Tujuan wisata jazz yang harus dikunjungi oleh kamu para pecinta musik jazz

Jan 15, 2018 by Gabriella Sakareza

Genre jazz adalah genre yang tidak lekang oleh waktu. Selain itu, jazz adalah genre yang lebih mudah disukai oleh semua kalangan, baik dari anak kecil, remaja hingga orang dewasa. Setiap melodi dalam musik ini bisa mudah didengarkan dimanapun yang kamu mau.

Termasuk saat kamu traveling. Bukan berarti mendengarkan musik di hp kamu ya! Namun di beberapa negara di dunia, ada beberapa kota yang dijuluki surga jazz, karena merupakan kampung halaman musik jazz dikumandangkan. Mungkin sama halnya genre country yang sangat kental di beberapa bagian kota Amerika Serikat.

Dan beberapa kota ini merupakan kampung halaman bagi musik jazz. Jadi ketika kamu mengunjungi tempat ini, akan sangat mudah bagi kamu untuk menemui atau mendengarkan musik jazz! Mau tau kota mana aja yang jadi tujuan wisata jazz?

6 Kota Tujuan Wisata  Jazz

#1. Amsterdam, Belanda

amsterdam city pic
image source : shutterstock.com

Di Amsterdam terdapat sebuah jazz club terbaik di Eropa yang bernama Bimhuis. Tempat ini mampu menawarkan pengalaman terbaik dalam menonton pertunjukan musik jazz, baik original jazz maupun akustik. Tempat ini juga disertai dengan amphitheatre yang mampu memberikan visual terbaik dalam sebuah pertunjukan.

#2. New Orleans, Amerika Serikat

new orleans jadi tujuan wisata jazz img
image source : shutterstock.com

Tanah kelahiran jazz yang melantunkannya dalam segala bentuk, mulai dari blues, gospel, sampai brass band. New Orleans pula yang menempa pemusik besar seperti Louis Armstrong dan Sidney Bechet dengan tembang-tembang sepanjang masa favorit Anda. Wajib ada dalam list tujuan wisata jazz, nih!

#3. Paris, Prancis

image source : pixabay.com

Relatif berbeda daripada jazz pada umumnya, negeri Prancis menggaungkan genre ini dengan estetika tersendiri hingga mencapai puncaknya pasca Perang Dunia pertama. French jazz dianggap identik dengan irama avant-garde dan bossa nova yang senantiasa dirindukan.

#4. New York City, Amerika Serikat

iamge source : pixabay.com

Big Apple membawa perkembangan signifikan terhadap dunia musik hingga kini, tak terkecuali jazz. Pastikan kamu menyaksikan meriahnya berbagai festival jazz di sana seperti Winter Jazzfest hingga pentas spektakular ala Jazz at Lincoln Center.

Di kota ini juga terdapat sebuah klub jazz terkenal yang bernama Nublu. Tidak lama setelah Nublu dibuka, tempat ini menjadi markas bagi para musisi untuk menciptakan kreasi musik jazz.

#5. Havana, Kuba

Di sepanjang urat nadi Kuba, detak jazz berdenyut kencang. Afro-Cuban jazz sendiri merupakan kombinasi latin salsa, timba, dan rumba yang kerap terdengar di bar ataupun tepi jalan. Jangan heran jika kamu mendapati ragam aksi terompet saat menyusuri trotoarnya.

Salah satunya dapat kamu dengarkan pada video youtube dibawah ini

#6. Cape Town, Afrika Selatan

Jazz club berada di bawah gereja? Kamu bisa menemukannya di Cape Town. Jazz club bernama Crypt merupakan tempat berkumpul para jazz antusias yang seringkali juga disebut sebagai “people’s church“. Akhirnya tempat ini juga menjadi tempat berkumpulnya para komunitas jazz.

Mau tau tentang  The Crypt?  Yuk buka aja video youtube tentang apa itu Jazz Club  The Crypt dibawah ini

Related Articles