Buat Serealmu Jadi Sarapan Lebih Bergizi Dengan Trik Ini

Apr 06, 2018 by Karina Mustika

Semangkuk sereal dengan susu sepertinya merupakan salah satu sarapan terfavorit. Karena sangat praktis terutama buat pagi harimu yang sering terburu-buru untuk memulai aktivitas harian. Tapi kamu merasa gak sih kalau serealmu itu hanya bertahan beberapa jam saja dan bikin kamu lapar sebelum jam makan siang? Jika iya, kamu butuh melakukan beberapa trik berikut ini girls. Kuncinya adalah semangkuk sereal yang lebih padat nutrisi sehingga kamu gak mudah lapar. Dan makan sarapan lebih bergizi juga penting untuk menyiapkan tubuhmu dengan banyak aktifitas di hari itu.

Trik untuk membuat serealmu menjadi sarapan lebih bergizi

sarapan lebih bergizi
Image: shutterstock.com

1. Perbanyak kandungan serat

Mengapa serat sangat penting bagi sarapanmu? Serat dapat memperlambat proses pencernaan makanan dengan memberikan ruang pada saluran pencernaan tersebut. Usahakan serat yang terkandung dalam serealmu sebanyak empat gram tiap harinya. Selain akan membuat kenyang lebih lama, hal ini juga akan membantu pemenuhan total serat harian yang disarankan yaitu sekitar 25-35 gram. Sumber serat yang baik contohnya adalah apel, strawberry, dan blueberry.

Tetapi kamu juga harus ingat bahwa buah-buahan mengandung fruktosa yang akan menyebabkan kelebihan karbohidrat jika kamu mengonsumsi terlalu banyak. Pilihlah buah yang tinggi serat dan rendah kalori, contohnya berry yang lebih baik dari pada pisang.

sarapan lebih bergizi dengan berry img
Image: shutterstock.com

2. Ganti susu sapi dengan non dairy milk

Sereal dan susu memang merupakan pasangan yang tidak terpisahkan. Namun seringkali susu sapi disebut sebagai penyebab perut kembung terutama jika dikonsumsi saat perut kosong. Dari pada kamu seharian merasakan tidak enak dengan kondisi perutmu, lebih baik ganti susu sapi dengan non dairy milk seperti susu kedelai atau almond. Non dairy milk juga mengandung lemak lebih sedikit dan protein yang sama baiknya dengan susu sapi yang menajdikan sarapan lebih bergizi.

sarapan lebih bergizi
Image: shutterstock.com

3. Kurangi gula!

Mengonsumsi gula dalam jumlah cukup banyak akan menyebabkan lonjakan insulin yang merusak hormon yang mengontrol rasa lapar sepanjang hari. Itulah sebabnya kamu akan cepat merasa lapar setelah makan makanan manis. Banyak gula saat sarapan juga akan membuat kamu gampang marah atau bad mood. So, lebih baik kamu mengurangi asupan gula sesedikit mungkin agar harimu lebih baik. Pastikan sereal yang kamu makan juga tidak mengandung banyak gula ya!

sarapan lebih bergizi sereal img
Image: shutterstock.com

4. Pilihlah biji-bijian utuh

Baca dahulu kemasan sereal sebelum kamu membelinya. Dan pastikan disitu tertulis bahan utamanya adalah biji utuh. Karena dalam biji-bijian utuh kamu akan mendapatkan vitamin B, zat besi, serta serat yang baik untuk tubuh. Dan semua nutrisi tersebut telah ada tanpa proses penambahan. Tidak seperti pada sereal olahan yang harus melalui banyak proses agar mendapatkan nutrisi.

sarapan lebih bergizi biji-bijian img
Image: shutterstock.com

5. Lemak baik yang berasal dari kacang-kacangan

Lemak dapat membantu memperlambat proses pencernaan sama seperti serat. Jadi menambahkan makanan yang mengandung lemak pada serealmu dapat membuat kamu kenyang lebih lama. Fungsi lainnya dalah untuk membantu meningkatkan penyerapan nutrisi seperti vitamin A dan D yang larut dalam lemak lainnya. Pilihan yang tepat adalah kacang-kacangan, biji-bijian, ataupun

 

Baca juga:

Dikira Makanan Yang Sehat, Kenyataannya Justru Sebaliknya

Charcoal, Si Hitam yang Ternyata Penuh Manfaat

Related Articles