Week End Trip di Semarang

Mar 09, 2017 by Alifah Puarada

Welcoming week end ! Setelah sibuk dengan urusan pekerjaan selama week days, kamu perlu piknik supaya otak tetap fresh. Berlibur nggak harus jauh dan lama kok. Kamu bisa travelling ke kota-kota yang relatif dekat dengan tempat tinggalmu. Atau jika tetap perlu naik pesawat, pilih destinasi yang hanya satu kali flight. Hemat waktu dan biaya. Mengingat ini short getaway.

Ke Bali atau Jogja mungkin kedengaran terlalu biasa karena sudah sering. Kali ini coba travelling ke Semarang. Ibukota provinsi Jawa Tengah ini memang kurang terdengar gaungnya sebagai kota wisata dibanding tetangganya, Yogyakarta atau Solo. Padahal Semarang nggak kalah keren loh. Banyak atraksi wisata yang bisa kamu temukan di sini.

Kalau kamu masih bingung mau ngapain aja di Semarang, yuk lihat dulu itinerary di bawah ini ! Akhir pekan besok langsung meluncur, ya ?

Itinerary di Kota Semarang

Sabtu

09.00 WIB – Tiba di bandara Ahmad Yani

Ini perkiraan kamu bernagkat dari Jakarta dan hanya memerlukan satu kali penerbangan. Pilih penerbangan pagi supaya masih segar.

10.15 WIB – Klenteng Sam Poo Kong

Dari bandara, kamu bisa check in dulu di hotel pilihanmu. Tinggal pilih mau yang berbintang atau guest house. Di hotel kamu bisa meletakkan bawaan dan touch up sebentar. Ini asumsinya kamu sudah sarapan dari rumah. Kalau barang bawaanmu sedikit dan nggak merepotkan, dari bandara kamu bisa langsung bertolak ke klenteng Sam Poo Kong yang jaraknya nggak sampai 30 menit dari bandara. Jarak praktik ya itu, bukan jarak teori.

Atraksi utama klenteng Sam Poo Kong, ya klentengnya. Aktivitas utama yang bisa kamu lakukan di sini ya ambil foto. Bangunan klentengnya unik, jadi sudah menjadi ikon wisata Semarang.

Dua jam di klenteng ini pasti sudah dapat ratusan foto. Saatnya pindah tempat. Karena sudah siang, kamu bisa lunch di rumah makan Pak Untung. Gulai kepala kakapnya juara loh. Ada menu lain juga kalau nggak suka gulai.

13.05 WIB – Lawang Sewu

Ikon wisata paling terkenal di Semarang, apa lagi kalau bukan Lawang Sewu. Ada di lokasi yang sama dengan Tugu Muda, tiket masuk Lawang Sewu hanya sepuluh ribu rupiah per orang. Di sini juga jangan lupa foto-foto. Selain berfoto, kamu bisa mempelajari sejarah kereta api di sini. FYI, sekarang Lawang Sewu difungsikan sebagai museum kereta api.

15.10 WIB – Kota Lama

Menjelang sore, kamu perlu mengunjungi Kota Lama. Landmarknya tentu saja Gereja Blenduk yang bangunannya super unik. Selain menikmati suasana kota era Belanda, kamu bisa masuk ke trick eye museum. Foto-foto lagi ! Puas keliling Kota Lama, kamu boleh mampir ke Toko Oen di dekat Pasar Johar untuk menikmati es krim citarasa Belanda. Jangan lupa sempatkan mencicip Lumpia khas Semarang di gang Lombok.

18.30 WIB – Pecinan

PECINAN pic

Pilihan untuk makan malam sangat beragam, tapi coba mampir ke Pecinan usai mencicip Lumpia di gang Lombok. Biasanya ramai pada malam Minggu. Jadi semacam pusat kuliner karena para pedangang menggelar lapak di sepanjang jalan. Seru banget suasananya !

21.00 WIB – Banjir kanal barat

Kalau belum ngantuk, melipir sebentar ke Banjir Kanal Barat. Nggak ada apa-apa sih, cuma duduk-duduk di tepi sungai sambil melihat keramaian. Kalau mau yang lebih ramai lagi, duduk-duduk saja di sekitar gubernuran. Itu tempat gaulnya anak-anak muda.

Minggu

06.00 WIB – CFD di Sekitar Simpang Lima

Meskipun libur, kamu harus tetap bangun pagi. Nggak usah manci dulu, langsung gabung ke keramaian Car Free Day di sekitar Simpang Lima atau Jalan Pandanaran. Sekalian sarapan bubur ayam juga boleh loh. Setelah sarapan langsung kembali ke hotel untuk bersiap-siap tour selanjutnya.

09.30 WIB – Vihara Buddhagaya

Seharian city tour di hari Sabtu kemarin, saatnya menjangkau sisi lain Semarang. Mulai dari Vihara Buddhagaya Watugong. Ini adalah pagoda tertinggi di Indonesia, tingginya mencapai 45 meter dan cantik sekali.

Puas mengambil gambar di bangunan megah ini, mari naik menuju perbukitan Semarang. Siapkan jaket ya, suhunya agak dingin.

11.40 WIB – Umbul Sidomukti

Namanya Umbul Sidomukti, merupakan kawasan wisata pegunungan di Ungaran. Atraksi utamanya tentu saja outbound. Kamu bisa menantang adrenalin dengan main flying fox yang melewati jurang. Ada juga wahana rappeling menuruni lembah, ATV, dan kolam renang alami yang pemandangannya luar biasa.

Pondok Kopi semarang img

Usai memacu adrenalin, kamu bisa bersantai sejenak minum kopi di tempat nongkrong kekinian bernama Pondok Kopi. Viewnya pegunungan cantik sekali.

18.40 WIB – Jalan Pandanaran

Setelah check out dari hotel, sebelum pulang, kamu bisa mampir sebentar ke Jalan Pandanaran. Ini pusat oleh-oleh. Bandeng presto dan lumpia mendominasi di sini, tapi jajanan lain juga banyak.

20.00 WIB – Pulang

Ambil penerbangan malam ke kota asalmu. Sampi rumah langsung istirahat lalu bersiap untuk hari kerja esok.

Related Articles