Wawancara Kerja Via Skype, Ini Loh Tips Suksesnya Buat Kamu

Jul 26, 2017 by Alifah Puarada

Di era serba digital seperti sekarang ini, kesempatan berkarir di berbagai perusahaan multinasional semakin terbuka lebar. Informasi lowongan pekerjaan dapat ditemukan di berbagai situs internet. Informasi perusahaan pun dapat dilihat dengan mudah di website company. Mengirim surat lamaran juga nggak perlu susah-susah ke kantor pos, tinggal apply melalui situs pencarian kerja lalu menunggu undangan wawancara. Sesi wawancara pun semakin mudah karena nggak perlu hadir langsung di perusahaan melainkan wawancara kerja via Skype.

Job interview via Skype memang jauh lebih mudah dan murah dibandingkan jika harus pergi langsung ke perusahaan pengundang. Apalagi kalau jarak antara tempat tinggal pelamar dan perusahaan cukup jauh atau malah berbeda kota bahkan negara. Wawancara melalui Skype dengan segala kelebihannya belakangan menjadi pilihan berbagai perusahaan.

Nah, kalau kamu adalah salah satu pelamar yang kebetulan sedang mendapat undangan interview kerja via Skype, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Begini tips job interview via Skype supaya sukses menarik hari pewawancara.

Tips Interview Via Skype

Persiapan Teknis

persiapan teknis wawancara via skype img

Berbeda dengan wawancara konvensional di mana kamu dan pewawancara berada di ruangan yang sama, pada interview via Skype kamu dan pewawancara terpisah jarak bahkan bisa dibilang berada di belahan bumi yang berbeda. Satu-satunya penghubung adalah Skype dan koneksi internet. Jadi pastikan kamu mempersiapkan faktor teknis ini dengan sangat baik. Periksa koneksi internet, siapkan dua sumber berbeda. Misalnya, koneksi internet dari wifi dan tethering smartphone sehingga kalau tiba-tiba wifi mati kamu nggak kelimpungan.

Selain koneksi internet, perhatikan juga hardware-nya. Pastikan webcam, speaker, dan mic semuanya berfungsi dengan baik. Coba dulu untuk melakukan video call dengan teman. Bila perlu, gunakan earphone untuk meminimalisir noise.

Jauhkan Distraksi

jauhkan distraksi img

Distraksi ini bisa berupa apa saja : kucing mengeong, anjing menggonggong, orang lewat, dan sebagainya. Cara mengantisipasinya adalah, lakukan wawancara di ruangan tertutup. Jika di rumah, beritahukan pada penghuni rumah yang lain kalau kamu akan melakukan job interview pada waktu yang spesifik jadi mintalah pengertian mereka. Untuk amannya, kunci ruangan yang kamu pilih untuk wawancara supaya binatang peliharaanmu nggak masuk dan ikut wawancara juga.

Distraksi lain bisa juga berasal dari rasa gugup yang kadang membuat otakmu loading lebih lama. Atasi hal ini dengan cara mempersiapkan catatan kecil berisi hal-hal penting yang kamu anggap dapat membantumu meraih pekerjaan impian. Karena bukan Ujian Nasional, tentu sedikit melirik catatan diperbolehkan.

Persiapan Penampilan

Jangan mentang-mentang wawancara di rumah sendiri lantas kamu memakai piama dengan rambut digelung berantakan seperti baru bangun tidur. Tetap kenakan pakaian yang rapi dan sopan dengan riasan seperti layaknya interview. Masa’ untuk foto Instagram kamu rela dandan berjam-jam tapi untuk job interview malah tampil seadanya ?

Selain itu, perhatikan juga penampilan sekitarmu. Pastikan background dan semua sudut yang tertangkap kamera terlihat rapi. Pilihan paling aman adalah menjadikan tembok polos sebagai background.

Pastikan Mata Menghadap Kamera Saat Interview

mata menghadap kamera img

Jika pada wawancara konvensional kamu selalu diberitahu untuk menatap mata pewawancara saat bicara, pada wawancara lewat Skype kamu harus menatap kamera. Ingat ya, lihat ke kamera, bukan menatap monitor. Kalau kamu menatap monitor, pewawancara akan melihatmu seperti menatap ke arah lain yang berarti kamu terlihat seperti nggak antusias. Nggak mau dong, gagal wawancara gara-gara pewawancara salah asumsi ?

Jangan Lupakan Aturan Kesopanan

Menyapa pewawancara, tersenyum, mengangguk di saat yang tepat, dan mengucapkan terima kasih setelah sesi wawancara selesai nggak boleh kamu lupakan. Mau interview langsung atau interview via video call, aturan kesopanan umum selalu sama. Bedanya, kamu nggak bisa berjabat tangan dengan pewawancara saat interview lewat Skype.

Related Articles