamkan hingga dingin lalu saring dan ramuan kunyit asem pun siap diminum

Ketumbar

coriander-seeds_625x350_81433655555
Sumber: food.ndtv.com

Selain kunyit dan jahe, ketumbar juga merupakan bumbu dapur yang dapat membantu mengatasi menstruasi yang tidak teratur. Biji ketumbar memiliki sifat emmenagogue yang berfungsi untuk merangsang menstruasi agar siklusnya lebih teratur. Selain itu, ketumbar memiliki sifat anti inflamasi yang berguna untuk mengurangi kram perut dan nyeri akibat haid. Rebus 1 sendok teh biji ketumbar utuh dalam dua gelas air matang, didihkan hingga tersisa satu gelas saja. Saring bijinya dan minum air rebusan tadi tiga kali sehari selama beberapa hari menjelang menstruasi.

Kayu manis

cinnamon-milk
Sumber: update.com.ua

Kayu manis mengandung hydroxychalcone yaitu senyawa aktif yang efektif dalam mengatur insulin dan membuat menstruasi menjadi teratur. Dalam pengobatan Cina, kayu manis dikatakan ampuh memberikan efek pemanasan dalam tubuh, dan juga dapat mengurangi kram saat nyeri haid melanda. Bubuhkan 1/2 sendok teh bubuk kayu manis dalam satu gelas susu atau teh hangat. Minumlah secara teratur ramuan ini selama beberapa minggu, sebelum menstruasi datang. 

Biji wijen

sesameseeds
Sumber: organicfacts.net

Biji wijen yang biasanya digunakan untuk mempercantik jajanan ternyata dapat juga digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi menstruasi yang tidak teratur. Ambil satu genggam biji wijen lalu rendam dalam air hangat semalaman. Keesokan harinya minum air rendaman itu di saat perut kosong sebelum makan. Lakukan sehari sekali selama kurang lebih 2 minggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

Lidah buaya

aloe-vera
Sumber: food.ndtv.com

Kandungan di dalam lidah buaya dipercaya dapat meningkatkan produksi hormon yang bertanggung jawab untuk mengatur menstruasi sekaligus dapat membantu mengatasi menstruasi yang tidak teratur. Untuk memanfaatkan lidah buaya ini, caranya adalah dengan menggunakan gel yang ada di dalamnya. Belah dua daun lidah buaya, ambil gelnya kemudian campurkan dengan 1 sendok makan madu. Minum ramuan ini selama tiga bulan secara teratur untuk mendapatkan hasil terbaiknya, namun saat menstruasi datang sebaiknya hentikan untuk mengkonsumsinya. 

Pepaya

papaya
Sumber: stylecraze.com

Pepaya muda juga dapat digunakan untuk mengatasi menstruasi yang tidak teratur. Buah yang satu ini dapat membantu kontraksi otot yang kemudian akan merangsang kelancaran siklus menstruasi. Pepaya muda dapat dikonsumsi secara langsung, ditumis, ataupun dibuat jus.  Jika ingin selalu lancar, sebelum menstruasi datang, konsumsi buah pepaya mentah ini secara rutin.

Pare

Jus-Pare
Sumber: lawankanker.org

Sama seperti pepaya muda, pare juga mampu melancarkan dan membuat siklus menstruasi menjadi teratur. Untuk mengkonsumsinya,  kamu bisa mengolahnya menjadi makanan kesukaanmu atau membuatnya jadi jus untuk menghindari rasa pahitnya. Makan pare atau minum segelas jus pare 1-2 kali sehari selama beberapa minggu sebelum menstruasi datang.

Nah, tidak terlalu sulit kan mendapatkan bahan-bahan tersebut, Girls? Namun, saat semua cara sudah dilakukan, dan tidak dapat mengatasi permasalahan menstruasimu. Segera konsultasikan ke dokter karena bisa saja hal ini dipengaruhi oleh penyakit yang harus segera ditangani dengan baik.

Related Articles