Waspada, Ini Ciri-Ciri Stres Telah Mengikat Sebagian Hidupmu Tanpa Disadari

Jun 03, 2018 by carmelw

Percaya atau tidak, yang namanya stres bisa jadi sebuah bentuk keterikatan baru di era modern ini. Dan, sayangnya tidak banyak orang yang menyadarinya sehingga kemudian mereka cenderung untuk membiarkan keterikatan ini tumbuh dan berkembang dalam dirinya. Faktanya, saat seseorang secara emosional kecanduan gaya hidup yang penuh stres, hormon adrenalin dan hormon kortisolnya akan terpompa keluar dalam tingkat tinggi yang tentu saja sangat berbahaya jika dibiarkan terus-menerus terjadi, terutama bagi kesehatan secara keseluruhan.

Berdasarkan hal tersebut, dilansir dari womanitely.com, berikut ini Miignon bagikan beberapa tanda peringatan keterikatan emosional terhadap stres yang dapat diwaspadai demi membantu mengenali masalah sekaligus untuk mencari solusi bagaimana mengatasinya.

Tidak pernah berhenti mengkhawatirkan masa depan

ciri-ciri stres
Sumber: pexels.com

Memiliki perencanaan masa depan memang baik. Namun, terus-menerus khawatir tentang apa yang belum terjadi di masa depan merupakan salah satu ciri-ciri stres telah mengikat kehidupanmu.

Nyatanya, banyak orang yang menyadari sebenarnya mereka tidak dapat memprediksi apa yang akan terjadi di masa mendatang, tetapi adanya kekhawatiran yang berlebihan justru akan menimbulkan lebih banyak tekanan di dalam kehidupannya. Jadi, sebaiknya nikmati saja apa yang terjadi saat ini dan cobalah berpasrah dengan apa yang akan terjadi di masa depan.

Memiliki kecenderungan untuk menciptakan stres

ciri-ciri stres
Sumber: pexels.com

Seringkali seseorang memiliki kecenderungan untuk menciptakan suasana yang akhirnya membuat dirinya terjebak stres sendiri. Misalnya saja lebih memilih menunda pekerjaan dengan alasan masih banyak waktu, dan berakhir dengan tercipatnya stres saat deadline semakin dekat. Sebaiknya, usahakan untuk membuat perencanaan sehingga pekerjaan dapat selesai sesuai jadwal.

Baca Juga: Jangan Disepelekan, Jika Kamu Mengalami Ini Pertanda Kamu Sedang Stres

Selalu merasa dikejar waktu

ciri-ciri stres
Sumber: pexels.com

Ciri-ciri stres telah menjadi bagian hidupmu adalah seringkali merasa setiap detik dalam hidupnya sangat berarti dan tak ingin membuangnya untuk hal yang sia-sia. Dia akan selalu merasa dikejar waktu dan sangat tidak sabaran, bahkan saat harus menunggu lift di kantor atau saat harus menunggu makanan datang di kantin. Berusahalah untuk lebih sabar, karena itu baik bagi kesehatan.

Tidak sabaran terhadap orang lain

ciri-ciri stres pada wanita img
Sumber: pexels.com

Tidak peduli dengan status dalam interaksi dengan orang lain, stres tetap saja akan menjadi sahabat dan mengikat kehidupan seseorang. Dalam arti kata, apapun yang dilakukannya saat dia memposisikan diri entah sebagai ibu, istri, maupun seorang pegawai, keterikatan akan stres selalu menyertainya dan semakin tampak saat seseorang yang lain tidak melakukan sesuai dengan apa yang diharapkannya.   

Drama sebagai bagian hidup

ciri-ciri stres dalam hidup img
Sumber: pexels.com

Ciri-ciri stres yang menjadi bagian hidup adalah umumnya selalu menjadikan segala hal sebagai drama. Anehnya, mereka cenderung menikmatinya dan mulai mencari-cari bagaimana cara agar selalu ada sisi dramatis dalam setiap hal yang dilakukan. Orang yang terikat stres akan kesulitan menjalani hidup dengan tenang.

Baca Juga: Psikosomatis: Stres Yang Berdampak Pada Gangguan Kesehatan Fisik

Alih-alih menikmati kehidupan dengan bahagia, orang yang terikat stres tanpa disadari seringkali lupa bagaimana rasanya melihat sebuah hal itu sebagai suatu kesempurnaan, dan cenderung terus-menerus mencari celah kesalahan yang nantinya akan membuatnya merasa stres jika menemukannya.

Bagaimana? Adakah tanda-tanda stres yang menyertai kehidupanmu? Saat kamu secara emosional terikat stres, tanda yang seringkali tampak adalah kamu akan menyerah pada diri sendiri, mengabaikan perasaan orang lain, dan membiarkan adanya tekanan di dalam dirimu terus berkembang tanpa adanya usaha untuk menghentikannya.

Hal ini tentu saja tidak baik jika terus-menerus terjadi. Selain dapat mempengaruhi interaksi dengan orang sekitar, keterikatan akan stres juga dapat mempengaruhi kesehatan di masa mendatang. Jadi, segera cari cara bagaimana untuk mengatasinya. Bagaimanapun juga hidup dengan bahagia tanpa stres jauh lebih menyenangkan, bukan?

Related Articles