WAJIB BACA! Inilah Alasan Kenapa Kamu Nggak Harus Nikah Muda

May 21, 2018 by Silvia Ayu

Buat sebagian orang, menikah bukanlah perkara mudah yang hanya “mentok” di balik kata “sah”, tapi tentu saja lebih dari itu. Kalau kamu juga setuju dengan pendapat ini, apa sih arti menikah buatmu? Khususnya buatmu yang masih muda dan belum banyak punya pengetahuan tentang hubungan dewasa nan serius ini.

Ngomongin soal nikah muda, Miignon pun punya pendapat yang mungkin akan membuka matamu, bahwa ternyata pernikahan di usia muda itu nggak selamanya perlu dilakukan. Bukan menghalangi niatmu untuk lanjut ke tahap halal, Miignon hanya akan membagikan hal-hal logis mengenai pernikahan di usia muda yang mungkin belum pernah kamu baca di media lain sebelumnya!

Tentu, kamu masih punya sejuta cita-cita dan harapan yang perlu diwujudkan

https://unsplash.com/photos/9kja1Ry3VX4

Setiap orang pasti punya cita-cita yang ingin sekali diwujudkan. Termasuk kamu, anak muda yang sedang gencar-gencarnya meniti karir dan mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya demi kebaikan di masa depan. Nggak menutup kemungkinan, kamu pun akan banyak memiliki harapan-harapan yang belum bisa terwujud untuk saat ini, tapi di kemudian hari.

Bukan berarti ketika kamu menikah semuanya akan terhalangi. Hanya saja, saat menikah kamu akan memiliki beberapa batasan yang tentunya perlu didiskusikan dengan pasangan, demi langgengnya hubungan pernikahan.

Menikah bukan ajang gengsi, buat apa sih kamu iri sama teman-teman yang terlebih dahulu melepas masa lajang?

https://unsplash.com/photos/WG6iLHfMY9Y

Usia muda memang saat yang tepat untuk “melampiaskan” semua hasrat yang ada. Termasuk ketika temanmu yang sudah mampu secara finansial dan mental untuk menikah muda, ya mereka tanpa ragu akan melakukannya. Beda denganmu yang mungkin masih terlalu “lugu” untuk mengikuti jejak temanmu.

Kamu tentu punya teman lain yang masih single bukan? Kenapa kamu nggak meluangkan lebih banyak waktu dengan mereka supaya pola pikirmu berubah? Ya, menikah itu bukan untuk ajang gengsi, melainkan sarana pemantapan hati.

Keluargamu masih belum rela melepasmu, karena mereka pun terkadang merasa ragu

nikah muda pilihan img
https://unsplash.com/photos/-Ji4RoDIckE

Jangan salah, bukan hanya kamu lho yang bisa ragu-ragu terhadap perasaanmu sendiri. Orangtuamu, terutama, bisa saja belum rela melepasmu ke pelukan orang lain yang mereka anggap memang belum layak mendampingimu. Kalau sudah begini, coba tanyakan ke hatimu, apakah kamu juga masih ragu untuk segera melepas masa lajang?

Kamu belum siap secara finansial dan mental. Masih mau nekat?

alasan nikah muda img
https://unsplash.com/photos/hjrpVUfL8V8

Urusan finansial memang bukan hal utama untukmu memulai status baru sebagai suami atau istri orang. Tapi, berpikirlah logis ketika kamu akan butuh tempat tinggal, kendaraan sampai perintilan lain yang pastinya butuh biaya nggak sedikit. Belum lagi ketika kamu sudah punya anak, kebutuhan-kebutuhan ini akan terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Belum lagi soal mental, yang pastinya jauh lebih rumit di banding sekadar urusan finansial. Ini kaitannya dengan kesiapan hati dan kedewasaanmu untuk benar-benar hidup mandiri dan terbiasa dengan komitmen pernikahan. Pikirkan baik-baik, karena ini menyangkut kehidupanmu sendiri!

Related Articles