Yuk, Kenali Lebih Jauh Manfaat Essential Oil

Apr 11, 2018 by Dira L

Belakangan ini essential oil jadi favorit banyak orang. Mulai dari para ibu yang menggunakannya untuk kesehatan Si Kecil, sampai wanita yang menggunakannya untuk manfaat kecantikan. Memangnya apa saja sih manfaat essential oil? Memangnya sebegitu berpengaruh untuk kesehatan? Bahkan katanya juga banyak perpengaruh untuk kecantikan, lho! Penasaran?

Apa Sih Essential Oil?

manfaat essential oil untuk kesehatan img
photo source: pexels.com

Essential oil merupakan saripati tumbuhan yang berasal dari akar, batang, daun, ranting, bunga, getah, dan kulit buah yang disuling oleh uap maupun air. Essential oil ini juga bisa melalui proses penyulinan kering yang alami maupun dengan coldpressed. Ingat ya ladies kalau essential oil ini berbeda dengan parfum. Tidak sama juga dengan fragrance oil karena essential oil langsung berasal dari tumbuhan dan punya fungsi menyembuhkan. Berbeda dengan parfum yang berasal dari bahan buatan dan tidak bisa menyembuhkan.

Manfaat Essential Oil

manfaat essential oil untuk tubuh img
Photo by Logan Nolin on Unsplash

Percaya nggak percaya, essential oil ini bekerja dengan berinteraksi dengan sistem tubuh. Jadi manfaat essential oil ini sangat terasa langsung untuk kesehatan tubuh seperti meningkatkan daya tahan tubuh, detoks, regenerasi sel, hingga menunjang fungsi organ.

Essential oil ini bekerja mengikuti apa yang diperlukan tubuh dan membantu tubuh kembali ke kondisi yang stabil/seimbang. Nah, tubuh yang stabil dan seimbang rupanya mempunyai kemampuan untuk menyembuhkan diri sendiri. Tidak heran kalau mulai banyak yang menggunakan essential oil untuk menyembuhkan batuk dan pilek, ya.

Manfaat essential oil tidak hanya untuk kesehatan, tapi juga untuk kecantikan. Beberapa essential oil dari tumbuhan punya manfaat anti-aging, masalah kulit berjerawat, sunburn, bahkan untuk perawatan kulit kepala yang berketombe, lho!

Cara Menggunakan Essential Oil

manfaat essential oil
Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Kamu bisa mengaplikasikan langsung essential oil ke tubuh. Kalu kamu punya kulit sensitif atau baru pertama kali mencoba, Miignon sarankan kamu mencampurkannya dengan minyak pelarut. Ingat, coba sedikit dulu untuk mengetes apakah kamu mengalami reaksi alergi, ya.

Cara kedua adalah dengan diffuser sehingga kamu bisa menghirupnya. Ada banyak diffuser yang menggunakan lilin maupun elektrik yang menggunakan listrik. Kamu sebenarnya juga bisa menghirupnya langsung dengan menuangkannya ke tangan. Apalagi dengan cara ini essential oil mencapai otak hanya dalam waktu 20 detik. Miignon kalau susah tidur sering lho menghirup essential oil lavender supaya tidur nyenyak. Sementara kalau kamu menggunakan diffuser, kamu cukup mencau air dan meneteskan essential oil.  Diffuser akan memecah essential oil bersama dengan air yang nantinya akan tersebar di udara dan bisa kamu hirup.

Essential oil ini benar-benar multifungsi, yaYuk, rasakan manfaat essential oil untuk kesehatan dan kecantikan kamu!

Baca Lebih Lanjut

Skin Care Korea dan Skin Care Barat, Apa Perbedaannya?

5 Produk Skincare Ini Yang Sebaiknya Kamu Gunakan Tiap Hari

Related Articles