Yang Perlu Diperhatikan Saat Melakukan Perjalanan Bisnis

Mar 13, 2018 by Gabriella Sakareza

Tiba-tiba kamu mendapat tugas perjalanan bisnis ke luar kota atau luar negeri nih. Menyenangkan ya? Iya sih daripada bosan bolak-balik kantor atau tempat yang itu-itu terus, ke tempat yang baru pasti terdengar menyenangkan. Apalagi kalau tempat itu jauh dan merupakan tempat yang sudah diinginkan untuk dikunjungi.

Tapi meskipun menyenangkan, kamu harus ingat nih awal mula tujuanmu, yaitu untuk perjalanan bisnis. Kamu mau bekerja lho, bukan hanya liburan. Bisa sih disempatkan untuk liburan, tapi jangan malah kebablasan ya!

Yang Perlu Diperhatikan Saat Melakukan Perjalanan Bisnis

1. Packing Secukupnya

perjalanan bisnis packing secukupnya gbr

Sesuaikan keperluan pekerjaan dan yang untuk bersenang-senang. Tapi jangan terlalu banyak, usahakan satu tas atau koper saja cukup. Jangan sampai terlalu rempong dengan bawaanmu sendiri.

Bawalah juga barang-barang yang berguna agar perjalanan semakin nyaman. Dengan bantuan earplug dan headphones, Anda bisa tidur nyenyak di pesawat tanpa gangguan dan mendapat istirahat yang cukup!

2. Persiapan Khusus

perjalanan bisnis persiapan khusus img

Persiapan sangat penting untuk perjalanan bisnis yang sukses. Buktikan profesionalisme Anda: catat rute terbaik untuk mencapai hotel, cek kembali tanggal reservasi mobil sewaan, dan ingat untuk menyalakan alarm agar Anda tidak tertinggal pesawat atau telat meeting!

3. Tampil Rapih dan Profesional

Ingat, karena tujuan utamamu adalah bekerja, bawa pakaian rapih dan profesional. Jangan malah kenakan baju santai dan casual seperti mau main. Boleh bawa pakaian santai beberapa potong, tapi tetap harus tampil profesional saat akan bekerja.

4. Fokus pada Agenda Kerja

Perhatikan setiap detail agenda kerjamu setiap harinya selama business trip. Jangan sampai kamu terlambat, karena hal itu akan mengganggu kenyamananmu dan tentu saja rekan bisnis lainnya! Datang terlambat juga bisa membuat nilai profesionalitasmu menurun drastis di mata klien, lho.

5. Jangan Asyik Belanja

perjalanan bisnis jangan asyik belanja foto

Ini yang paling harus dihindari. Belanja boleh, tapi jangan kebablasan! Lebih gawat lagi kalau nanti tasmu malah penuh dengan belanjaan dan souvenir daripada keperluan pekerjaanmu.

6. Jangan Terlalu Asyik Party

Ini juga perlu dihindari. Mungkin asyik sih mengunjungi beberapa klub malam di luar kota atau luar negeri, tapi kamu harus kontrol konsumsi alkoholnya ya! Jangan sampai besoknya kamu masih mabuk berat dan bikin kondisi kesehatanmu drop. Kamu juga nggak mau kan tampil masih setengah sadar saat bekerja, apalagi bertemu klien?

Related Articles