Undangan Pernikahan Itu Penting, Sebaiknya Perhatikan Ini Sebelum Mengirim

Apr 23, 2018 by carmelw

Hari pernikahan semakin dekat. Semua persiapan hampir selesai dilakukan, termasuk mencari vendor catering, menyewa venue dan fotografer, serta berbagai hal yang berhubungan dengan riasan calon pengantin dan keluarga yang akan digunakan saat hari H nanti. Lalu bagaimana dengan persiapan penyebaran undangan pernikahan? Apakah sudah diperhitungan dengan baik juga?

Meskipun terlihat sepele jika dibandingkan dengan berbagai kebutuhan pernikahan lainnya, nyatanya urusan pengiriman undangan pernikahan tidak dapat dipandang dengan sebelah mata. Ini hal yang harus benar-benar menjadi perhatian dan tidak boleh kalah dengan urusan yang lainnya demi menghindari permasalahan yang akan terjadi di kemudian hari dan menyebabkan acara menjadi berantakan.

Buat kamu calon pengantin, berikut ini setidaknya ada empat hal yang perlu diperhatikan sebelum kamu mengirimkan undangan pernikahanmu, simak baik-baik ya.

 

Hal yang diperhatikan saat mengirim undangan pernikahan

Waktu yang tepat untuk mengirim undangan

Ada dua hal yang berhubungan dengan waktu yang tepat dalam pengiriman undangan, yaitu :

Pertama. Pastikan undangan selesai dicetak setidaknya dua bulan sebelum waktu penyebaran, agar kamu mempunyai waktu untuk mempersiapkan pengirimannya Percayalah, urusan pengiriman undangan termasuk penulisan nama dan alamat bagi mereka yang terundang ini tidak sesederhana yang kamu pikirkan.

Kedua. Waktu penyebaran undangan yang ideal adalah sekitar 2-4 minggu sebelum hari pernikahan. Namun, untuk undangan khusus yang berasal dari luar kota umumnya dikirimkan dalam rentang waktu yang lebih lama sekitar 4-6 minggu sebelum hari H supaya mereka juga dapat mempersiapkan berbagai hal untuk dapat menghadiri acaramu.

Sebaiknya jangan mengirimkan undangan terlalu jauh dari tanggal berlangsungnya acara untuk menghindari undangan tercecer dan justru terlupakan dengan begitu saja. Begitu pula jika mengirimkan undangan terlalu dekat dengan hari pernikahan, bisa jadi mereka yang kamu undang sudah memiliki acara lain sebelumnya.

Baca Juga: 7 Tips Diet Sebelum Menikah, Badan Lebih Nyaman Bergerak di Hari Spesial

Tulis dengan tepat kepada siapa undangan dituju

Menuliskan kepada siapa undangan dituju tentu saja tidak dapat kamu anggap remeh, lho Girls. Bagaimanapun juga ini nanti akan berhubungan dengan jumlah orang yang akan kamu undang, termasuk jumlah souvenir, makanan, dan lain sebagainya. Sebaiknya catat dan tuliskan dengan detail kepada siapa undangan akan ditujukan.

Jika kamu mengundang teman yang belum menikah atau berstatus single, sebaiknya cukup tuliskan namanya saja. Artinya, kamu hanya menghitung satu undangan untuk satu orang saja.

Sebaliknya, jika mengundang pasangan suami istri, kamu bisa mencantumkan tulisan Tuan dan Nyonya yang diikuti dengan nama suami. Namun, jika kamu menginginkan mengundang satu keluarga lengkap dengan seluruh anggota keluarga, kamu bisa menuliskan undangan yang ditujukan untuk “Keluarga” lalu diikuti dengan nama kepala keluarga.

Penulisan nama dan gelar

Perhatikan dengan benar tentang penulisan nama dan gelar bagi mereka yang akan kamu undang. Untuk teman sebaya mungkin tidak masalah jika hanya mencantumkan nama panggilan saja. Namun, tak jarang ada orang yang merasa tersinggung jika gelarnya tidak dicantumkan. Sebaiknya cari tahu tentang nama dan gelar yang benar bagi para undangan untuk menghargai dan menghormati status sosialnya.

Penulisan alamat yang benar dan lengkap

Jangan menyepelekan penulisan alamat secara lengkap dan benar. Lupa mencantumkan nomor rumah akan mengakibatkan undangan pernikahan tidak sampai ke tangan penerima jika kita nantinya bermaksud mengirimkan undangan via kurir atau jasa pengiriman. Demikian juga saat menuliskan tempat acara pernikahan berlangsung, sebaiknya tuliskan alamat yang benar untuk mempermudah undangan untuk mencapai lokasi.

Itulah hal-hal yang perlu kamu perhatikan sebelum mengirimkan undangan pernikahan. Sekali lagi, urusan pengiriman undangan pernikahan sebaiknya harus benar-benar kamu perhatikan, bahkan di awal kamu mempersiapkan segala urusan pernikahanmu. Selamat mempersiapkan pernikahan, Bride.

Baca Juga: Pernikahan Sangat Penting, Ini yang Harus Kamu Lakukan di Hari Spesialmu

Related Articles